Waspada! Inilah Kecamatan di Rembang yang Rawan Bencana Menurut BPBD

BPBD petakan kerawanan bencana di Rembang

Rembang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang memetakan wilayah di Rembang yang rawan akan bencana alam. Terlebih, saat ini sudah memasuki musim penghujan dengan intensitas curah hujan tinggi.

1. Rawan terjadi banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung

Waspada! Inilah Kecamatan di Rembang yang Rawan Bencana Menurut BPBDIDN Times/khaerul anwar

Plt Kepala BPBD Kabupaten Rembang Akhir Budi Asmara melalui Pramujo Kasie Kedaruratan mengungkapkan, BPBD sudah melakukan pemetaan terhadap wilayah di Rembang yang rawan bencana alam. Di Rembang memiliki kerawanan bencana seperti, banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

“Di Rembang yang rawan terjadi bencana adalah seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung,” kata dia saat dihubungi pada Sabtu (4/1).

2. Tujuh kecamatan di Rembang rawan banjir

Waspada! Inilah Kecamatan di Rembang yang Rawan Bencana Menurut BPBDBanjir di Perumahan Pondok Gede Permai (IDN Times/Fitang Budhi Aditia)

Lebih rinci, kata dia beberapa wilayah telah dipetakan rawan bencana alam. Pertama untuk wilayah rawan bencana banjir di Rembang meliputi tujuh kecamatan. Di Kecamatan Sarang di antaranya, Desa Kalpang, Sumbermulyo, Bonggang, dan Gunungmulyo. Lalu di  Kecamatan Lasem, Desa Sendangsari, Dasun, Gendongmulyo, dan Dorokandang.

“Lalu untuk di Kecamatan Kragan, Sumurpule, Narukan, Sendang Waru, Sumbergayam, Sumurtawang, Woro, dan Sudan. Kecamatan Pamotan meliputi Desa pamotan, Desa Ringin, dan Desa Sidorekso. Kecamatan Sulang meliputi desa Sulang,” terang dia.

Masih wilayah rawan banjir, di Kecamatan Kaliori meliputi Desa Kwangsan, Maguan, Pengkol, Babadan, Karangsekar, dan Tunggulsari.  Serta diKecamatan Sumber, meliputi Desa Krikilan, Jatihadi dan Sekaraum.

3. Enam kecamatan di Rembang rawan tanah longsor

Waspada! Inilah Kecamatan di Rembang yang Rawan Bencana Menurut BPBDBPDB Balikpapan memberi bantuan terpal di lokasi longsor di RT 02, Kelurahan Mekar Sari, Balikpapan Tengah. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sementara untuk wilayah bencana tanah longsor ada enam kecamatan. Seperti di Kecamatan Lasem meliputi Desa Sendanggoyo, Gowak, Kajar, Ngargomulyo. Kecamatan Pancur meliputi desa Banyuurip, Trenggulungan, Johogunung, Wuwur, Kaltengh, dan Criwik. Lalu di Kecamatan Sale meliputi Desa Tengger, Desa Rendeng, dan Desa Bitingan.

“Selanjutnya di Kecamatan Kragan diantaranya Desa Woro, Desa Terjan, Desa Watu Pecah. Kecamatan Sluke meliputi Desa Sanetan, Rakitan, Bendo, Labuhan Kidul, Langgar, dan Manggar. Serta di Kecamatan Sedan meliputi Desa Dadapan dan Desa Candimulyo,” jelasnya.

4. Tak hanya banjir dan tanah longsor, di Rembang juga rawan angin puting beliung

Waspada! Inilah Kecamatan di Rembang yang Rawan Bencana Menurut BPBDAkibat angin puting beliung pagar dan atap SMPN 9 PPU rusak berat karena tertimpa pohon tumbang (IDN Times/dok BPBDPPU)

Sedangkan untuk wilayah yang rawan bencana angin puting beliung di Rembang ada tujuh kecamatan. Di Kecamatan Kaliri meliputi Desa Wroto. Selanjutnya di Kecamatan Sumber meliputi Desa Logede, Polbayem, Krikilan, Ronggomulyo. Di Kecamatan Sulang meliputi Desa Sukang, Kapasan. Di Kecamatan Sale meliputi Desa Rendeng.

“Kecamatan pamotan meliputi Desa Mlawat dan Desa Kepohagung. Kecamtan Lasem meliputi Desa Sendangsari dan Bonang. Serta Kecamatan Bulu meliputi Desa Mantingan,” katanya.

Ditambahkan dia, BPBD Kabupaten Rembang sebelumnya sudah giat untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Masyarakat yang berada di wilayah rawan banjir diajak untuk membersihkan sungai tidak membuang sampah di sungai.

“Sementara yang berada di wilayah rawan tanah longsor untuk menutup tanah yang retak deangn sak. Sehingga tidak terisi air saat hujan. Sehingga akhirnya akan menyebabkan terjadnya anah longsor,” imbaunya.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya