TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membeli Buah Mangga yang Segar, Cek Teksturnya!

Buah mangga sering menjadi buah tropis favorit banyak orang

ilustrasi mangga harum manis (pexels.com/Kaysha)

Intinya Sih...

  • Buah mangga sering menjadi favorit karena rasanya manis dan segar
  • Memeriksa warna kulit untuk menentukan kualitas dan kematangan buah mangga
  • Tekstur, aroma, dan bobot juga penting dalam memilih buah mangga yang berkualitas

Mangga merupakan salah satu buah tropis yang paling digemari oleh banyak orang karena cita rasanya yang manis dan segar. Namun, membeli buah mangga sering kali menjadi tantangan bagi banyak orang, apalagi dengan tampilan luar buahnya yang sering kali tidak bisa menjamin bagian dalam dari kualitas buahnya.

Kamu harus bisa benar-benar selektif dalam memilih buah mangga, sehingga bisa menemukan yang kualitasnya bagus dan kondisinya segar untuk dinikmati. Coba simaklah beberapa tips penting berikut ini dalam memilih buah mangga, sehingga tidak akan sampai keliru dalam menentukannya.

1. Memeriksa warna kulitnya

Pada saat membeli buah mangga sebaiknya dapat memeriksa warna kulit yang dimilikinya, sehingga bisa menentukan kualitas yang ada. Memang warna pada kulit mangga bisa menjadi indikator kematangannya, namun hal ini juga tergantung pada varietas buah mangga yang dibeli.

Biasanya untuk jenis mangga harum manis atau gedong gincu, kulit berwarna kuning kemerahan atau hijau kekuningan sudah bisa menjadi indikator kematangan. Sementara, ada pula beberapa varietas mangga yang warnanya tetap hijau walau pun sudah matang, namun biasanya akan tampak lebih cerah dan warnanya merata ke seluruh bagian.

2. Teksturnya cenderung lunak

Tekstur dari buah mangga akan sedikit  banyak menentukan kualitas dan kematangan yang dimilikinya. Kamu bisa mengecek tekstur pada mangga sebelum memutuskan untuk membelinya, sehingga tidak akan sampai keliru agar nantinya bisa memilih yang sudah matang kondisinya.

Jika kamu menemukan mangga yang sudah lunak, maka biasanya kematangannya sudah cukup merata. Sementara jika mangga yang dibeli terlalu lembek, maka kemungkinan sudah terlalu matang atau bahkan busuk. Lalu, jika ternyata mangga yang dibeli terlalu keras, maka bisa jadi masih mentah dan butuh waktu untuk bisa dikonsumsi.

Baca Juga: 10 Tips Membeli Jeruk yang Manis dan Berkualitas di Pasar Tradisional

3. Aroma buahnya cenderung harum

Buah mangga yang sudah matang ternyata bisa dikenali melalui aroma yang dimilikinya, sehingga kamu tidak perlu sampai khawatir salah memilih. Kamu bisa mengecek aroma yang dimilikinya dari bagian pangkal buah dekat dengan tangkai, sehingga bisa menentukan apakah memang sudah matang atau belum.

Jika menemukan buah mangga yang tidak tercium aroma apa pun, maka bisa jadi buah mangganya belum matang sempurna. Sementara, jika buah mangga memiliki aroma yang terlalu kuat atau berfermentasi, maka dikhawatirkan kondisinya sudah terlalu matang dan sebaiknya jangan dibeli lagi.

4. Kondisi kulitnya halus dan bebas bintik-bintik

Memeriksa kondisi kulit pada buah mangga bisa menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menentukan kualitasnya. Kulit mangga yang baik biasanya akan memiliki tekstur yang halus dan tidak ada bintik-bintik besar atau bahkan luka, sehingga kondisinya akan tetap aman.

Sebetulnya bintik-bintik kecil tidak menjadi masalah, namun luka besar atau pun permukaan yang keriput menunjukkan bahwa mangga sudah melewati masa terbaiknya untuk dipanen. Hindari mangga dengan banyak bercak hitam atau tanda-tanda kerusakan, sebab biasanya tidak akan layak dikonsumsi.

Verified Writer

Jamilah

Semoga bisa memberi manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya