TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rekomendasi Street Food Populer Pasar Semawis Pecinan Semarang

Street food yang wajib dicoba di Kota Semarang

Instagram

Semarang merupakan ibu kota Jawa Tengah yang mempunyai seribu satu keistimewaan untuk dikunjungi.

Semarang menjadi salah satu tempat wisata untuk menghabiskan waktu dengan banyak lokasi wisata yang juga menawarkan makanan lezat seperti Street Food di pasar Semawis Pecinan semarang.

Selain mempunyai banyak tempat wisata dengan tempat yang Instagrammable, Kota Semarang juga merupakan surganya kuliner, bahkan tak sedikit wisatawan yang rela jauh-jauh hanya untuk mencari kuliner khas Kota Semarang.

Beberapa kuliner di Semarang memiliki banyak perbedaan budaya mulai dari masakan Jawa, Arab, Belanda, Hingga Cina yang bisa anda temukan di kota Semarang.

Saking beragamnya kuliner tersebut, membuat wisatawan penasaran untuk datang ke Pecinan Semarang.

Ketika kamu kesini akan dimanjakan dengan pilihan jajanan yang beragam. Sambil menikmati keaneka ragaman Street Food kamu juga bisa melihat indahnya klenteng Tay Sle. Kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata di kota Semarang yang wajib dikunjungi.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan pasar Semawis Pecinan Semarang, jangan khawatir karena kali ini IDN Times akan memberikan kamu rekomendasi Street Food yang enak dan tentunya wajib anda coba selama jalan-jalan di Semarang. Daripada penasaran yuk langsung saja simak artikel dibawah ini!

Baca Juga: Kuliner Wajib di Semarang! Lezatnya Bakso Lesanpuro Pak Ripto Semarang

Mengapa wajib mengunjungi Pasar Semawis Pecinan Semarang?

Instagram

Pecinan pada dasarnya adalah kawasan Tionghoa-Indo pada suatu daerah. Pasar Semawis Pecinan Semrang ini terdapat di pusat kota Semarang.

Dimana kamu dapat menemukan banyak kuil Tionghoa di sepanjang jalan dan pasar mingguan Semawis. Disini merupakan tempat orang Indo-Tionghoa dan penduduk lokal berkumpul untuk menikmati berbagai pilihan makanan Indo-Tionghoa.

Jika ingin merasakan suasana Asia Timur, Semawis merupakan tempat paling tepat untuk dikunjungi di Semarang.

Tak hanya Klenteng, Semawis juga terkenal dengan kulinernya. Dari makanan Cina, Taiwan, hingga Jawa, bahkan beberapa jajanan kaki lima khas barat.

Semua yang dijajakan di pasar Semawis tentunya dengan harga paling terjangkau dengan rasa yang worthit. Ada juga karaoke pinggir jalan yang bisa kamu coba bersama penduduk setempat.

Pecinan Semarang ini sangat populer hingga luar daerah. Tak heran jika banyak wisatawan asing maupun lokal dari berbagai daerah yang datang untuk menikmati suasana dan nikmatnya kuliner Pecinan Semarang.

Sangat disarankan buat kamu yang suka traveling dan kulineran. Berikut berbagai rekomendari kuliner di pasar Semawis Pecinan Semarang yang wajib kamu coba.

1. Lumpia Gang Lombok

Google

Jajanan khas pecinan semarang yang akan kita bahas pertama kali adalah Lumpia Gang Lombok. Memang Lumpia Gang Lombok sangat populer di kota semarang dengan antriannya yang panjang.

Waktu IDN Times Lumpia Gang Lombok, banyak sekali yang antri, bahkan penjual Lumpia Gang Lombok bilang sebaiknya dipesan 1 hari sebelumnya. Karena lumpia yang sedang dimasak merupakan pesanan pelanggan yang memesannya kemarin.

Buat kamu yang ingin merasakan lumpia ini lebih baik memesannya di tempo hari supaya kebagian.

Hanya kamu yang beruntung bisa mendapatkan lumpia ini tanpa memesan 1 hari sebelumnya.

Lumpia Gang Lombok letaknya sangat dekat dengan Klenteng Tay Kak Sie dan Lumpia Gang Lombok merupakan salah satu oleh-oleh terkenal di Semarang dan banyak dicari wisatawan.

Satu porsi Lumpia Gang Lombok yang sudah termasuk udang, ayam, telur, rebung, dan sambal khas yang disajikan bersama akan terasa nikmat.

Sedangkan harga Lumpia Gang Lombok dibanrol dengan harga Rp20.000, untuk satu lumpia. Disini juga menyediakan lumpia basah dan lumpia kering. Kalo kamu sendiri suka lumpia kering atau basah?

2. Leker Tradisional

Google

Jajanan khas Pecinan Semarang ini banyak sekali penggemarnya. Eits, walaupun jajanan ini mudah kita jumpai tapi jangan salah. Leker yang di jajakan di pasar Semawis Pecinan Semarang ini berbeda dengan leker lain.

Umumnya leker dibuat menggunakan wajan bulat datar, namun leker di pasar Semawis Pecinan Semarang ini menggunakan wacan cekung seperti wajan serabi dengan tekstur yang lebih garing dan full isian. Tak salah ketika menikmati lekernya membuat kita teringat dengan jajanan masa kecil.

Nah, untuk kamu yang mencari leker di Pecinan bisa mampir ke Gang Gambiran, untuk satu lekernya biasanya dijual dengan harga Rp4.000. Jajanan yang satu ini cocok banget dijadikan camilan setelah menyantap makanan berat. Jadi tunggu apalagi yuk berburu Street Food  khas di kota semarang. 

3. Es Krim Kunir Asem

Google

Jika selama ini kita hanya mencoba es krim vanilla, cokelat, dan strawberi, bagaimana jika rasa kunyit dan krim asam manisnya? Apakah sama dengan minum jamu herbal? Memang sedikit aneh tapi jangan salah, jika kamu mencobanya pasti akan menemukan rasa yang tak terduga.

Jadi dari pada penasaran, mampirlah ke Makuta Jamu Café di Jalan Jl. Gang Pinggir nomor 38 Semarang.

Saat kesini kamu bisa mencicipi cita rasa dari es krim Kunir Asem. Uniknya lagi es krim Kunir Asem ini akan disajikan dengan kue lidah kucing yang akan menghilangkan pahitnya rasa es krim Kunir Asem ini.

Dengan harga es krim Kunir Asem yang dibanderol dengan harga Rp.16.000. Es krim Kunir Asem ini sangat cocok dinikmati saat cuaca panas di kota semarang.

Terletak di Pecinan, kafe herbal yang dikelola oleh generasi ketiga Nyonya Meneer ini menawarkan berbagai ramuan herbal yang dikemas modern dan kekinian. Jadi jangan sampai ketinggalan, cobain Es Krim Kunyit Asem yuk.  

4. Es Puter Cong Lik

Google

Jajanan menarik yang akan kita rekomendasikan selanjutnya sebenarnya adalah salah satu tempat makan tradisional. Kedainya sangat popular dan cukup melegenda di kota Semarang. Namanya Es Puter Cong Lik yang sudah ada sejak tahun 1982 hingga saat ini.

Oleh karena itu, Es Puter Cong Lik memiliki cita rasa yang unik dan tidak pernah berubah dibandingkan sebelumnya. Hal inilah yang menjadikan Es Puter Cong Lik melegenda dan menjadi salah satu jajanan yang wajib dicoba diPasar Semawis Pecinan Semarang.

Meski Es Puter Cong Lik hanya kedai sederhana, namun Es Puter Cong Lik memiliki antrian yang panjang.

Jika kamu datang ke Es Puter Cong Lik, kamu bisa memilih berbagai varian rasa. Diantaranya adalah rasa durian, kopyor, alpukat mentega, dan coklat. Salah satu menu Es Puter Cong Lik yang menjadi favorit adalah Es Puter rasa durian.

Nah, sepotong es krim durian di sini berisi mutiara, buah longtar, puter rasa durian, dan ada juga sepotong durian utuh yang siap memikat hati kamu saat datang ke Es Puter Cong Lik.

Kamu cukup merogoh kocek Rp30.000 untuk rasa durian, sedangkan varian lain hanya Rp25.000 per mangkok. Harga yang terjangkau bukan.

5. Pia Yong Yen

Google

Pia Yong Yen merupakan pia khas kota Semarang yang banyak dicari wisatawan. Pia Yong Yen ini mempunyai rasa yang enak dan berbeda dengan pia lainnya. Pia Yong Yen merupakan makanan khas Tionghoa yang biasa disantap pada perayaan Tiong Chiu untuk menyambut bulan purnama.

Pia Yong Yenini memiliki tekstur yang renyah, namun lembut isisannya. Tekstur dan cita rasa dalam setiap gigitannya membuat penggemar Pia Yong Yen semakin banyak. Uniknya, Pia Yong Yen hadir dalam berbagai varian rasa antara lain tausi, kacang hujau, gula aren dan masih banyak lagi varian rasa Pia Yong Yen lainnya.

Untuk menemukan Pia Yong Yen, kamu bisa datang langsung ke Jln. Gang Pinggir No 78 Semarang. Harga Pia Yong Yen dibanrol dengan harga Rp 4.000 untuk satu Pia Yong Yen. Apa kamu tertarik mencicipinya? Yuk datang langsung dan mencobanya.

 

6. Es Gempol Pleret

Google

Es Gempol Plret merupakan minuman khas kota semarang di jawa tengah. Sayangnya, penjual es krim gempol pleret di Semarang semakin sulit ditemukan. Hidangan ini sebenarnya sangat sederhana, terdiri dari santan, gula halus, dan gempol, dan adonan yang terbuat dari tepung beras.  

Teriknya matahari di kota semaran membuat dahaga yang mencekik. Es Gempol Pleret ini menjadi salah satu kudapan yang menyegarkan disaat panas. Satu porsi Es Gempol Pleret bisa kamu beli dengan harga Rp. 10.000 saja.

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Semarang Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Nagih

Writer

Aditya Nugroho

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya