Jelang Pilkada 2024, Enam Partai Bentuk Koalisi Banyumas Maju 

Adhi Wiharto sebut akan merubah kekuatan politik

Banyumas, IDN Times - Kerjasama politik yang terjalin oleh enam Parpol di Banyumas yang dinamai Koalisi Banyumas Maju (KBM) dinilai politisi Partai Gerindra sekaligus pendiri LSM Pijar, Adhi Wiharto, bakal merubah peta kekuatan politik di Banyumas.

Dijelaskan bahwa adanya kerjasama yang terjalin antar partai di dalam KBM akan mampu dengan cepat merubah pandangan masyarakat yang selama ini terkesan bahwa dalam Pilkada Banyumas 2024 hanya muncul dari satu Parpol saja.

"Kehadiran KBM menjadi angin segar bagi iklim demokrasi di Banyumas. Tidak hanya nantinya akan merubah peta kekuatan politik, tapi juga mampu memberi pesan kepada masyarakat bahwa calon pemimpin Banyumas tidak hadir hanya dari satu Parpol saja dan satu atau dua orang saja, seperti yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan,"katanya kepada IDN Times, Kamis (11/7/2024).

Baca Juga: Pria di Banyumas Rudapaksa Mantan Adik Ipar, Korban Menuntut Keadilan

1. Ketua di KBM punya kapasitas kepemimpinan

Jelang Pilkada 2024, Enam Partai Bentuk Koalisi Banyumas Maju Para petinggi partai di Banyumas yang membentuk koalisi Banyumas maju (KBM) , Rabu (9/7/2024).(IDN Times/Dok. KBM)

Adhi mengatakan, dari keenam Parpol yang tergabung dalam KBM, masing-masing ketua memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk bisa menjadi pemimpin Banyumas.

Kader dari Parpol KBM juga selama ini banyak yang layak maju sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati Banyumas. Dia menyebutkan nama seperti Ir Budiyono, Rachmat Imanda, Lintarti, Arif Dwi Kusuma & lainnya.

"Ada juga nama lain di luar Parpol yang layak juga untuk dipertimbangkan seperti Maruf Cahyono, Yudho F Sudiro ( Iteng ), Firman Fitri Hidayat dan tokoh lainnya," kata Adhi yang juga Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Banyumas ini.

2. KBM belum mengumumkan cabup dan cawabup banyumas

Jelang Pilkada 2024, Enam Partai Bentuk Koalisi Banyumas Maju .(IDN Times/ Dok. Cokie Sutrisno)

Saat ini yang ramai beredar akan maju sebagai Cabup baru Sadewo saja sehingga berkesan calon lain tidak ada yang kuat, padahal calon lain banyak juga yang potensial hanya mungkin sedikit terlambat panas namun menurut Adhi dalam beberapa hari ke depan akan ada calon yang bisa mengimbangi dengan adanya poros baru seperti nama Rahmat Imanda dan Ma'ruf Cahyono, yang juga sudah gencar berkampanye.

Untuk diketahui, Enam Partai Politik (Parpol) di Banyumas mendeklarasikan Koalisi Banyumas Maju (KBM) untuk menyongsong Pilkada Banyumas 2024. Ke-6 Parpol tersebut antara lain Partai Gerindra, PKB, Golkar, Demokrat, NasDem dan PSI. Deklarasi KBM dilaksankan di Pendopo Sanggar Seni Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, Rabu (10/07/2024) siang.

Meski telah membentuk kerjasama politik namun KBM masih belum mengumumkan siapa calon yang bakal mereka usung dalam Pilkada yang akan berlangsung 27 November 2024 nanti.

3. Tujuan kbm menangkan calon cabup cawabup

Jelang Pilkada 2024, Enam Partai Bentuk Koalisi Banyumas Maju Koalisi banyumas maju memiliki tujuan mementingkan cabup dan cawabup dalam pilkada serentak 2024.(IDN Times/ Foto: Ilustrasi Si Babas/Dok. Kpu Banyumas)

Tujuan utama koalisi ini adalah bekerjasama untuk mengusung dan memenangkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Banyumas 2024.

Adhi mengungkapkan, meski ada beberapa kelompok yang mendorong dirinya agar juga bisa ikut dalam kontestasi Pilkada 2024 namun hal itu sudah ia putuskan untuk tidak terlebih dulu ikut serta.

"Selain ingin fokus dalam bisnis, saya pikir masih banyak yang lebih siap serta layak untuk bertarung di Pilkada Banyumas besok," kata Adhi yang dalam deklarasi KBM kemarin tidak hadir karena saat bersamaan sedang berada di Jakarta.

4. Gerindra banyumas usulkan Rahmat Imanda

Jelang Pilkada 2024, Enam Partai Bentuk Koalisi Banyumas Maju Gerindra Banyumas mengusulkan Rahmat Imanda untuk mendapatkan rekom dari pusat. (IDN Times/Foto : Dok.Adhi Wiharto)

Isu rekomendasi dari DPP Partai Gerindra, Adhi menegaskan dirinya belum bisa memberikan nama pasti siapa yang bakal mendapatkan mandat.

DPC Partai Gerindra telah mengusulkan satu nama yang paling siap untuk siap bertarung dalam Pilkada Banyumas 2024 yakni Rachmat Imanda.

"Meski saya sendiri belum berani mengatakan bahwa rekomendasi akan jatuh kepada Mas Manda, namun saya pastikan kami akan tegak tegak lurus mendukung dan berjuang untuk memenangkan siapa saja calon yang akan direkomendasikan partai,"katanya.

Baca Juga: HUT Bhayangkara ke 78, Polresta Banyumas Hadirkan Trabaser

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya