Pengamat Politik Unsoed: Pasangan Gus Nung dan Anisah Paling Unggul

Direktur pijar sebut fenomena menarik di pilkada Jepara 2024

Banyumas, IDN Times - Kontestasi Pilkada serentak 2024 masih menyisakan waktu yang cukup lama. Namun peta politik mulai menghangat seiring munculnya hasil survei sejumlah lembaga, terutama yang sedang hangat di Kabupaten Jepara.

Direktur Eksekutif Pijar ( Pusat Informasi Jaringan Rakyat) Dr Indaru Setyo Nurprojo S.IP M.A memandang adanya fenomena menarik dari nama-nama kandidat bakal calon Bupati disejumlah daerah.

Menurut Dr Indaru yang juga Ketua Jurusan Ilmu Politik FISIP Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menyebut ada fenomena menarik dari nama-nama kandidat bakal calon Bupati Jepara 2024, termasuk Gus Nung dan Hj Hindun Anisah yang merupakan pasangan suami-istri.

Baca Juga: Relawan Tataning Bumi Jepara Dukung Ahmad Luthfi dan Gus Nung

1. Hasil survey madhana consulting

Pengamat Politik Unsoed: Pasangan Gus Nung dan Anisah Paling UnggulPasangan calon bupati jepara dalam pilkada 2024 Gus Nung dan Anisah.(IDN Times/Foto : @nahdliyyinbersatu)

Beberapa nama kandidat bakal calon bupati Jepara bahkan sudah dinyatakan unggul secara popularitas dengan nilai di atas 20 %. Hasil survei Ananta Research, misalnya, memunculkan Witiarso Utomo 60.7% , Dian Kritiandi 59.3%, Hj. Hindun Anisah 34.9% & Gus Nuruddin Amin ( Gus Nung) 27.3%, .

Adapun hasil survey dari Madhana Consulting menempatkan nama Gus Nuruddin Amin alias Gus Nung sebagai pemuncak klasemen dengan tingkat elektabilitas 35.68 % di ikuti Witiarso 23.26 ℅ kemudian Hj. Hindun Anisah dengan 5.6 % dan calon nama-nama lain dengan angka di bawah 2%.

"Melihat hasil survey dari kedua lembaga tersebut, kemungkinan hanya akan muncul dua nama bakal calon yang nantinya bakal bertarung dalam Pillkada Jepara 2024,"kata Dr Indaru.

2. Gabungan dua basis kekuatan

Pengamat Politik Unsoed: Pasangan Gus Nung dan Anisah Paling UnggulHj Hindun Anisah yang juga istri gus nung akan mendampingi sebagai calon wakil bupati jepara 2024.(IDN Times/Foto : Dok. Anisah)

Jika salah satu dari pasangan suami istri ini maju sebagai calon bupati, maka akan terjadi gabungan dua basis kekuatan yang akan mampu mengungguli nama-nama lain dalam pertarungan Pilkada Jepara 2024.

"Dengan melihat hasil survei kedua lembaga, ada dua nama yang bersaing ketat baik secara popularitas maupun elektabilitas, yakni Gus Nung dan Witiarso Utomo,"tambah Indaru.

Ditambahkan, bersatunya kekuatan Gus Nung dan Anisah tersebut dan ditambah kekuatan pasangan calon dari partai lain, maka akan semakin susah dibendung.

3. Ajang kompetisi politik jepara

Pengamat Politik Unsoed: Pasangan Gus Nung dan Anisah Paling UnggulPilkada serentak termasuk di jepara 2024 menjadi ajang kompetisi politik.(IDN Times/ Foto : Ilustrasi/KPU)ng kompetisi politik

Seperti diketahui, pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jepara 2024 dijadwalkan akan berlangsung pada 27 November 2024.

Saat ini, beberapa calon potensial telah muncul, selain Gus Nung dan Hindun Anisah, juga ada nama Witiarso Utomo, dan juga nama seperti Dian Kristiandi.

Pilkada serentak termasuk di Jepara 2024 diharapkan menjadi ajang kompetisi politik yang sengit dengan berbagai calon yang memiliki latar belakang dan dukungan politik yang kuat.

Baca Juga: Komunitas 2 Tak Jepara Tegaskan Tidak Akan Ugal-ugalan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya