Comscore Tracker

Wisata Air Tiga Rasa Rejenu di Kudus, Dipercaya Memiliki Khasiat  

Selalu mengeluarkan air bahkan di musim kemarau

Laporan Oetoro Aji

Kudus, IDN Times - Air Tiga Rasa Rejenu merupakan satu diantara obyek wisata di Kabupaten Kudus yang mempunyai keunikan.

Air Tiga Rasa Rejenu yang terletak di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus ini menjadi pilihan destinasi wisata bagi warga dari Kudus dan juga dari luar kota Kudus.

Baca Juga: 3 Warung Nasi Gandul Enak di Pati yang Wajib Dikunjungi, Maknyus!

1. Lokasi di kompleks makam Syaikh Syadzali

Wisata Air Tiga Rasa Rejenu di Kudus, Dipercaya Memiliki Khasiat  

Kabupaten Kudus dikenal dengan potensi wisata sejarah. Mulai dari wisata Sunan Kudus, Sunan Muria hingga tempat bersejarah lainnya.

Obyek wisata Air Tiga Rasa Rejenu yang terletak di Desa Japan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dipercaya memiliki berbagai manfaat dan khasiat kesehatan bahkan juga dipercaya sebagian masyarakat hingga soal jodoh.

Lokasi obyek wisata Air Tiga Rasa atau yang dikenal dengan Air Tiga Rasa Rejenu itu terletak di kompleks Makam Syaikh Syadzali.

Untuk menempuh lokasi tersebut, pengunjung harus menempuh jarak 18 kilometer dari pusat Kabupaten Kudus.

Untuk sampai ke lokasi pengunjung akan merasakan uji andrenalin, pasalnya, tak mudah untuk sampai ke lokasi. Pengunjung mesti melewati jalan menanjak untuk sampai ke lokasi wisata Air Tiga Rasa Rejenu yang terletak di puncak makam Syaikh Syadzali.

2. Tak kering meski kemarau panjang

Wisata Air Tiga Rasa Rejenu di Kudus, Dipercaya Memiliki Khasiat  

Sesampai di lokasi, pengunjung bisa bertemu dengan seorang pengurus makam yang bernama Sutaryo. Pria yang berusia 52 tahun itu menceritakan banyak manfaat dari Air Tiga Rasa Rejenu. Mulai dari khasiat bagi kesehatan, usaha, kecerdasan hingga jodoh.

Menurut Sutaryo Air Tiga Rasa Rejenu ini selalu mengeluarkan air bahkan di musim kemarau kondisi air tidak berkurang sedikit pun.

Sutaryo mengatakan Air Tiga Rasa Rejenu hingga sekarang masih banyak yang mengambil, tak hanya dari Kudus, melainkan juga pengunjung dari luar kota yakni seperti Semarang, Demak, Jepara, bahkan ada juga yang datang dari Singapura.

“Meskipun musim kemarau kondisi Air Tiga Rasa itu tidak mengalami kekeringan. Masih banyak airnya,” kata Sutaryo.

Baca Juga: Marak, Karhutla di Jateng Telan Korban Jiwa

3. Dipercaya warga memiliki khasiat

Wisata Air Tiga Rasa Rejenu di Kudus, Dipercaya Memiliki Khasiat  

Air Tiga Rasa Rejenu ini memiliki rasa yang berbeda-beda. Untuk rasa, tergantung lidah yang merasakan Air Tiga Rasa itu. Selain memiliki rasa yang berbeda juga memiliki khasiat yang berbeda.

“Paling bagus itu yang tengah. Bagus untuk diminum. Bagusnya dari segi kesehatan lebih bagus. Namun semuanya bagus,” Sutaryo.

Kata dia sumber Air Tiga Rasa terletak di pintu paling timur yang juga disebut sebagai Ma’ul Hayat atau artinya air kehidupan.

Ada juga yang menyebutnya sebagai Ma’ul Syifa yakni sebagai pengobatan. Sedangkan untuk sumber yang ditengah atau kedua ini disebut sebagai Ma’ul Rajak untuk usaha.

“Sedangkan sumber yang ketiga ini disebut Maul Ilmi sebagai kecerdasan anak-anak sekolah. Namun itu semua Allah yang menentukan,” terangnya.

Air Tiga Rasa Rejenu sudah sejak dulu menjadi buruan para warga. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan karomah Syaikh Syadzali.

Syaikh Syadzali mempunyai banyak ilmu dan karomah hingga semakin banyak santri yang ingin berguru kepadanya.

Salah satu karomah dari Syaikh Syadzali adalah Air Tiga Rasa yang letaknya tak jauh dari makam Syaikh Syadzali.

“Sejak dulu mungkin termasuk peninggalanya, termasuk karomah dari Syaikh Syadzali,” ungkap Sutaryo yang sudah 16 tahun menjadi pengurus makam Syaikh Syadzali. Hanya, menurut dia semua itu adalah kehendak Allah. “Semua Allah yang menentukannya,” tandasnya.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya