Comscore Tracker

Cek ke Pasar Gayamsari, Zulhas Kaget Ada Minyak Goreng Curah Kemasan Botol

Zulhas pamer harga bahan pokok mulai turun

Semarang, IDN Times Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menggelar kunjungan ke Pasar Gayamsari, Semarang untuk mengecek harga bahan pokok yang beredar saat ini, Senin (27/7/2022). Tiba di Pasar Gayamsari kisaran jam 06.00 WIB, Zulhas sapaan akrabnya langsung masuk ke dalam pasar.

Zulhas bersama rombongan pejabat Kementerian Perdagangan serta Disperindag Kota Semarang blusukan ke lapak-lapak pedagang untuk memantau fluktuasi harga bahan pokok. 

1. Zulhas apresiasi pedagang jual minyak goreng pakai botol plastik

Cek ke Pasar Gayamsari, Zulhas Kaget Ada Minyak Goreng Curah Kemasan BotolIlustrasi pekerja menata minyak goreng curah yang sudah dikemas kantong plastik di salah satu agen penjualan minyak goreng curah. (ANTARA FOTO/Patrik Cahyo Lumintu)

Ketika menemui beberapa pedagang minyak goreng curah, Ketum PAN tersebut kaget dengan minyak goreng curah yang dikemas oleh pedagang. Terutama saat melihat pedagang yang mengemas minyak goreng curah ke dalam botol plastik. 

"Di sini pintar jual minyak curah dipakein botol plastik jadi harganya tambah Rp500," kata Zulhas di tengah kerumunan pedagang Pasar Gayamsari, Rabu (27/7/2022). 

Baca Juga: Zulhas Jadi Mendag, Harga Minyak Goreng Curah di Semarang Turun

2. Harga minyak goreng curah kini Rp12,500 per liter

Cek ke Pasar Gayamsari, Zulhas Kaget Ada Minyak Goreng Curah Kemasan BotolSejumlah warga antre membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar minyak goreng murah di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (11/1/2022). (ANTARA FOTO_Muhammad Iqbal)

Minyak goreng curah yang dulunya harganya melambung tinggi, ketika dicek oleh Zulhas harganya kini berangsur turun. Minyak goreng curah yang tadinya dibanderol Rp16 ribu per liter, katanya untuk saat ini turun menjadi Rp14 ribu per liter. 

Di hadapan para pedagang, ia membagi rahasia untuk menurunkan harga minyak goreng curah. Ia berkata ketika harga minyak goreng curah naik, pihaknya memerintahkan kepada sejumlah pihak untuk menggelontorkan pasokan minyak goreng ke berbagai wilayah yang masih kekurangan. 

"Minyak goreng curah rata-rata di bawah Rp14 ribu, tapi ada juga yang jual Rp12,5 ribu. Saya datang sudah Rp13,500. Kalau harganya mahal ya kita drop barangnya," akunya. 

3. Zulhas anulir aturan pemakaian PeduliLindungi

Cek ke Pasar Gayamsari, Zulhas Kaget Ada Minyak Goreng Curah Kemasan BotolMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meninjau harga barang kebutuhan pokok dan titik penjualan Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) di Pasar Ciracas, Jakarta Timur. (dok. Humas Kemendag)

Selain itu, Zulhas mengaku sudah memerintahkan Kemendag untuk menunda aturan pemakaian aplikasi Peduli Lindungi.

Langkah ini agar masyarakat tidak takut saat membeli minyak goreng curah di pasaran. "Biar orang tidak takut makan yang tadinya akan ada aturan pakai aplikasi Peduli Lindungi maka kita relaksasi dulu. Biar yang beli banyak," jelasnya. 

Lebih lanjut, ia bangga bahwa harga bahan pokok lainnya juga telah mengalami penurunan ketimbang kondisi sebelumnya. Harga bahan pokok yang sudah turun seperti telur ayam, daging sapi dan bawang merah. 

"Yang bilang pedagang pedagang langsung nih, harga bawang merah sudah turun, kemarin sempat Rp70 ribu sekarang jadi Rp40 ribu, telur sekarang jadi Rp8.000, daging sapi juga turun Rp130 ribu, dulunya cabai Rp120 ribu sekarang jadi Rp70 ribu," terangnya. 

4. Harga bahan pokok di Jawa sampai Sulawesi sudah stabil

Cek ke Pasar Gayamsari, Zulhas Kaget Ada Minyak Goreng Curah Kemasan BotolTumpukan cabai rawit setan yang dijual di lapak pedagang blok G-14 Pasar Johar MAJT. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Untuk saat ini, menurutnya harga bahan pokok di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Bali sudah stabil. Kini pihaknya tinggal memperkuat pasokan bahan pokok di Maluku dan kawasan Indonesia Timur. 

"Ini sudah stabil. Di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Bali sudah tinggal kita perkuat ke Maluku dan daerah Indonesia timur lainnya," paparnya. 

Baca Juga: 27 Produsen Minyak Goreng Diduga Terlibat Kartel Minyak Goreng

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya