TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menjaga Anak Kucing dengan Baik, Harus Tetap Hangat!

Menjaga anak kucing harus dilakukan dengan ekstra

ilustrasi kucing (unsplash.com/Andriyko Podilnyk)

Intinya Sih...

  • Merawat anak kucing memerlukan perhatian khusus dan pemahaman yang baik
  • Pemberian makanan harus sesuai kebutuhan, termasuk susu formula khusus untuk anak kucing yang masih kecil
  • Kebersihan, kesehatan, stimulasi mental, fisik, dan sosialisasi penting untuk pertumbuhan anak kucing yang sehat dan bahagia

Merawat anak kucing ternyata tidaklah semudah seperti yang dibayangkan karena membutuhkan perhatian khusus dan pemahaman yang baik, sehingga bisa memenuhi segala kebutuhannya secara maksimal. Hal ini karena anak kucing yang baru lahir atau pun baru diadopsi biasanya memerlukan proses perawatan yang lebih intensif, sehingga bisa memastikan pertumbuhan dan perkembangannya dapat berjalan dengan sehat.

Setidaknya kamu harus mengarahkan fokus dengan baik dalam merawat dan membesarkan anak kucing tersebut, bahkan untuk hal-hal kecil yang menjadi kebutuhannya. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa tips berikut ini yang dapat kamu lakukan untuk merawat dan menjaga anak kucing agar nantinya bisa tumbuh dengan sehat dan bahagia.

1. Berikan makanan yang sesuai kebutuhannya

Jika kamu akan merawat anak kucing tentu saja harus benar-benar paham dalam memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Proses pemberian makanan untuk anak kucing tidak boleh sembarangan karena memang harus dipersiapkan dengan khusus agar mengandung nutrisi yang kaya akan protein, lemak, dan juga vitamin untuk menunjang perkembangan fisiknya.

Jika memang anak kucing masih benar benar masih kecil, maka kamu bisa memberikannya susu formula khusus yang memang dirancang untuk kucing. Jangan sampai asal-asalan dalam memberikan susu pada anak kucing karena hal ini bisa menyebabkan masalah pada pencernaan, sekaligus mengganggu kondisi kesehatannya.

2. Siapkan tempat yang hangat dan nyaman

Anak kucing seringkali rentan mengalami kondisi kedinginan, apalagi jika bulu-bulu yang ada pada tubuhnya belum tumbuh dengan maksimal. Tidak mengherankan apabila anak kucing biasanya sangat membutuhkan lingkungan yang hangat dan nyaman, sehingga mereka pun bisa beristirahat tanpa merasa kedinginan.

Anak kucing belum mampu untuk belajar mengatur suhu tubuh dengan baik, sehingga kamu sebagai pemiliknya harus dapat menyediakan tempat tidur yang lembut dan hangat. Pastikan bahwa area tempat yang ditempati oleh anak kucing bebas dari angin dingin, sehingga dapat membuatnya beristirahat dengan nyaman tanpa merasa kedinginan.

Baca Juga: 5 Alasan Kucing Sering Menyisakan Makanannya, Belum Tentu Picky Eater

3. Menjaga kebersihan dan kesehatannya

Menjaga kebersihan dan kesehatan sudah semestinya menjadi prioritas penting apabila kamu akan memelihara anak kucing. Hal ini karena proses merawat anak kucing tidak boleh sembarangan, apalagi biasanya mereka sangat sensitif terhadap segala sesuatu dan rentan mengalami masalah kesehatan.

Setidaknya kamu harus bisa memeriksa kondisi anak kucing secara rutin untuk memastikan bahwa kondisinya bebas dari cacing, kutu, atau pun resiko penyakit lainnya. Selain itu, pastikan untuk membawa anak kucing ke dokter hewan agar bisa memeroleh vaksinasi secara lengkap dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

4. Sesekali mengajaknya bermain

Anak kucing juga membutuhkan stimulasi mental dan fisik yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik. Tidak mengherankan apabila kamu harus bisa memberikan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak kucing, sehingga nantinya bisa menunjang perkembangan mereka agar bisa lebih sehat tanpa mengalami masalah kesehatan.

Kamu mungkin dapat menyediakan makanan yang aman dan berinteraksi dengan kucing secara teratur, sehingga nantinya bisa membantu proses perkembangannya secara fisik. Selain itu, mengajak kucing sesekali untuk bermain dapat membantu memperkuat ikatan antara kamu sebagai pemiliknya dan juga anak kucing peliharaanmu.

Verified Writer

Alva Daria

Once you win, once you learn.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya