TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Kabupaten Semarang

Pilihan tempat wisata yang santai tapi seru

salokapark.com

Tidak hanya di Kota Semarang, Kabupaten Semarang juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik lho. Ini dia 5 pilihan tempat wisata di Kabupaten Semarang.

Baca Juga: Dusun Semilir Kabupaten Semarang: Info Lokasi, Rute, dan Harga 

1. Dusun Semilir

Dusun Semilir sangat digemari sebagai tempat wisata keluarga karena wahana perosotan pelanginya yang populer serta letaknya yang mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.  Dusun Semilir yang berada langsung di pinggir Jalan Soekarno - Hatta, Bawen, Kabupaten Semarang menyediakan berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak-anak hingga dewasa. Apabila kelelahan untuk menjelajah area Dusun Semilir yang cukup luas, pengunjung bisa memakai wahana kereta untuk berkeliling.

Harga tiket masuk mulai dari Rp30.000 Rupiah di hari biasa sedangkan di akhir pekan adalah Rp40.000 Rupiah, namun untuk menaiki berbagai wahana masih harus mengeluarkan biaya yang berbeda-beda tiap wahana. Tapi jangan khawatir, di Dusun Semilir juga menyediakan tiket terusan seharga Rp60.000 Rupiah yang sudah termasuk harga prosotan pelangi, omah suwung, dan alas angon.

2. Umbul Sidomukti

Daya tarik utama dari Umbul Sidomukti adalah taman renang alam yang bertingkat dengan kedalaman 160 cm, 130 cm, dan 30 cm yang cocok untuk berenang bagi orang dewasa hingga anak-anak. Umbul Sidomukti terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang berada di lereng Gunung Ungaran pada ketinggian 1200 mdpl yang menjadikan hawa tempat wisata ini dingin dan sejuk.

Air taman renang alam di Umbul Sidomukti berasal dari mata air pegunungan yang menjadikan pengalaman benerang di sana sangat menyegarkan sembari melihat pemandangan alam yang indah. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Umbul Sidomukti adalah adanya camping ground dan area outbond.

Tiket masuk Umbul Sidomukti mulai dari 5000 s.d 10.000 Rupiah, untuk masuk taman renang alam ada tambahan biaya 10.000 Rupiah. Karena jalan menuju Umbul Sidomukti yang cukup sempit, sebaiknya menggunakan kendaraan kecil seperti motor, mobil, atau menyewa travel untuk menuju ke sana.

3. Eling Bening

Terletak di Jalan Sarjono, Bawen, Kabupaten Semarang, Eling Bening adalah tempat wisata bernuansa resort kekininan yang menyajikan pemandangan alam yang indah dan spot-spot foto yang menarik. Di Eling Bening, para pengunjung bisa melihat keindahan Rawa Pening dari ketinggian dan pemandangan alam pegunungan di sekitarnya seperti Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo.

Fasilitas di Eling Bening antara lain kolam renang, restoran, kafe, camping ground, outbond, dan meeting room. Harga tiket masuk adalah 30.000 Rupiah di hari biasa dan Rp35.000 Rupiah di akhir pekan. Pemandangan pada sore menjelang malam juga sangat indah, pengunjung bisa menikmati indahnya matahari terbenam di Eling Bening.

4. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park atau biasa disebut Saloka adalah taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah. Saloka beralamat di Jalan Fatmawati No. 154 Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Saloka merupakan taman rekreasi tematik yang memiliki 5 zona dengan tema yang berbeda.

Ada Zona Pesisir untuk merasakan berada di pantai dan disambut dengan wahana Cakrawala yang ikonik. Zona Balalantara mengambil tema hutan belantara, wahana di sini antara lain adalah Jamur Apung dan Kumbang Layang. Zona Kamayayi cocok untuk anak-anak atau pengunjung dewasa yang ingin bersenang-senang dengan wahana yang nyaman dan tidak ekstrim seperti Teka Teko dan Komidi Kuda Laut. Bagi pengunjung yang ingin memacu adrenalin bisa mengunjungi Zona Ararya yang di dalamnya ada berbagai wahana yang cukup menantang seperti Paku Bumi, Liku-Liku, dan Obat-Abit. Terakhir ada Zona Segara Prada untuk yang ingin mencoba wahana air semacam arung jeram yang disebut Gonjang Ganjing.

Tiket masuk di Saloka dikenakan bagi setiap pengunjung dengan tinggi badan 90 cm ke atas.  Harga tiket masuk di Saloka adalah Rp120.000 Rupiah di hari biasa dan Rp150.000 di akhir pekan. Tiket tersebut berlaku terusan untuk semua wahana.

Writer

Indri Hapsari

Pegawai, Penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya