Comscore Tracker

Ketat! Dokumen yang Harus Dilengkapi Penumpang di Bandara Semarang

Bandara Ahmad Yani antisipasi penularan Corona Mu

Semarang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mempertebal pengawasan terhadap kelengkapan dokumen penerbangan milik calon penumpang dari maupun menuju Semarang.

1. Syarat-syarat dokumen penerbangan untuk rute Semarang diperketat

Ketat! Dokumen yang Harus Dilengkapi Penumpang di Bandara SemarangDok. PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto mengatakan peningkatan pengawasan saat ini dilakukan bersama tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) guna meneliti syarat-syarat dokumen penerbangan yang dibawa oleh setiap calon penumpang.

"Di seluruh area bandara, saat ini saya bersama petugas KKP meningkatkan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan para calon penumpang pesawat. Terutama kita perketat pemantauan dokumen penerbangan untuk rute dari Jawa menuju ke Bali maupun sebaliknya. Serta penerbangan rute luar Jawa. Sementara ini kita waspadai sebaran varian Corona Mu," kata Hardi ketika dihubungi IDN Times, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: New Normal, Bandara Ahmad Yani Terapkan Tiga Zona di Ruang Tunggu 

2. Bandara Ahmad Yani sedang koordinasi dengan KKP dan Dinkes Jateng

Ketat! Dokumen yang Harus Dilengkapi Penumpang di Bandara SemarangPara petugas saat mengecek kedatangan TKI di Bandara Ahmad Yani. (Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang)

Lebih jauh, pihaknya mengungkapkan antisipasi terhadap penularan Corona varian Mu juga dilakukan dengan berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan Jawa Tengah.

Seluruh ruangan bandara, katanya rutin dibersihkan memakai disinfektan dan calon penumpang diminta mematuhi prokes sesuai 5 M. Antara lain memakai masker, mencuci tangan dengan cairan antiseptik, menghindari kerumunan saat di peron, menjaga jarak dan wajib vaksinasi.

"Jadi besok Jumat rencananya kita kumpulkan tim teknis Angkasa Pura I dan pihak KKP untuk menyusun strategi menanggulangi sebaran Corona varian Mu. Kita juga minta arahan kepada Dinkes Jateng apabila muncul penularan Corona Mu di Bandara Ahmad Yani," ungkap Hardi.

3. Jalur penerbangan luar negeri masih ditutup total

Ketat! Dokumen yang Harus Dilengkapi Penumpang di Bandara SemarangIlustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Pihaknya memastikan jalur penerbangan ke luar negeri saat ini masih ditutup total. Menurutnya cara ini diharapkan bisa mencegah masuknya Corona varian Mu ke Jawa Tengah.

"Sementara ini penerbangan luar negeri disetop. Sehingga kami bisa menjamin kalau Corona varian Mu tidak masuk ke Jawa Tengah," tuturnya. 

4. Penumpang pesawat di Semarang sekitar 900-1.100 orang per hari

Ketat! Dokumen yang Harus Dilengkapi Penumpang di Bandara SemarangIDN Times/Hana Adi Perdana

Secara umum, Hardi menuturkan volume calon penumpang pesawat di bandaranya setiap hari ada 900-1.100 orang. Pihaknya mengimbau kepada seluruh calon penumpang dan pejabat terkait untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan virus Corona varian Mu. 

"Kita minta seluruh pihak selalu waspada. Jangan lengah. Tetap patuhi prokes dengan ketat. Kondisi penerbangan saat ini memang sedang sakit. Hanya saja kita berusaha memberikan pelayanan yang optimal kepada para penumpang pesawat," terangnya. 

Baca Juga: Ya Ampun Calon Penumpang Positif COVID-19 Nekat Masuk Bandara Semarang

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya