Comscore Tracker

3 Warung Nasi Gandul Enak di Pati yang Wajib Dikunjungi, Maknyus!

Kuliner khas Kabupaten Pati

Pati, IDN Times - Penasaran dimana tempat makan nasi gandul paling enak di Kabupaten Pati?

Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang berada di wilayah pesisir pantai utara Pulau Jawa ternyata banyak memiliki kuliner yang lezat. Tak banyak yang tahu kalau Pati mempunyai kuliner nikmat dan khas daerah tersebut yakni nasi gandul.

Nasi gandul merupakan makanan khas Pati yang banyak ditemukan di tiap sudut kota tersebut. Namun dari banyaknya warung yang menjual nasi gandul ada tiga warung yang mesti kamu coba. Dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, ada tiga warung nasi gandul yang nikmat dan jadi referensi saat berkunjung atau liburan di Pati.

Kuliner nasi gandul masih sedikit orang yang mengetahuinya. Nama gandul sendiri dalam bahasa Jawa berarti menggantung, namun tidak lantas diartikan nasinya disajikan secara menggantung, melainkan cara berjualannya.

Konon penjual nasi gandul di Pati menjajakan dagangannya dengan digantung pada pikulan. Nah, dari situ kemudian muncul sebutan nasi gandul.

Nasi gandul adalah nasi putih yang diberi lauk empal atau daging sapi bumbu bacem, lalu diguyur dengan kuah bercita rasa gurih.

Dimana saja tempat untuk kuliner nasi gandul yang paling enak di Pati? IDN Times memberikan ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 4 Warung Nasi Gandul Paling Hits di Semarang, Udah Pernah Coba?

1. Nasi Gandul Pak Meled

3 Warung Nasi Gandul Enak di Pati yang Wajib Dikunjungi, Maknyus!instagram.com/seleraaaku.id

Nasi gandul Pak Meled menjadi satu diantara warung legendaris yang menyajikan menu khas Kabupaten Pati. Warung makan Nasi Gandul Pak Meled namanya tersohor sebagai satu diantara tempat makan nasi gandul paling enak di Pati.

Untuk menjaga cita rasanya, hingga kini Pak Meled masih menggunakan metode memasak yang sama, yakni dengan merebus kuah nasi gandul dalam kuali tanah liat alias gerabah.

Warung ini beralamat di Krajan Gajah Mati, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati. Supaya tidak kecele, datanglah setiap hari, pukul 11.00-21.30 WIB.

Untuk harganya, satu porsi nasi gandul Pak Meled hanya Rp 25 ribu.

2. Nasi gandul H A Warsimin

3 Warung Nasi Gandul Enak di Pati yang Wajib Dikunjungi, Maknyus!instagram.com/suroboyokuliner100

Satu lagi tempat makan nasi gandul paling enak di Pati, yakni warung nasi gandul H A Warsimin. Pilihan dagingnya lengkap mulai dari kikil, daging, paru, empal, hingga otak sapi. Soal rasa, jangan ditanya, dijamin enak.

Warung nasi gandul H A berada di Jalan Roro Mendut, Semampir, Kabupaten Pati. Warung itu buka setiap hari, mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

3. Nasi gandul Pak Sardi

3 Warung Nasi Gandul Enak di Pati yang Wajib Dikunjungi, Maknyus!instagram.com/okie272

Kalau mampir ke Nasi Gandul Pak Sardi, harus siap-siap mengantre, sebab warung tersebut menjadi tempat favorit warga Pati untuk menikmati nasi gandul.

Cita rasa nasi gandul Pak Sardi tidak pernah berubah sejak 1978. Rasanya tetap eco.

Satu porsi nasi gandul ini harganya Rp18 ribu hingga Rp20 ribu.

Kalau ingin menikmati nasi gandul ini, datang saja ke Panunggulan, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati. Ingat, warung ini buka setiap hari, dari pukul 16.00-22.00 WIB.

 

Nah, sekarang sudah tahu spot nasi gandul andalan yang ada di Pati, Jawa Tengah. Jangan sampai kelewatan untuk mampir mencobanya.

Baca Juga: Nasi Gandul Pak Memet, Kuliner Wajib Kalau Kamu Singgah ke Semarang

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Just For You