Aksi Akrobatik Polwan Kebumen Pukau Peserta Safety Riding

Kampanye budayakan tertib berlalu lintas

Kebumen, IDN Times - Sebanyak 15 polisi wanita (polwan) Polres Kebumen menunjukkan kepiawaiannya beraksi di atas sepeda motor gede di jalan seputar Alun-alun Kebumen. Di atas sepeda motor besar seberat 200-400 kilogram, aksi para polwan memukau ratusan pasang mata peserta safety riding yang memadati alun-alun.

Baca Juga: 80 Orang Meninggal karena Laka Lantas Setiap Harinya di Indonesia

1. Atraksi zig-zag menggunakan sepeda motor pukau pengunjung

Aksi Akrobatik Polwan Kebumen Pukau Peserta Safety RidingIDN Times/Arifin Al Alamudi

Para polwan yang dikenal sebagai Srikandinya Polres Kebumen ini melaju dengan pola zig-zag menggunakan sepeda motor masing-masing. Mereka melaju zig-zag sesuai dengan traffic cone yang dipasang berjajar di tengah jalan.

Terkadang, mereka membentuk formasi tertentu yang mengundang decak kagum pengunjung. Namun, aksi utama berupa akrobat di atas sepeda motor yang membuat warga menahan napas, lalu bersorak dan bertepuk tangan.

"Polwannya cantik-cantik juga pintar beratraksi pakai motor gede," ujar Feri salah satu masyarakat yang menonton, Minggu (15/12).

 

2. Polwan lebih mudah diterima saat menegur pengendara yang melanggar lalu lintas

Aksi Akrobatik Polwan Kebumen Pukau Peserta Safety RidingFoo hanya ilustrasi. (IDN Times/Candra Irawan)

Berbekal kamera ponsel, penonton merekam setiap aksi para polwan. Sesekali mereka bersorak kagum ketika polwan-polwan itu berhasil menjalankan aksinya berakrobat.

Polwan sengaja dipilih karena kaum hawa dinilai lebih mudah diterima saat menegur pengendara kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas. Pengendara laki-laki yang tak disiplin dinilai akan lebih malu saat ditegur polwan, sehingga misi keselamatan berlalu lintas bisa tercapai.

3. Tekan angka kecelakaan lalu lintas

Aksi Akrobatik Polwan Kebumen Pukau Peserta Safety RidingIlustrasi kecelakaan yang melibatkan pelajar. IDN Times/Humas Basarnas Bandung

Kasat Lantas AKP M Rikha Zulkarnain mengatakan, aksi para polwan itu untuk mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas, khususnya di Kabupaten Kebumen. Ia berharap, kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas bisa lebih baik sehingga angka kecelakaan bisa ditekan.

 

"Kampanye ini dilatarbelakangi tingginya pesepeda motor yang ada di Kebumen, jadi Safty Riding ini sebagai pelopor untuk mengajak masyarakat Kebumen untuk lebih tertib berlalu lintas," ujar Kasat Lantas.

Baca Juga: 10 Meme Polwan Berbagi Earphone dengan Pengendara Ini Kocak Abis Parah

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya