Purbalingga Berlakukan Car Free Day, Ini Ruas Jalan yang Ditutup

Tersedia zona UMKM dan pelayanan publik

 

Purbalingga, IDN Times - Pemkab Purbalingga akan memberlakukan Car Free Day (CFD). CFD akan diberlakukan sebulan sekali mulai Minggu (26/1).

Baca Juga: Manfaat yang Didapat dari Car Free Day, Mengurangi 78 Persen Polusi!

1. Jalan MT Haryono dan Jalan Jenderal Soedirman ditutup

Purbalingga Berlakukan Car Free Day, Ini Ruas Jalan yang DitutupIstimewa

Ruas jalan yang akan ditutup untuk kendaraan bermotor yaitu Jalan MT Haryono, Jalan Jenderal Soedirman, jalan seputar Alun-alun Purbalingga, Jl Pierre Tendean, dan Jl Wiramenggala yang menuju GOR Goentoer Darjono.

Dari arah barat, penutupan dimulai dari perempatan Sentul Garden Jl MT Haryono dan Jl Jenderal Soedirman Barat hingga Alun-alun Purbalingga. Dari selatan Jl Pierre Tendean. Sebelah timur dari Alun-alun Purbalingga hingga pertigaan PLN.

2. Pemkab sediakan area parkir bagi pengunjung CFD

Purbalingga Berlakukan Car Free Day, Ini Ruas Jalan yang DitutupRudal Afgani

Sementara area parkir ada di Jl A Yani dari perempatan Taman Usman Janatin hingga pertigaan Jl MT Haryono, Jl Jambukarang, Jl Onje, dan Jl Dipokusumo.

"Dinhub berkoordiasi dengan Satlantas Polres Purbalingga terkait sosialisasi komunitas terdampak, pengaturan dan rekayasa lalu lintas serta kantong parkir," kata Asisten II Setda Purbalingga, Agus Winarno.

3. Ada zona UMKM dan pelayanan publik

Purbalingga Berlakukan Car Free Day, Ini Ruas Jalan yang DitutupRudal Afgani

Agus mengatakan telah menyiapkan enam zona untuk memeriahkan CFD. Zona itu antara lain Zona Utama, Zona Madang, Zona Dodol, Zona Komunitas Asyik, Zona Pelayanan Publik dan Zona Dolanan Jadul.

“Jalan Jenderal Sudirman Timur Alun-Alun hanya ditutup sampai PLN. Sedangkan perempatan sampai pertigaan PLN tidak ditutup karena di sana ada gereja dan rumah dinas Dandim,” ujar dia.

Pemkab juga menyediakan panggung hiburan, stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan perpustakaan keliling di Gang Mayong dan GOR Mahesa Jenar.

Sementara pelayanan administrasi kependudukan ada di kawasan Pemadam Kebakaran dan pertigaan PLN. “CFD dimulai pukul 05.00 hingga pukul 09.00,” kata dia.

Baca Juga: [Foto] 9 Hal Seru Yang Bisa Kalian Lakukan di CFD Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya