Indonesia Target Boyong 19 Medali Emas di Asian Para Games 2022 

Bisa masuk 10 besar!

Surakarta, IDN Times - Sebanyak 130 atlet Indonesia akan berlaga di Asian Para Games (AiPG) 2022 di Hangzhou, China. Sebelum berangkat, Menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora), Dito Ariotedjo mengukuhkan dan melepas kontingen Indonesia di Balaikota, Surakarta, Sabtu (14/10/2023).

1. Bisa mewakili Asean Tenggara

Indonesia Target Boyong 19 Medali Emas di Asian Para Games 2022 Altet Para Asian Games 2022 yang berangkat ke Hangzhou, China. (IDN Times/Larasati Rey)

Upacara pengukuhan dan pelepasan kontingen ditandai dengan mencium bendera Merah-Putih oleh Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Angela Tanoesoedibjo diikuti perwakilan atlet. Yakni Qonitah Ikhtiar Syakuroh atlet para-bulu tangkis dan M. Fadli Immammudin dari para-balap sepeda.

Dito menjelaskan, pelepasan ini memiliki makna yang sangat bersejarah bagi kontingen Indonesia. Dito berharap kontingen Indonsia yang sudah menang tiga kali di Asean Para Games bisa menjadi wakil dari Asean Tenggara dengan meraih prestasi yang maksimal.

“Solo Raya menjadi pusat pengembangan olah raga disabilitas. Makanya tadi saya sempat bertanya kepada rekan-rekan atlet, ketika mereka kembali dari Asian Para Games nanti, di mana mereka ingin bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo? Mayoritas atlet meminta untuk bertemu dengan Presiden Jokowi di Solo,” tambah Dito.

Baca Juga: Transportasi Kontingen Piala Dunia U-17 Pakai BST Solo

2. Targetkan raih 19 emas

Indonesia Target Boyong 19 Medali Emas di Asian Para Games 2022 Pelepasan altet Para Asian Games 2022 yang berangkat ke Hangzhou, China. (IDN Times/Larasati Rey)

CdM, Angela Tanoesoedibjo optimis para atlet bisa membawa Indonesia meraih prestasi tertinggi. Pihaknya menargetkan kontingen Indonesia bisa masuk 10 besar ajang olaraga se Benua Asia tersebut.

“Atlet telah melakukan latihan terakhir dan saya kira mereka sudah siap dan maksimal untuk tampil di Hangzhou. Sekarang kita tinggal mendoakan yang terbaik bagi atlet kita yang akan berjuang di Hangzhou,” ungkap Angela.

“Semoga target kita merebut 19 medali emas bisa tercapai dan kalau bisa melampaui target dengan melesat ke atas daftar perolehan medali ,” ujar wanita yang juga menjabat sebagai Wamenparekraf RI.

“Tuan rumah China tentu akan menjadi lawan tangguh, namun kita akan fokus kepada persiapan yang sudah matang dan fokus kepada apa yang kita akan perjuangkan dengan memberikan yang terbaik,” pungkasnya.

3. Kirim 130 atlet ke Asian Para Games 2022

Indonesia Target Boyong 19 Medali Emas di Asian Para Games 2022 Altet Para Asian Games 2022 yang berangkat ke Hangzhou, China. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun dalam sambutannya menyerukan kepada atlet untuk berbuat maksimal demi nama bangsa Indonesia.

“Kepada seluruh atlet yang saya cintai, saat ini kalian dituntut untuk berbuat maksimal, mengharumkan nama bangsa ini. Kibarkanlah bendera Merah-Putih di atas langit, kumandangkan lagu Indonesia Raya seperti singa mengaum,” seru Senny.

“Satukan pundi-pundi tekad kalian, rangkai jadi satu kekuatan yang luar biasa,,” tambah Senny.

Dengan berkekuatan 130 atlet yang akan berlaga di 12 cabang olah raga, kontingen Indonesia targetkan bisa menembus posisi 10 besar daftar perolehan medali.

Baca Juga: Bek PSIS Wahyu Prasetyo Perkuat Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya