Comscore Tracker

Tiket KA Lebaran Tujuan Pantura Jateng Sudah Terjual 338.705 Lembar, Ini Rute Favorit Pemudik

Daop 4 pastikan tiket kereta untuk arus mudik masih banyak

Semarang, IDN Times - Sebanyak 338.705 lembar tiket kereta api relasi jarak jauh untuk masa angkutan Lebaran 2023 tujuan Pantura Jawa Tengah telah terjual. Tiket yang terjual sekitar 38 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan PT KAI. 

PT KAI Daop 4 Semarang mencatat bahwa tiket kereta api masa angkutan Lebaran 2023 masih tersedia. Berdasarkan pantauan pada Sabtu, 25 Maret 2023, pihak Daop menyatakan tiket KA jarak jauh telah terjual untuk kado KA tanggal 12 April hingga 3 Mei 2023.

Jumlah tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung.

Baca Juga: 700 Pedagang Bakso Pilih Layanan Mudik Gratis, Pesan 14 Bus Tujuan Wonogiri

1. Daftar rute favorit para pemudik

Tiket KA Lebaran Tujuan Pantura Jateng Sudah Terjual 338.705 Lembar, Ini Rute Favorit PemudikKondisi jalur perlintasan KA di titik Stasiun Poncol-Petek Semarang yang telah dicek kondisinya oleh petugas KAI Daop 4 Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ixfan Hendri Wintoko, Manager Humas KAI Daop 4 Semarang mengatakan, perjalanan favorit pelanggan sejauh ini didominasi untuk kereta api dari arah barat (Jakarta/Bandung) menuju arah timur (Jawa Tengah/Jawa Timur) pada periode sebelum Lebaran, serta perjalanan kereta api dari timur (Jawa Tengah/Jawa Timur) menuju arah barat (Jakarta/Bandung) untuk periode setelah Lebaran.

"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia. Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," ungkapnya, Minggu (26/3/2023).

2. Jadwal perjalanan KA yang jadi favorit pemudik

Tiket KA Lebaran Tujuan Pantura Jateng Sudah Terjual 338.705 Lembar, Ini Rute Favorit PemudikPara petugas mencuci gerbong kereta api sebelum jadwal keberangkatan dari Stasiun Tawang Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Adapun tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan di wilayah Daop 4 Semarang di antaranya 20 April 2023 yang mana tiket terjual 71 persen, tanggal 21 April 2023 sebanyak 62 persen dan tanggal 26 April 2023 sebanyak 56 persen.

3. Daop 4 masih layani vaksin booster gratis

Tiket KA Lebaran Tujuan Pantura Jateng Sudah Terjual 338.705 Lembar, Ini Rute Favorit PemudikDua petugas peron di Stasiun Tawang Semarang saat memeriksa kelengkapan kartu vaksin milik calon penumpang kereta yang berangkat dari Semarang. (Dok Humas PT KAI Daop 4 Semarang)

Untuk membantu pelanggan dalam melengkapi persyaratan naik kereta api jarak jauh, pihaknya menyediakan vaksin booster gratis di stasiun-stasiun serta fasilitas Klinik Mediska yang letaknya di lingkungan stasiun. Fasilitas itu diperuntukkan untuk umum dengan prioritas penumpang kereta api.

Layanan vaksin booster gratis tersebut di wilayah Daop 4 Semarang saat ini tersedia di Stasiun Semarang Tawang dan Klinik Mediska Semarang. 

Ixfan berkata pihaknya masih menerapkan persyaratan naik kereta api sesuai SE Menteri Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

Dalam menyediakan tiket kereta api, khususnya saat peak season seperti di masa Angkutan Lebaran ini, pihaknya berkomitmen untuk menyediakan tiket kereta api angkutan Lebaran secara transparan dan terpercaya bagi seluruh pelanggan. 

Baca Juga: Jadi Model, Petugas Costumer Service Stasiun Tawang Bikin Pangling!

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya