Comscore Tracker

Cegah Bakteri, Budidaya Nila dan Gurami di Banjarnegara Dipantau Petugas

BKIPM berupaya cegah penyakit ikan

Banjarnegara, IDN Times - Memasuki awal musim kemarau, para petugas gabungan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang meningkatkan pemantauan terhadap kegiatan budidaya ikan air tawar yang dikerjakan para kelompok masyarakat di sembilan kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Proses pemantauan dilakukan untuk mengetahui sebaran penyakit ikan yang berpotensi muncul saat ini.

1. Petugas BKIPM cek sebaran penyakit ikan di sembilan daerah

Cegah Bakteri, Budidaya Nila dan Gurami di Banjarnegara Dipantau PetugasSeorang pembudidaya saat mengambil beberapa ikan nila di kolamnya. Dok Humas BKIPM Semarang

Ely Musyarofah, Kasi Pengawasan dan Pengendalian Data Informasi BKIPM Semarang mengungkapkan ada sembilan daerah yang dipantau berkaitan dengan aktivitas budidaya ikan nila dan gurami.


"Tahun ini kita memantau penyebaran penyakit ikan di sembilan daerah. Mulai Pekalongan, Semarang, Jepara, Kendal, Pemalang, Brebes, Banjarnegara, Pati dan Rembang," kata Ely kepada IDN Times, Sabtu (15/8/2020).

Baca Juga: Bandeng Diminati Negara Timur Tengah, BKIPM Incar Ekspor ke Arab Saudi

2. Petugas upayakan cegah munculnya bakteri dan virus ikan di Banjarnegara

Cegah Bakteri, Budidaya Nila dan Gurami di Banjarnegara Dipantau PetugasSeekor ikan dibelah untuk dicek sebaran penyakitnya. Dok Humas BKIPM Semarang

Saat mengambil uji klinis ikan di Banjarnegara, petugasnya berupaya mengumpulkan data pendukung yang diperoleh melalui tatap muka terhadap petambak ikan. Kemudian diolah untuk memperoleh output peta sebaran penyakit ikan. 

Petugasnya mengecek kesehatan ikan nila dan gurami yang sering dibudidayakan warga Banjarnegara. Menurutnya gurami dan nila punya nilai ekonomi yang tinggi karena sejak lama jadi ikon bagi masyarakat di kabupaten tersebut.

"Kita upayakan agar ikan di sana tidak terserang bakteri maupun virus," jelasnya.

3. Diharapkan pencegahan penyakit ikan bisa membuat sektor perikanan Banjarnegara tambah maju

Cegah Bakteri, Budidaya Nila dan Gurami di Banjarnegara Dipantau PetugasJajaran pejabat di Banjarnegara saat berbincang dengan petugas BKIPM. Dok Humas BKIPM Semarang

Kabid Perikanan Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara, Muhammad Riyanto menyatakan, bahwa kegiatan pemantauan penyakit ikan ini ditunggu oleh para pembudidaya ikan di Kabupaten Banjarnegara. 

"Kita berharap ada pencegahan penyakit ikan lebih dini, sehingga sektor perikanan budidaya bisa semakin maju dan berkembang lagi," akunya.

Baca Juga: Harimau Kebun Binatang Serulingmas Banjarnegara Lahirkan Seekor Anak

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya