TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Beruang Cokelat Ussuri, Disembah oleh Suku Ainu! 

Beruang cokelat ussuri memiliki banyak nama!

Beruang cokelat ussuri (commons.m.wikimedia.or/Nathan Ruser)

Intinya Sih...

  • Beruang cokelat ussuri merupakan subspesies beruang cokelat Eurasia dengan nama ilmiah Ursus arctos lasiotus.
  • Penyebaran beruang cokelat ussuri meliputi Siberia, China, Korea, Jepang, dan Rusia, dengan habitat semakin terbatas karena praktik kehutanan dan pembangunan jalan.
  • Diet beruang cokelat ussuri terdiri dari tumbuhan, mangsa habitatnya, buah-buahan, serangga, dan makanan musim panas yang bervariasi sesuai lokasi.

Beruang cokelat ussuri atau ussuri brown bear merupakan subspesies dari beruang cokelat atau populasi dari beruang cokelat eurasia. Mereka berada dalam famili Ursidae dan memiliki nama ilmiah Ursus arctos lasiotus. Penampilan beruang ini sangat mirip dengan beruang cokelat kamchatka, tapi warnanya lebih gelap. Ukuran tengkorak jantan dewasa sepanjang 38,7 sentimeter dan 23,5 sentimeter lebarnya.

Berat jantan juga bisa dua kali lipat dari berat betina, biasanya kisaran 200--600 kilogram. Tidak ada informasi mengenai rentang hidupnya, tapi diperkirakan kisaran 20--30 tahun seperti beruang cokelat lainnya saat berada di alam liar. Mari kenalan dengan mereka melalui fakta dan penjelasan berikut ini.

1. Wilayah penyebaran beruang cokelat ussuri

Penyebaran beruang cokelat ussuri berada di Ussur Krai, Shakalin, Amur Oblast, Shantar Islands, Iturup Island, Kunashir Island di Siberia, bagian timur laut China, Semenanjung Korea dan Hokkaido di Jepang. Hingga abad ke-13, beruang ini menghuni Pulau Rebun dan Rishiri. Mereka juga berada di Honshu selama zaman es terakhir, tapi mungkin punah karena bersaing dengan beruang hitam asia atau kehilangan habitat karena perubahan iklim.

Animalia menginformasikan bahwa habitat beruang cokelat ussuri semakin terbatas karena praktik kehutanan dan pembangunan jalan. Tapi, semua beruang yang berada di Korea Utara kebanyakan ditemui di area puncak pegunungan. Di Rusia, mereka dianggap sebagai hewan buruan.

2. Menu makannya sangat beragam

Diet beruang cokelat ussuri kebanyakan dari tumbuhan, tapi juga bisa membunuh mangsa yang ada di habitatnya. Di Sikhote Alin, beruang ini kebanyakan bersarang di liang yang digali di lereng bukit. Di bagian tengah Sakhalin saat musim semi, mereka memakan bilberry merah dan kacang-kacangan. Tapi, beruang cokelat ussuri melengkapi dietnya dengan larva, semut penggerak kayu dan akar lili.

Di awal musim panas, beruang ini mengupas kulit pohon cemara berkulit putih untuk memakan kambium dan getahnya. Mereka juga mengonsumsi buah beri, yew, grapevine amur dan buckthorn. Di bagian selatan Sakhalia, makanan musim panasnya terdiri dari kismis dan chokeberry. Sementara di Hokkaido, dietnya terdiri dari mamalia kecil dan besar, ikan, burung dan serangga seperti semut.

Baca Juga: 7 Hewan Paling Tangguh, Paling Jago Bertahan Hidup

3. Mereka hidup penyendiri

Berdasarkan informasi dari Bear Conservation, beruang cokelat ussuri bersarang di musim dingin, terutama di liang galian atau di singkapan batu. Terkadang, mereka juga membangun sarang di atas tanah. Beruang cokelat ussuri lebih suka hidup menyendiri kecuali saat musim kawin atau bersama anak-anaknya.

4. Memiliki banyak nama

Spesies beruang ini juga dikenal sebagai ezo brown bear atau beruang cokelat ezo, beruang grizzly rusia atau beruang grizzly hitam. Melansir Wilde Natur, beruang cokelat ussuri berukuran besar tampak seperti beruang kodiak, lho. Mereka juga mirip seperti beruang kamchatka cokelat tapi tengkoraknya lebih panjang, dahinya tidak terlalu menonjol, tulang hidungnya sedikit lebih panjang dan tulang pipinya tidak terlalu terpisah.

Bulu beruang cokelat ussuri juga lebih gelap dan beberapa berwarna hitam. Dulu ada spekulasi bahwa beruang ini mungkin persilangan antara beruang cokelat dan beruang hitam asia, tapi hal tersebut telah terbantahkan. Jadi, tidak heran jika kamu merasa familiar dengan spesies ini.

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Grow in silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya