TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Lidah Kucing Pandan, Kue Kering Legendaris yang Mudah Dibuat!

Renyah manisnya lidah kucing pandan

ilustrasi lidah kucing pandan (YouTube.com/Abah Ambu)

Intinya Sih...

  • Lidah kucing, kue kering yang legendaris dan jadi primadona di momen spesial, bisa dibuat sendiri dengan mudah.
  • Bahan-bahan untuk lidah kucing pandan antara lain butter margarin, putih telur, gula halus, tepung terigu protein rendah, tepung maizena, dan pasta pandan.
  • Langkah-langkah pembuatan meliputi mencampur bahan-bahan, memasukkan adonan ke loyang, dan memanggang hingga matang.

Siapa sih yang gak kenal lidah kucing? Kue kering satu ini emang udah legend banget dan selalu jadi primadona di setiap momen spesial, terutama Lebaran. Rasanya yang manis dan renyah bikin siapapun ketagihan. Tapi, tahukah kamu ternyata bikin lidah kucing sendiri di rumah itu gampang banget.

Kali ini, ada resep rahasia buat lidah kucing pandan yang gak cuma cantik warnanya, tapi juga renyah, manis, dan pastinya bikin kamu gak bakal nyesel lho!

Bahan Lidah Kucing Pandan

Bahan-bahan :

  1. 150 gram butter margarin
  2. 2 butir putih telur
  3. 100 gram gula halus
  4. 200 gram tepung terigu protein rendah
  5. 50 gram tepung maizena
  6. pasta pandan secukupnya

Baca Juga: 5 Aneka Resep Kue Kering Goreng, Isian Toples Lebaran yang Simpel!

Cara Membuat Lidah Kucing Pandan

ilustrasi membuat adonan (YouTube.com/Abah Ambu)
  1. Siapkan wadah yang bersih dan kering. Masukkan 100 gram gula halus dan 150 gram butter, Pastikan butter dalam suhu ruang.
  2. Kocok adonan dengan mixer menggunakan kecepatan sedang selama 10 menit hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Adonan yang baik akan terasa ringan dan berjejak.
  3. Masukkan dua butir putih telur ke dalam adonan secara bertahap, sambil dikocok dengan mixer menggunakan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Pastikan putih telur tercampur sempurna dengan adonan agar tekstur lidah kucing tidak retak.
  4. Dalam wadah terpisah, ayak 250 gram tepung terigu protein rendah dan 30 gram tepung maizena.
  5. Masukkan campuran tepung yang sudah diayak ke dalam adonan butter dan putih telur secara bertahap, sambil diaduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Pastikan tidak ada adonan yang bergerindil.
  6. Tambahkan pasta pandan secukupnya dan aduk kembali hingga adonan berwarna hijau merata.
  7. Masukkan adonan lidah kucing ke dalam plastik segitiga atau piping bag. Jika tidak memiliki plastik segitiga, kamu dapat menggunakan plastik biasa dengan memotong ujungnya.
  8. Siapkan loyang yang telah diolesi dengan mentega tipis. Semprotkan adonan ke atas loyang dengan bentuk memanjang menyerupai lidah kucing. Atur jarak antar lidah kucing agar tidak saling menempel saat dipanggang.
  9. Panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius selama sepuluh menit. Panggang lidah kucing selama kurang lebih dua puluh menit atau hingga matang dan berwarna kuning keemasan.
  10. Angkat lidah kucing dari oven dan biarkan dingin di atas rak kawat.

Verified Writer

Rismawati

Have a nice day

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya