TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apakah Induk Kucing Masih Mengingat Anaknya Setelah Berpisah Lama?

Kucing adalah makhluk soliter, tak mengenal konsep keluarga

Induk dan anak kucing tertidur (pexels.com/Junjira Konsang)

Intinya Sih...

  • Kucing memiliki otak dan sistem limbik yang memungkinkan mereka untuk mengingat sesuatu, termasuk induk atau anaknya.
  • Kemampuan kucing untuk mengingat kejadian dalam kurun waktu 10 tahun ke belakang diakui nyata adanya.
  • Anak kucing mulai benar-benar mengenal induknya saat mereka berumur 3 minggu, namun secara naluriah mereka memutus hubungan saat disapih dan dewasa.

Kehidupan hewan mamalia yang satu ini memang selalu menarik untuk dikupas. Ini karena kucing telah hidup berdampingan dengan manusia dalam waktu yang sangat lama. Tingkah polah dan perilaku kucing kadang menimbulkan pertanyaan. Salah satu misteri yang terlintas adalah apakah anak kucing masih mengingat induknya setelah ia dewasa?

Sebagaimana para pecinta kucing tahu, anak kucing yang telah dewasa sering terlihat cuek terhadap induknya. Begitu pula sebaliknya. Induk kucing bahkan sering terlihat memusuhi anak yang dulu digendongnya kemana-mana ketika bayi itu. Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas, seorang dokter hewan bernama Luqman Javed menjelaskannya dalam laman situs PangoVet. Berikut uraiannya.

Cara memori otak kucing bekerja

Otak kucing mirip dengan otak mamalia lainnya. Otak kucing memiliki bagian-bagian khusus untuk mengingat sesuatu, seperti lobus temporal, amigdala, dan hipokampus. Bagian-bagian ini membantu kucing menyimpan dan mengingat kembali memori yang telah ada.

Kucing juga memiliki sistem limbik yang mengendalikan perasaan dan perilakunya. Dengan sistem otak yang sedemikian rupa, maka drh. Luqman menyimpulkan bahwa kucing memiliki kemampuan untuk saling mengingat. Meskipun begitu, mereka secara insting tidak lagi berperilaku sebagai keluarga terhadap satu sama lain. Inilah yang membedakan mamalia itu dengan manusia, yaitu rasa kasih sayang.

Baca Juga: Mengenal 5 Ras Kucing Unik Berbulu Keriting, Pernah Lihat?

Berapa lama induk kucing mengingat anaknya?

Lama induk kucing mengingat anaknya masih jadi perdebatan para ahli. Namun, kemampuan kucing untuk mengingat kejadian dalam kurun waktu 10 tahun ke belakang diakui nyata adanya.

Kucing membutuhkan memori ini untuk mengingat tempat berburu, bersembunyi, bersarang, dan berkembang biak. Oleh karena itu, kemampuan kucing untuk mengingat bahwa ia memiliki anak kemungkinan masih ada bahkan setelah mereka berpisah.

Induk kucing menjauhi anaknya berdasarkan naluri

Walaupun induk kucing mengingat anaknya, ia tetap akan menyapih atau menjauhi anaknya saat mereka berusia 12 minggu. Sejak saat itu, ia mulai memperlakukan anaknya bagaikan kucing lain berdasarkan naluri.

Insting ini diperlukan oleh induk kucing untuk bereproduksi. Ia perlu melepaskan perannya sebagai induk untuk dapat terus berkembang biak menghasilkan generasi yang baru. Maka, tidak heran jika seekor kucing betina mengawini anaknya atau saudara kandungnya. Ini semua terjadi secara naluriah, bukan berdasarkan preferensi karakter induk kucing tersebut.

Verified Writer

Devia Sagita

Engineer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya