TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ciri Anjing yang Akan Melahirkan, Harus Lebih Peka!

Anjing yang akan melahirkan harus diberi pertolongan pertama

ilustrasi anjing labrador (unsplash.com/Jakub Dziubak)

Intinya Sih...

  • Anjing yang akan melahirkan mengalami perubahan suhu tubuh, menurun sekitar 36,7 derajat Celsius selama 12-24 jam sebelum melahirkan.
  • Perubahan perilaku anjing yang akan melahirkan terlihat dari cemas gelisah, mencari tempat aman, dan sering menggaruk lantai untuk membuat lubang.
  • Keluarnya lendir atau pencairan dari vulva menandakan bahwa serviks pada anjing sudah melebar dan waktu persalinan semakin dekat.

Pemeliharaan rumah memang harus selalu peka terhadap segala tingkah laku atau pun perubahan sikap yang mungkin ditunjukkan nya sehari-hari. Salah satunya adalah pada saat anjing akan segera melahirkan, sehingga penting sekali untuk bisa mengenali tanda-tanda yang ada agar bisa memberikan pertolongan yang sekiranya memang dibutuhkan.

Anjing yang akan segera melahirkan biasanya akan menunjukkan perubahan perilaku dan juga tampilan fisik, sehingga cukup bisa diamati dengan jelas dan hal ini membuatmu jadi harus segera bersiap untuk membantunya. Oleh sebab itu, kamu harus memahami beberapa ciri berikut ini yang ternyata dapat menjadi tanda bahwa anjing akan segera melahirkan.

1. Perubahan suhu tubuh

Anjing akan segera melahirkan ternyata cenderung mengalami perubahan suhu tubuh, sehingga hal ini harus benar-benar dipahami sejak awal. Biasanya suhu tubuh normal dari anjing berkisar antara 37,5 derajat Celsius hingga 39 derajat Celsius, namun suhunya justru akan menurun sekitar 36,7 derajat Celsius selama 12 hingga 24 jam sebelum melahirkan.

Kamu bisa secara rutin mengukur suhu tubuh anjing pada saat mendekati waktu persalinannya. Hal ini bertujuan agar kamu bisa memprediksi kapan persalinan tersebut akan dimulai, sehingga nantinya tidak sampai kecolongan dan bisa segera memberikan pertolongan yang dibutuhkan oleh anjing.

2. Perubahan perilaku pada anjing

Anjing yang akan segera melahirkan sebetulnya memiliki perubahan perilaku yang mudah sekali dibedakan, sehingga hal ini bisa kamu amati dengan jelas. Perubahan perilaku tersebut mungkin akan tampak berbeda jika dibandingkan dengan karakter anjing sehari-hari, sehingga harus segera memberikan pertolongan dan juga menjamin kenyamanannya.

Anjing yang mungkin akan segera melahirkan biasanya akan lebih cemas gelisah dan cenderung mencari tempat yang aman. Selain itu, anjing juga akan sering sekali menggaruk garuk lantai dan seolah sedang mencoba membuat lubang, sehingga ini menjadi tanda alami bahwa memang mereka sedang sedang mempersiapkan diri untuk proses persalinan.

Baca Juga: 5 Fakta Kucing Sphynx yang Unik dan Menarik, Tidak Memiliki Bulu!

3. Cenderung menurun nafsu makannya

Kamu tentunya harus memperhatikan soal nutrisi yang dibutuhkan oleh anjing, apalagi selama proses kehamilan yang dialaminya. Namun, sering kali anjing yang akan segera melahirkan justru rentan mengalami perubahan nafsu makan, sehingga hal ini harus bisa benar-benar diamati dengan baik agar bisa memenuhi kebutuhan yang diperlukannya.

Anjing yang akan melahirkan justru akan cenderung kehilangan nafsu makan atau bahkan berhenti makan sama sekali selama beberapa jam sebelum proses persalinan dilakukan. Hal ini diakibatkan karena perubahan hormon dan juga ketidaknyamanan fisik yang dialami anjing menjelang persalinan, namun tetap saja jangan sampai membiarkan anjing dalam kondisi yang dehidrasi.

4. Tampak ada cairan atau lendir dari bagian vulva

Sekitar 24 jam sebelum melahirkan ternyata anjing akan mulai memproduksi lendir atau pencairan yang berasal dari bagian vulvanya. Hal ini sebetulnya menjadi tanda yang bisa dengan mudah kamu bedakan karena secara otomatis menunjukkan bahwa hewan tersebut sudah mulai siap untuk melakukan proses persalinan.

Keluarnya lendir atau pencairan dari vulva menandakan bahwa memang serviks pada anjing sudah mulai melebar dan waktu persalinan pun semakin dekat. Warna cairan tersebut biasanya cenderung bening atau memiliki sedikit berwarna, sehingga ini menjadi proses alami yang mungkin akan terjadi sebelum kelahiran bayi-bayi anjing.

Verified Writer

Alva Daria

Once you win, once you learn.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya