TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Hiu Putih yang Ganas, Indera Penciumannya Kuat!

Hiu putih menjadi salah satu predator puncak di lautan

ilustrasi hiu putih (pexels.com/Ben Phillips)

Intinya Sih...

  • Hiu putih menjadi predator puncak di lautan, ditakuti karena keberadaannya yang ganas dan agresif dalam menangkap mangsa.
  • Sebagai predator kuat, hiu putih memuncaki rantai makanan laut dengan kemampuan indera penciuman yang sangat tajam.
  • Hiu putih memiliki kemampuan menangkap mangsa yang efektif, namun bisa dikalahkan oleh paus orca dalam berburu hewan laut lainnya.

Hiu putih atau Great White Shark merupakan salah satu predator lain yang sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Hal ini karena memang predator tersebut cukup ditakuti karena keberadaannya yang ganas dan agresif dalam menangkap mangsa, sehingga harus berhati-hati saat berada di lautan luas yang menjadi habitat utamanya.

Hiu putih menjadi spesies yang penting, namun juga cukup berbahaya karena menjadi salah satu spesies yang memuncaki ekosistem laut. Di balik reputasinya yang mengerikan tentu saja hiu putih tetap memiliki beberapa fakta menarik berikut ini yang akan membantumu untuk semakin mengenal keberadaannya.

1. Salah satu predator puncak di ekosistem laut

Rantai makanan memang akan selalu dijumpai di berbagai ekosistem, termasuk pula ekosistem laut. Tidak mengherankan apabila hiu putih memiliki peran yang cukup penting sebagai predator puncak, sehingga keberadaannya pun sangat penting dalam menjaga kestabilan ekosistem laut yang ada.

Dilansir NOAA Fisheries, sebagai predator yang kuat tentunya tidak heran apabila hiu putih memuncaki rantai makanan, sehingga bisa memangsa berbagai jenis hewan laut yang ada di bawahnya. Biasanya hiu putih paling sering memangsa hewan laut, seperti anjing laut, singa laut, hingga hiu lain dengan ukuran yang lebih kecil.

2. Indera penciuman hiu sangat tajam

Jika berbicara mengenai kemampuan yang dimiliki hiu putih tentu tidak hanya terbatas pada saat menyerang saja, namun juga indera-indera yang dimilikinya. Hiu putih termasuk hewan laut dengan kemampuan indera penciuman yang sangat tajam, sehingga membuatnya begitu efektif dalam mencari mangsa yang ada di sekitar.

Dilansir ODFW, hiu putih memiliki indera penciuman yang sangat tajam, bahkan bisa mendeteksi bau darah di air dalam konsentrasi sekecil 1 bagian per juta. Hal ini sangat memungkinkannya untuk menemukan mangsa dari jarak yang sangat jauh, bahkan ketika mangsa tersebut sedang bersembunyi atau pun terluka.

Baca Juga: 5 Fakta Lele Jawa, Lele Asli Indonesia yang Bisa Berjalan di Darat!

3. Hiu putih mampu melompat ke luar air

Hiu putih layak dinobatkan sebagai hewan dengan kemampuan menangkap mangsa yang sangat efektif, sebab sangat lincah dan agresif. Hal ini salah satunya dapat terlihat dari kemampuan hiu putih untuk melompat ke luar air agar bisa mendapatkan mangsanya dan dikenal dengan nama breaching.

Dilansir Smithsonian Ocean, hiu putih sering melompat ke luar air untuk berburu anjing laut, bahkan bisa melompat dengan ketinggi 9 meter di atas air. Kecepatan dan kekuatan luar biasanya ini sangat memungkinkan mereka untuk mendapatkan mangsa dengan mudah, apalagi dengan kemampuan berenangnya yang mencapai 40 kilometer per jam.

4. Memiliki usia panjang hingga lebih dari 70 tahun

Usia hidup yang dimiliki oleh setiap hewan mungkin akan berbeda-beda, termasuk pula dalam hal ini adalah hiu putih. Usia hidup yang dimiliki hiu putih ternyata menjadi salah satu yang cukup panjang jika dibandingkan jenis hewan laut lainnya, sehingga membuatnya dapat menjadi predator lain untuk jangka waktu yang cukup panjang.

Dilansir Science Daily, peneliti memperkirakan bahwa setiap individu dari hiu putih diperkirakan dapat hidup hingga 70 tahun atau bahkan lebih. Studi tersebut menunjukkan bahwa hiu putih bisa tumbuh lebih lambat dan hidup lebih lama dari yang sebelumnya diperkirakan, sebab memang ekosistem tempatnya tinggal sangat memainkan peran penting untuk menentukan usianya.

Verified Writer

Salsabila Manlan

Hello!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya