TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Semut Panda yang Aslinya Adalah Tawon

Bisa meniru penampilan hewan lain

semut panda (commons.wikimedia.org/Chris Lukhaup)

Intinya Sih...

  • Semut panda memiliki penampilan mirip panda dengan bulu hitam-putih, namun hanya betina yang memiliki penampilan ini
  • Panda ant jantan memiliki penampilan berbeda dengan sayap dan tidak memiliki penyengat, tergabung dalam famili velvet ant
  • Panda ant sebenarnya adalah tawon, bukan semut, makan nektar dan dapat menghasilkan suara ultrasonik unik

Di antara banyaknya jenis semut di dunia ini, dapat dikatakan bahwa semut panda adalah salah satu yang terunik. Hewan mungil satu ini memiliki tubuh berbulu dengan warna hitam dan putih mirip panda. Mereka juga memiliki kemampuan mengagumkan yang tidak banyak hewan sejenisnya miliki.

Namun, tahukah kamu kalau ternyata semut panda bukanlah semut? Meski hewan ini disebut sebagai panda ant, rupanya mereka berasal dari famili yang berbeda, lho! Lalu, jika bukan semut, hewan apakah panda ant ini? Berikut adalah fakta unik semut panda yang tidak banyak orang ketahui.

1. Penampilannya mirip panda

Ciri khas yang paling jelas dari panda ant adalah penampilannya yang sangat mirip dengan panda. Kepalanya berwarna putih dengan hanya bagian mata berwarna hitam serta tubuh yang ditutupi bulu hitam dan putih membuat hewan satu ini mendapatkan namanya. Namun, penampilan mirip panda ini hanya dimiliki panda ant betina saja.

Dilansir National Geographic, panda ant jantan memiliki penampilan yang jauh berbeda dengan betina. Para betina umumnya tidak memiliki sayap. Sebaliknya, jantan memiliki sayap dan tiidak memiliki penyengat.

2. Termasuk dalam kategori semut beludru

Fakta unik yang kedua adalah bahwa mereka tergabung dalam jenis semut beludru atau velvet ant. Apa itu velvet ant? Mereka adalah hewan dengan sebagian penampilannya mirip semut dan tubuhnya ditutupi dengan bulu lebat yang membuatnya terlihat seperti memakai kain beludru. Hewan jenis ini juga dikenal memiliki exoskeleton yang paling keras di familinya.

Baca Juga: 5 Hewan Asli Jazirah Arab, Semuanya Ada Nama Arab, lho! 

3. Semut panda adalah tawon

Nah, meski namanya adalah semut, pada kenyataannya panda ant bukanlah semut. Hewan yang memiliki nama ilmiah Euspinolia militaris ini adalah tawon yang tergabung dalam famili Mutilidae atau famili velvet ant. Mirip dengan tawon kebanyakan, panda ant juga tidak hidup dalam koloni.

Panda ant betina biasanya berlarian di tanah untuk mencari makan. Makanan utamanya nektar, namun, mereka juga bisa memakan semut berukuran kecil, ulat, atau larva hewan lain. Sedangkan jantan umumnya hanya menjadikan nektar sebagai makanan utama mereka.

4. Bisa mengeluarkan suara kencang saat terganggu

Spesies satu ini juga bisa menghasilkan suara yang cukup kencang ketika merasa dirinya sedang terancam. Diterangkan Live Science, suara bernada tinggi ini dihasilkan dengan cara menggesekkan bagian-bagian tubuhnya, seperti kaki atau antena.

Cukup berbeda dengan tawon lainnya, suara yang dihasilkan semut panda ini memiliki komponen ultrasonik yang unik. Selain berfungsi untuk menjauhkan predator, suara yang dihasilkan oleh panda ant juga bisa berfungsi sebagai sinyal kawin.

Verified Writer

Ralda Maya Runita

The beauty and the science

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya