Comscore Tracker

Resep Fruit Pastry Cake yang Simpel dan Menyehatkan, Gluten Free!

Menggunakan bahan-bahan yang sehat lho

Membuat Fruit Pastry Cake yang nikmat menggunakan resep yang sering dipakai kebanyakan orang memang sudah mainstream. Memang akan menghasilkan kue yang enak, namun mengandung lemak, gluten dan memiliki kalori tinggi yang tidak cukup baik untuk kesehatan, apalagi jika kamu sedang diet.

Sebenarnya ada beberapa bahan yang harus diganti dengan bahan lain yang terbilang lebih menyehatkan dalam membuat Fruit Pastry Cake.

Mengganti beberapa bahan dengan menambahkan bahan sehat seperti tepung bebas gluten, putih telur, serta minyak zaitun, yang tentunya membuat kue tersebut terasa nikmat namun menyehatkan.

Nah, bagaimana cara pengolahannya? Berikut ini resep Fruit Pastry Cake yang simpel dan menyehatkan yang bisa kamu coba. Yuk, simak!

Baca Juga: Resep Telur Balado Pedas Manis ala Warteg yang Enak dan Anti Ribet

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Fruit Pastry Cake yang Simpel dan Menyehatkan, Gluten Free!ilustrasi bahan yang digunakan (pexels.com/KlausNielsen)

Bahan utama:

  • 20 gr tepung tapioka
  • 20 gr tepung beras
  • 20 gr tepung maizena
  • ½ sdt baking powder
  • 40 ml minyak zaitun
  • 130 gr putih telur
  • 60 gr gula pasir
  • ½ sdt vanilla extract
  • 1 sdm plain yogurt
  • 1 sdt air lemon.
Bahan topping:
  • 5 buah stroberi, tiap buah dibelah dua
  • 1 buah naga, potong kecil-kecil
  • 10 butir daging jeruk manis
  • 10 butir kismis.

2. Kocok putih telur bersama bahan lain

Resep Fruit Pastry Cake yang Simpel dan Menyehatkan, Gluten Free!ilustrasi kocok putih telur dan bahan lain (pexels.com/PavelDanilyuk)

Kocok putih telur, air lemon, yogurt, vanilla dan gula di dalam bowl menggunakan alat mixer. Kamu juga dapat menggunakan alat kocok manual, tetapi agar praktis dan hasil sempurna sebaiknya menggunakan alat mixer, ya. Kocok sekitar kurang lebih 5 menit, dan pastikan sampai bahan menyatu dan mengembang berwarna putih. 

3. Masukan tepung dan baking powder

Resep Fruit Pastry Cake yang Simpel dan Menyehatkan, Gluten Free!ilustrasi masukan tepung dan baking powder (pexels.com/PolinaTankilevitch)

Setelah bahan mengembang berwarna putih, masukkan tepung beras, tepung tapioka dan tepung maizena dengan cara di ayak agar tidak ada yang menggumpal. Setelah itu, kocok lagi beberapa menit menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sampai adonan terlihat bercampur rata.

Tambahkan baking powder, lalu aduk terus sampai teksturnya menjadi adonan kental. Tambahkan minyak zaitun pada adonan tersebut sebagai pengganti mentega, lalu kocok hingga bercampur rata.

4. Masukkan adonan ke loyang dan tambahkan topping

Resep Fruit Pastry Cake yang Simpel dan Menyehatkan, Gluten Free!ilustrasi masukkan adonan ke loyang dan tambahkan topping (pexels.com/AnnaShvets)

Siapkan loyang berukuran 20×20 cm yang sudah dilapisi baking paper. Masukan adonan yang sudah bercampur kental tadi ke dalam loyang, lalu ratakan permukaannya. 

Tambahkan topping potongan buah stroberi, buah naga, kismis dan buah jeruk ke atas permukaan adonan. Susun potongan buah di atas permukaan adonan semenarik mungkin, lalu siap untuk dipanggang.

5. Panggang adonan dan hidangkan setelah matang

Resep Fruit Pastry Cake yang Simpel dan Menyehatkan, Gluten Free!ilustrasi memanggang adonan (pexels.com/cottonbro)

Panaskan oven dengan suhu 180° celius. Masukan loyang berisi adonan yang siap dipanggang tersebut ke dalam oven. Panggang selama kurang lebih 20 menit hingga matang.

Setelah kue dirasa matang, angkat kue dari dalam oven, lalu letakkan dan dinginkan sebentar kue di atas piring. Hidangkan dan nikmati Fruit Pastry Cake bersama keluarga tercinta.

Kamu dapat berkreasi membuat Fruit Pastry Cake dengan bahan dan topping lain sesuai seleramu. Tapi yang pasti resep Fruit Pastry Cake di atas menyehatkan dan rasanya tentu nikmat, lho. Semoga resep di atas jadi referensi bagi kamu yang ingin berkreasi membuat kue dalam mengisi waktu libur akhir pekan.

Baca Juga: 5 Resep Kue Pandan Berbahan Tapai Singkong yang Harum dan Manis

Mardiansyah Saputra Photo Community Writer Mardiansyah Saputra

Jika engkau tak ada lagi di dunia, tulisan adalah salah satu jejak mu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya