Comscore Tracker

Penjualan Rumah Harga Rp1 Miliar di Semarang Tinggi saat Pandemik 

Kebijakan insentif PPN dorong penjualan naik

Semarang, IDN Times - Pengembang perumahan yang menyasar segmen menengah ke atas tidak terdampak pandemik COVID-19. Sebab, permintaan rumah seharga lebih dari Rp1 miliar laris manis terjual.

1. Penjualan rumah tumbuh 35 persen

Penjualan Rumah Harga Rp1 Miliar di Semarang Tinggi saat Pandemik General manager Citragrand Semarang, Berlian Febriana menyampaikan pertumbuhan properti di acara media gathering secara virtual. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

General manager Citragrand Semarang, Berlian Febriana mengatakan, animo konsumen yang membeli rumah diatas satu miliaran diklaim tinggi saat pandemik. Sebab, segmen menengah ke atas tersebut tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi saat ini.

‘’Mereka lebih memilih membeli properti daripada menginvestasikan uangnya di deposito,’’ ungkapnya saat media gathering secara virtual, Sabtu (11/9/2021).

Dari catatan Citragrand, penjualan rumah pada triwulan II tahun 2021 tumbuh 35 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Penjualan Rumah di Semarang Anjlok hingga 60 Persen Saat PPKM 

2. Program insentif PPN berdampak positif terhadap penjualan rumah

Penjualan Rumah Harga Rp1 Miliar di Semarang Tinggi saat Pandemik Ilustrasi rumah millennial (dok. Citragrand Semarang)

Pertumbuhan positif tersebut juga didorong kebijakan insentif atau pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) yang berlaku sejak Maret hingga Agustus 2021.

‘’Kami pun yakin jika penjualan rumah hingga akhir tahun pun akan kembali mengalami peningkatan seiring perpanjangan program insentif PPN hingga Desember mendatang,’’ tuturnya.

Adapun, nilai investasi properti di Citragrand dalam tiga tahun terakhir tercatat mengalami kenaikan rata-rata 15 persen. Ada kenaikan hampir 10 persen pada tahun ini dibandingkan 2020. Hal itu seiring dengan penambahan fasilitas-fasilitas baru yang dikembangkan seperti kawasan bisnis, fasilitas pendidikan, masjid, club house dan danau yang saat ini dalam tahap pembangunan.

3. Citragrand luncurkan rumah seharga Rp 1 miliaran untuk millennial

Penjualan Rumah Harga Rp1 Miliar di Semarang Tinggi saat Pandemik Rumah berperabot IKEA untuk segmen milenial dihadirkan pengembang perumahan Citra Grand Semarang. (dok. Citragrand Semarang)

Guna mendongkrak penjualan, Citragrand merilis tipe rumah baru pada tahun 2021. Yakni tipe Kiara, Mindy, dan Myka. Ketiga tipe rumah berlantai satu tersebut diklaim cocok untuk kalangan millennial dan rumah tangga baru.

Marketing Manager Citragrand Semarang, Yovita Natasia mengatakan, penjualan tipe Kiara dengan bangunan satu lantai itu paling diminati cluster red terracotta selam dua tahun terakhir. Sehingga pihaknya memasarkan kembali di tahun ini. 

‘’Lalu tipe Mindy memiliki luas bangunan 78 meter persegi. Rumah ini memiliki layout dua kamar tidur, satu ruang tamu, satu ruang makan, dan satu kamar mandi. Harga untuk tipe Mindy sendiri dibandrol dengan harga mulai Rp 1,1 miliar dengan stok yang dipasarkan hanya 10 unit,’’ jelasnya.

Sedangkan, tipe Myka dengan luas bangunan 96 meter persegi memiliki layout dua kamar tidur yang mana satu kamar tidur dengan kamar mandi di dalam, satu ruang tamu, satu ruang makan, dapur, dan satu kamar mandi luar. Harga untuk tipe Myka dibandrol dengan harga mulai Rp1,3 miliar dengan stok yang dipasarkan hanya 9 unit.

‘’Pada tanggal 9--18 September 2021, kami juga mulai membuka presale untuk tipe terbaru yang berhadapan dengan fasum danau Citragrand. Rumah depan danau ini, dipasarkan hanya 6 unit saja dan sampai saat ini sudah terjual empat unit,’’ tandas Yovita.

Baca Juga: Rumah Sehat di Semarang Dibandrol Mulai Rp800 Jutaan 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya