TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ekonomi Jateng Kuartal III Tahun 2022 Melambat, Hanya 5,28 Persen

Kasus COVID-19 turun mobilitas ke tempat kerja meningkat

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Semarang, IDN Times - Ekonomi di Jawa Tengah tumbuh sebesar 5,28 persen pada kuartal III tahun 2022. Namun, pertumbuhannya melambat apabila dibandingkan dengan kuartal II tahun 2022, yang mencapai sebesar 5,66 persen. 

Baca Juga: Jateng Alami Deflasi 0,12 Persen di Oktober 2022, Dipicu Harga Cabai

1. Pertumbuhan tertinggi dari transportasi dan perdagangan

Ilustrasi pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww)

Kepala BPS Jateng, Adhi Wiriana mengaku jika perekonomian di Jateng tumbuh melambat. Meski demikian, ia menyatakan terjadi peningkatan pada beberapa sektor.

Dirinya mengeklaim, kondisi tersebut menunjukkan jika ekonomi saat ini tidak menurun.

‘’Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha Transportasi dan Perdagangan yang tumbuh sebesar 98,53 persen,’’ ungkapnya dalam siaran pers secara daring, Senin (7/11/2022).

Adhi menambahkan, dari sisi pengeluaran, komponen yang mengalami kenaikan paling tinggi terjadi pada Komponen Ekspor Barang dan Jasa (termasuk Ekspor Antar Daerah) sebesar 17,05 persen.

2. Ekonomi sepanjang tahun 2022 tumbuh positif

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Selanjutnya, perekonomian Jateng secara kumulatif sampai dengan Kuartal III tahun 2022 (c-to-c) juga tercatat tumbuh pertumbuhan positif, sebesar 5,36 persen.

Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan yaitu sebesar 79,35 persen.

Sedangkan dari sisi pengeluaran, kinerja ekonomi Jateng secara kumulatif hingga Triwulan III tahun 2022 yang mengalami kenaikan tertinggi dicatat oleh Komponen Ekspor Barang dan Jasa (termasuk Ekspor Antar Daerah) yaitu sebesar 12,93 persen.

Baca Juga: Ekonomi Jateng Triwulan II/2022 Lampaui Nasional, Capai 5,66 Persen

Berita Terkini Lainnya