Comscore Tracker

Apindo Jateng Minta Perusahaan Wajib Bayar Penuh THR 2021

Buruh yang dirumahkan sudah kembali kerja

Semarang, IDN Times - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah menanggapi keputusan pemerintah yang mewajibkan pengusaha membayar penuh tunjangan hari raya (THR) kepada pekerja.

Hal itu menyusul terbitnya Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

1. Apindo berkomitmen bayar THR penuh

Apindo Jateng Minta Perusahaan Wajib Bayar Penuh THR 2021Ilustrasi pabrik rokok. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Ketua Apindo Jateng, Frans Kongi mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membayarkan penuh THR karyawan atau pekerja pada Lebaran 2021 nanti. ‘’Kalau soal THR, kami selalu berkomitmen untuk membayarnya. Jadi, bukan karena ada aturan saja, sebab sebelum ada aturan itu pengusaha selalu memberikan hak tersebut kepada karyawan,’’ ungkapnya saat dihubungi IDN Times, Rabu (14/4/2021). 

Menurut dia, sebelum ada COVID-19 semua tidak masalah, baik gaji maupun THR selalu lancar dibayarkan. Namun, pandemik ini memang sangat berat bagi pengusaha, sehingga terpaksa harus mencicil pembayaran atau tidak membayar penuh THR. 

Baca Juga: KSPI Jateng: THR Harus Dibayar Penuh untuk Dongkrak Daya Beli Warga

2. Awal pandemik hanya 20 persen perusahaan yang mampu bayar THR penuh

Apindo Jateng Minta Perusahaan Wajib Bayar Penuh THR 2021Ilustrasi pekerja pabrik. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Untuk diketahui, pada awal pandemik tahun 2020 lalu hanya 20 persen perusahaan di Jateng yang mampu membayar THR secara penuh dan tidak mencicil pembayarannya. Mereka adalah perusahaan di sektor garmen, perkayuan, hingga pariwisata.

‘’Sebab, industri yang terdampak pandemik di Jateng ini mencapai lebih dari 70 persen. Namun, ada juga perusahaan yang membayar penuh THR, meski harus dengan cara mencicil,’’ ujar Frans.

Sekarang ini industri sudah mulai menggeliat, dengan demikian Apindo Jateng mengimbau kepada pengusaha untuk memerhatikan para pekerja dan karyawan. Salah satunya dengan membayarkan THR dengan penuh pada sebelum Lebaran nanti.

3. Bagi pengusaha yang belum mampu bayar THR agar berunding dengan pekerja

Apindo Jateng Minta Perusahaan Wajib Bayar Penuh THR 2021Ilustrasi industri/pabrik. IDN Times/Arief Rahmat

‘’Meski tidak menutup kemungkinan masih ada satu dua perusahaan yang mengalami kesulitan untuk membayar THR, tapi itu bisa dibicarakan secara baik-baik dengan pekerja. Saya berharap semua anggota kami bisa melaksanakan ini, sebab THR adalah kewajiban pengusaha. Jika mungkin masih ada yang mencicil, harapannya tidak separah tahun lalu,’’ jelasnya.

Sementara itu, para pekerja yang sempat dirumahkan saat awal pandemik lalu sekarang sudah kembali bekerja. Pada saat COVID-19 menyerang Apindo menyarankan jangan sampai ada PHK. Sehingga, untuk sementara pekerja harus dirumahkan dan pembayaran dirundingkan sesuai kemampuan.

‘’Mereka sudah kembali bekerja pada tahun 2020 lalu. Apalagi, pekerja industri manufaktur atau padat karya, pasti sudah mulai beroperasi lagi walaupun belum 100 persen normal,’’ tandas Frans.

 

Baca Juga: Pandemik COVID-19, Orang Miskin di Jateng Bertambah 139 Ribu Jiwa

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya