Comscore Tracker

3 Potensi di Jawa Tengah yang Bisa Digarap Pengusaha Muda

Hipmi ingin cetak satu juta pengusaha baru

Semarang, IDN Times - Pengusaha muda bertanggung jawab untuk menggarap potensi di daerahnya. Adapun, upaya itu mampu mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah pascapandemik COVID-19.

1. Pengusaha muda perlu fokus ke transformasi digital

3 Potensi di Jawa Tengah yang Bisa Digarap Pengusaha MudaSekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Bagas Adhadirga menjadi pembicara pada acara Forbisda dan Rakerda BPD Hipmi Jawa Tengah di Semarang, Selasa (27/9/2022). (dok. Hipmi)

Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Bagas Adhadirgha mengatakan, persoalan digitalisasi di Indonesia merupakan sebuah keniscayaan. Pelaku usaha Jawa Tengah bisa melakukan transformasi digital dalam kegiatan usahanya.

‘’Di Jateng, khususnya Semarang begitu banyak pengusaha yang bergerak di bidang kreativitas. Ini adalah modal dasar dalam memulai sebuah usaha rintisan berbasis digital. Mengapa digitalisasi penting untuk digarap pengusaha muda? Kita perlu berkaca pada pandemik dua tahun terakhir yang membuat dunia sangat berubah,’’ ungkapnya pada acara Forbisda dan Rakerda BPD Hipmi Jawa Tengah di Semarang, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: UMKM Gayeng Menyulut Usaha di Jateng Bangkit Lewati Badai Pandemik, Ekonomi Terungkit

2. Potensi UMKM di Jateng sangat besar

3 Potensi di Jawa Tengah yang Bisa Digarap Pengusaha MudaPelaku UMKM memamerkan produknya di pameran UMKM Gayeng 2022 di Mal Paragon Semarang, 19--24 April 2022. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Pada masa pandemik memaksa masyarakat bergantung pada teknologi informasi. Semua sektor usaha bisa dilakukan secara online. Maka, transformasi digital sangat penting.

‘’Namun, sayang proses optimalisasi transformasi digital ini belum dilakukan dengan maksimal. Dengan kita terus mendorong upaya digitalisasi ini maka akan memudahkan usaha kita. Sehingga, akan memangkas banyak hal terutama permasalahan jarak dan waktu. Ini tentu banyak manfaatnya bagi para pengusaha,’’ kata Bagas.

Kemudian, potensi lain yang dimiliki Jateng adalah memiliki UMKM terbesar di Indonesia. Ke depan, Hipmi akan mendorong lahirnya produk-produk baru UMKM dengan berbagai variasi dan kreativitas.

‘’Maka, itulah pentingnya mulai sekarang mari pengusaha-pengusaha muda untuk memanfaatkan program-program dari pemerintah yang mendorong UMKM berkembang. Misalnya, program nomor induk berusaha (NIB) yang bertujuan untuk memangkas birokrasi bagi seorang pengusaha baru untuk memulai usahanya,’’ jelasnya ketika kontestasi pemilihan calon Ketua Umum Hipmi 2022--2025 itu.

3. Program hilirisasi perlu didorong bersama

3 Potensi di Jawa Tengah yang Bisa Digarap Pengusaha MudaSejumlah konsumen singgah di stan pameran UMKM Gayeng 2022 di Mal Paragon Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Dalam hal ini, Hipmi berupaya untuk menyosialisasikan program legalitas UMKM-UMKM ini. Sebab, program ini bertujuan memberikan akses dan fasilitas bagi pengusaha baru untuk memiliki legalitas yang benar.

Sementara itu, Bagas menginginkan, ke depan Hipmi bisa menjadi pusat inkubator kewirausahaan dan mampu mencetak satu juta pengusaha baru untuk tiga tahun mendatang. Ada tiga sektor potensial yang bisa didorong bersama-sama yaitu, sektor energi terbarukan, teknologi informasi dan produk-produk turunan dari program hilirisasi.

‘’Banyak peluang untuk teman-teman pengusaha muda mengingat sumber daya alam Indonesia ini sangat kaya. Kita selama ini selalu mengekspor bahan mentah. Oleh sebab itu, hilirisasi ini menjadi sebuah pekerjaan rumah yang penting untuk dilakukan bersama karena dengan adanya proses itu mampu menciptakan lapangan kerja yang sangat besar,’’ ujarnya.

Selain itu, imbuh dia, mampu menciptakan nilai tambah hingga puluhan bahkan ratusan kali lipat. Dengan demikian, semua akan untung mulai dari masyarakat, negara, dan pengusaha.

Baca Juga: Jasa Pengiriman Logistik Bidik Pemasaran 4,2 Juta UMKM Jateng 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya