TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Spesies Nyamuk Rumah, Vektor Beberapa Virus

Spesies nyamuk rumah vektor beberapa virus

ilustrasi Culex (inaturalist.org/tobiashays)

Intinya Sih...

  • Nyamuk rumah vektor beberapa virus berbahaya seperti filariasis, ensefalitis, dan chikungunya.
  • Culex pipiens, Culex quinquefasciatus, Culex tarsalis, Culex nigripalpus, dan Culex salinarius adalah spesies nyamuk rumah yang menjadi pembawa penyakit.
  • Genus Culex terus berkembang dalam pengetahuan ilmu pengetahuan terutama terkait mekanisme penularan penyakit dan pengendalian insektisida.

Mungkin beberapa dari kamu pernah digigit nyamuk dan merasa gatal luar biasa. Namun tahukah bahwa ada ribuan spesies nyamuk di dunia, dan beberapa di antaranya dapat menjadi pembawa penyakit berbahaya?

Mari fokus pada genus Culex, yang sering kamu sebut sebagai nyamuk rumah. Kamu akan mengenal lebih dekat 5 spesies Culex yang sering ditemui dan ancaman kesehatan yang ditimbulkannya

1. Culex pipiens

Spesies nyamuk Culex pipiens, sering disebut nyamuk rumah, adalah jenis nyamuk yang umum ditemukan di sekitar pemukiman manusia. Nyamuk betina dari spesies ini dikenal sebagai vektor penular berbagai penyakit seperti filariasis (kaki gajah), ensefalitis, dan virus chikungunya.

Spesies nyamuk rumah yang satu ini sering menggigit pada malam hari dan bertelur di air tenang seperti genangan air, bak mandi, atau tempat penampungan air lainnya. Ciri khas nyamuk ini adalah ukurannya yang sedang dan tubuhnya yang berwarna coklat gelap.

2. Culex quinquefasciatus

Mungkin beberapa dari kamu sangat mengenal spesies ini, nyamuk jenis ini sering disebut nyamuk rumah selatan. Spesies nyamuk yang satu ini cukup umum di daerah tropis dan subtropis.

Nyamuk ini memiliki ukuran sedang dengan warna tubuh cokelat kehitaman. Culex quinquefasciatus dikenal sebagai vektor dari berbagai penyakit, termasuk filariasis, malaria burung, dan beberapa jenis ensefalitis. Larva nyamuk ini sering ditemukan berkembang biak di air yang tenang dan kotor seperti genangan air, selokan, atau bak penampungan air.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minyak Telon Anti Nyamuk, Bikin Si Kecil Nyaman Seharian

3. Culex tarsalis

Spesies nyamuk rumah yang cukup umum ditemukan pada wilayah Amerika Utara, terutama di bagian barat. Nyamuk ini dikenal memiliki ciri khas berupa pita-pita putih pada kaki dan belalai.

Culex tarsalis merupakan vektor utama beberapa virus berbahaya seperti virus ensefalitis Saint Louis dan virus ensefalitis kuda Barat. Larva nyamuk ini sering ditemukan berkembang biak di berbagai jenis genangan air, termasuk genangan air di daerah pertanian dan perkotaan.

4. Culex nigripalpus

Culex nigripalpus adalah spesies nyamuk yang cukup mencolok karena warna tubuhnya yang gelap. Nyamuk ini memiliki sisik berwarna hitam dan kilauan metalik kebiruan pada perutnya, membuatnya berbeda dari spesies Culex lainnya.

Culex nigripalpus berperan penting dalam penularan penyakit di Florida, terutama virus ensefalitis Saint Louis. Nyamuk ini sering ditemukan di daerah lembap dan sering menggigit burung serta manusia.

Verified Writer

Fahmi Irwan Utomo

Penulis yang baik, karena ia menjadi pembaca yang baik (Herwono)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya