3 Anggota TNI di Kudus Terpilih Jadi Kades, Dandim Minta Mereka Mundur

Setelah ditetapkan sebagai kades

Kudus, IDN Times - Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 115 desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah Selasa (19/11) berlangsung lancar. Uniknya, ada tiga cakades yang berasal dari latar belakang tentara yang berhasil terpilih menjadi kepala desa.

1. Ketiganya masih aktif sebagai anggota TNI

3 Anggota TNI di Kudus Terpilih Jadi Kades, Dandim Minta Mereka MundurIDN Times/Aji

Tiga anggota TNI itu adalah, Serma Supeno Koramil 07/Dawe unggul di Desa Terban Kecamatan Jekulo, Sertu Suharto Wibowo Koramil 05/Mejobo unggul di Desa Temulus Kecamatan Mejobo, dan Serda Susanto Koramil 06/Bae unggul di Desa Gondangmanis Kecamatan Bae.

Dandim 0722/Kudus Letkol Arm Irwansyah mengatakan, ada tiga personel TNI dari Kodim 0722/Kudus yang mencalonkan diri sebagai kepala desa. Ketiganya sementara memimpin perolehan suara berdasarkan hasil rekapitulasi Selasa (19/11) kemarin.

"Sekarang kondisi cuti mengikuti pelaksanaan pilkades di Kudus," kata dia saat ditemui di Makodim 0722/Kudus, Rabu (20/11).

Menurutnya, ketiganya sudah memenuhi sesuai dengan ketentuan untuk mencalonkan sebagai calon kepala desa. Mereka telah mengajukan diri cuti sebagai anggota TNI.

"Karena memang bahwa TNI netral. Sehingga dalam ini mulai dari proses selama kampanye hingga penetapan. Mereka bukan TNI aktif karena sudah cuti sebelumnya," terangnya.

2. Harus mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai Kades

3 Anggota TNI di Kudus Terpilih Jadi Kades, Dandim Minta Mereka MundurIDN Times/Aji

Ketiganya menurut Dandim harus mengundurkan diri dari TNI setelah ditetapkan secara resmi. 

"Ya nanti pemberhentian dengan hormat," kata dia.

Oleh karena itu, Dandim meminta kepada ketiga personel tersebut untuk memberikan contoh kepada cakades terpilih lainnya. Seperti tetap menjaga kondusifitas wilayah tetap terjaga.

Tidak hanya itu saja, ia juga berpesan untuk merangkul semua warganya. Jangan justru terpecah-pecah karena pemilu kemarin. Semua warga adalah masyarakat di desa tersebut.

3. Kerja nyata menyejahterakan masyarakat

3 Anggota TNI di Kudus Terpilih Jadi Kades, Dandim Minta Mereka MundurIDN Times/Aji

"Setelah terpilih yang diberikan amanah oleh masyarakat dijawab dengan kerja nyata. Sesuai dengan visi misi yang disampaikan sebelumnya. Intinya kan mensejahterakan masyarakat," ungkapnya.

Terkait penggunaan alokasi dana, ia juta berpesan agar ketiga TNI yang terpilih untuk menjadi pioner bagi kepala desa yang lain. Melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Menjadi contoh bagi desa yang lain. Harapanya pemerintah desa bisa berjalan dengan baik," tandasnya.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya