Comscore Tracker

Gibran Gandeng Shopee Gelar Pameran UMKM di Paris

Pameran digelar selama satu bulan

Surakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersama PT Shopee Indonesia akan mengelar pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke Paris selama satu bulan. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan turut serta berangkat ke ibu kota Prancis itu.

Baca Juga: Gibran Geram Banyak Sampah di CFD, Sampai Punguti Sendiri

1. Digelar di lokasi bergengsi di Paris.

Gibran Gandeng Shopee Gelar Pameran UMKM di ParisIlustrasi Suasana Pandemik COVID-19 di Paris (ANTARA FOTO/Christophe Ena/Pool via REUTERS)

Pameran produk UMKM tersebut akan berlangsung di gedung Le BHV Marais pada tanggal 8 Juni-15 Juli 2022. Sejumlah produk yang ditampilkan mulai dari fashion terutama batik, kemudian produk kesenian, perlengkapan rumah tangga, kerajinan tangan dan produk yang bersifat kreatif lokal.

Gibran mengatakan acara tersebut diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk UMKM lokal yang memiliki nilai ekspor. Selain itu, Gibran juga sekaligus mempromosikan pariwisata dan potensi kesenian yang ada di Kota Solo.

Gibran akan menampilkan kesenian dan kebudayaan Kota Solo dalam pameran tersebut. Dia menggandeng sejumlah seniman, seperti penari Eko Supriyanto alias Eko Pece dan penyanyi Anggun C Sasmi.

"Ini barang-barangnya sudah dibeli semua, jadi beli putus. Harapannya tentu akan ada keberlanjutan dari sini, produksi UMKM sini semakin laris," ujar Gibran dalam jumpa pers di Loji Gandrung, Senin (23/5/2022).

2. Gibran akan ke Paris selama lima hari.

Gibran Gandeng Shopee Gelar Pameran UMKM di ParisWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Untuk mendukung pameran tersebut Gibran berencana akan berangkat ke Paris pada tanggal 5 Juni 2022 mendatang. Ia kan berada di Paris selama kurang lebih lima hari.

Tak hanya mengikuti pameran, dia akan bertemu sejumlah pihak untuk membahas kerja sama dalam sejumlah sektor.

"Nanti saya berangkat tanggal 5 Juni ke Prancis. Nanti lima hari di sana ada banyak meeting juga, ketemu UNESCO, Wali Kota Paris, penuh agendanya," katanya.

3. Kurasi produk yang kental akan budaya dan bernilai ekspor.

Gibran Gandeng Shopee Gelar Pameran UMKM di ParisPameran Pemkot Solo di Paris. (Dok/Istimewa)

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, mengatakan proses kurasi telah dilakukan oleh sejumlah pihak baik itu dari Shopee, Pemkot Solo, maupun dari pihak Le BHV Marais sendiri. Produk yang dipamerkan merupakan produk-produk yang kental dengan budaya Jawa dan dapat menceritakan tentang Kota Solo.

"Pameran akan menceritakan cerita-cerita dari budaya kita. Saya harap acara ini bisa mengenalkan budaya Solo, budaya Indonesia ke luar sana, khususnya ke Kota Paris. Harapannya produk-produk lokal bisa maju ke pasar dunia dengan lebih kuat lagi," pungkasnya.

Lebih lanjut, Handhika mengatakan jika kegiatan pameran ini merupakan kelanjutan dari pembukaan Kampus UMKM Ekspor Shopee tahun lalu. Dia menilai banyak produk lokal Solo sudah layak untuk go internasional.

"Target 10.000 eksportir dari Solo sudah tercapai dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Untuk terus menyemangati UMKM karya Solo, karya Indonesia dan ini bisa membawa mereka ke kancah dunia yang lebih baik," tutupnya.

Baca Juga: Shopee Creative Hub Asah Skill Anak Muda Solo, Mirip Sillicon Valley

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya