Comscore Tracker

Penting Diketahui! Beda Gejala Virus Corona, Influenza dan Flu Biasa 

Masa inkubasi virus hingga 14 hari

Semarang, IDN Times - Anda perlu tahu gejala virus corona yang saat ini mewabah yang membedakannya dengan flu biasa. Novel Coronavirus (2019-nCov) atau virus corona telah menjangkiti dua orang warga Indonesia.

Dua orang di Indonesia dilaporkan terkena virus corona. Dua orang tersebut yakni merupakan seorang ibu dan putrinya.  

Presiden Joko "Joko" Widodo mengumumkan kasus pertama virus corona Covid-19 di Indonesia. Jokowi menyampaikan, kasus tersebut diketahui pemerintah setelah adanya isu warga negara asing (WNA) Jepang yang positif terkena virus corona setelah berkunjung ke Indonesia.

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/3).

Ketakutan terhadap penyebaran virus corona yang mewabah pemerintah Tiongkok melakukan isolasi di kota Wuhan dan kota-kota sekitarnya. Negara-negara lain termasuk juga di Indonesia juga melakukan pengamanan ketat di bandara maupun pelabuhan mencegah virus tersebut masuk ke wilayahnya.

Kekhawatiran ini karena virus corona memiliki gejala yang mirip dengan penyakit-penyakit terkait sistem pernapasan lainnya seperti influenza atau flu yang gampang menular dan sulit membedakan antara virus corona atau flu biasa.

Baca Juga: Virus Corona Bisa Sembuh, Tips Mencegah Coronavirus Menurut Dosen UNS 

1. Lima cara penularan virus corona yang perlu Anda ketahui

Penting Diketahui! Beda Gejala Virus Corona, Influenza dan Flu Biasa (IDN Times/Arief Rahmat)

Virus corona dengan sangat cepat dapat menular, dilansir dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, terdapat lima cara penularan virus corona dari manusia ke manusia lainnya. 

  • Transmisi dari cairan: air dapat membawa virus dari pasien ke orang lain yang berada dalam jarak sekitar satu meter. Air yang dimaksud biasanya berupa cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk, dan bersin;
  • Transmisi dari udara: virus corona bisa menyebar dalam jarak jauh melalui udara. Cara ini sama dengan cara virus flu, SARS, variola, dan norovirus menular dari satu orang ke orang lainnya;
  • Transmisi kontak: virus dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit atau selaput lendir (seperti mata, lidah, luka terbuka, dan lain-lain). Transmisi juga bisa berlangsung melalui darah yang masuk ke tubuh atau mengenai selaput lendir;
  • Transmisi dari hewan: orang yang mengolah, menjual, dan mendistribusikan hewan liar yang membawa virus corona dapat tertular melalui kontak tersebut;
  • Kontak dekat dengan pasien: keluarga, orang yang tinggal serumah, petugas medis, atau bahkan orang yang sempat berada dekat dengan pasien rentan untuk tertular. 

2. Cara membedakan gejala virus corona dan penyakit influenza

Penting Diketahui! Beda Gejala Virus Corona, Influenza dan Flu Biasa Seorang staf medis merawat seorang pasien dengan pneumonia yang disebabkan oleh virus corona baru di Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan, di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, pada 22 Januari 2020. Foto diambil tanggal 22 Januari 2020. ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS

Virus corona memiliki masa inkubasi sekitar tujuh hari. Gejala coronavirus atau juga disebut Flu Wuhan ini dapat muncul kapan saja dari dua hingga tiga hari atau bahkan hingga 12 hari setelah infeksi.

Dilansir dari China Press berikut perbedaan Gejala virus corona pilek atau flu biasa dan influenza yang mesti Anda ketahui:

Pilek atau flu biasa

  • Pilek biasa terjadi ketika seseorang terkena infeksi virus pada hidung dan tenggorokan. Biasanya pilek biasa tidak berbahaya.
  • Yang tubuh rasakan saat pilek yakni batuk, bersin, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, tubuh terasa lelah sakit kepala ringan dan demam ringan
  • Saat tubuh terserang pilek ingus akan berbentuk cair dan setelah dua atau tiga hari ingus menjadi lebih tebal dan berwarna kuning atau hijau.
  • Pilek biasanya sembuh dalam lima hingga tujuh hari

Influenza

  •  Influenza menyerang biasanya secara tiba-tiba
  • Beberapa gejala demam dan perasaan dingin yang ekstrem (menggigil, gemetar), batuk, hidung tersumbat, nyeri tubuh, terutama sendi dan tenggorok, kelelahan, nyeri kepala, iritasi mata, mata berair, mata merah, kulit merah (terutama wajah), serta kemerahan pada mulut, tenggorok, dan hidung, demam tinggi hingga 40 derajat celsius
  • Jika tidak diobati, situasinya dapat memburuk menjadi pneumonia (radang paru-paru).

Virus corona

  • Gejala infeksi virus corona memiliki kesamaan dengan gejala penyakit pernapasan umum yakni demam, batuk kering, sesak napas dan kesulitan bernapas.
  • Namun, terkadang tidak ada demam.
  • Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat memburuk menjadi pneumonia, sindrom pernapasan akut yang parah, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

3. Yang dirasakan orang yang terinfeksi virus corona hari demi hari

Penting Diketahui! Beda Gejala Virus Corona, Influenza dan Flu Biasa Personel Satgas Mobile COVID-19 memeriksa kondisi pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di ruang isolasi Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/3/2020) (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/foc.)

Penelitian dari Pusat Pengendalian Penyakit China menunjukkan bahwa sekitar 80 persen orang yang terpapar hanya mengalami kasus virus corona ringan. Sekitar 15 persen pasien menderita kasus yang parah, dan 5 persen menjadi sakit kritis.

Begini cara gejala dan yang dirasakan oleh orang yang terjangkit virus corona dari hari ke hari mengutip dari bussines insider

  • Hari 1: Pasien mengalami demam atau suhu tinggi. Mereka juga mungkin mengalami kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Sebagian kecil mungkin mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya.
  • Hari 5: Pasien mungkin mengalami kesulitan bernafas terutama jika mereka orang yang sudah lanjut usia atau memiliki penyakit yang yang sebelumnya telah kronis
  • Hari 7: Ini adalah waktu rata-rata, sebelum pasien dirawat di rumah sakit. Menurut penelitian Universitas Wuhan di hari ketujuh inilah gejala mulai semakin parah, pasien biasanya perlu dirawat di hari ketujuh.
  • Hari 8: Pada titik ini, pasien dengan kasus yang parah memperlihatkan sindrom gangguan pernapasan akut, yang terjadi yakni paru-parunya dipenuhi cairan dan kesulitan bernafas sehingga menyebabkan gagal nafas dan berakibat sangat fatal
  • Hari 10: Jika pasien menunjukkan gejala yang terus memburuk, ini adalah waktu dalam perkembangan penyakit ketika pasien tersebut kemungkinan besar akan dirawat di ICU. Pasien-pasien ini mungkin mengalami sakit perut dan kehilangan nafsu makan untuk para pasien dengan kasus yang lebih ringan. Hanya sebagian kecil yang mati: Tingkat kematian saat ini berkisar sekitar 2 persen.
  • Hari 17: Rata-rata, orang yang sembuh dari virus dikeluarkan dari rumah sakit setelah menjalani perawatan selama 2,5 minggu.

4. Langkah preventif dan pencegahan terinfeksi virus corona

Penting Diketahui! Beda Gejala Virus Corona, Influenza dan Flu Biasa (IDN Times/Arief Rahmat)

Berikut adalah beberapa langkah preventif pencegahan virus corona

1. Sering bilas tangan Anda dengan sabun dan air
2. Hindari menyentuh mata, mulut, atau hidung Anda dengan tangan yang tidak bersih.
3. Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang tidak sehat.
4. Pakailah masker saat beraktivitas di luar ruangan dan di tempat-tempat umum
5. Jika Anda merasakan gejala seperti flu, segera periksa diri Anda.
6. Cukup beristirahat
7. Perbanyak minum air putih

5. Pergilah ke dokter saat merasakan gejala flu tersebut

Penting Diketahui! Beda Gejala Virus Corona, Influenza dan Flu Biasa Istock photos

Terkait mewabahnya virus corona yang telah menelan korban jiwa, Anda harus waspada terutama jika baru saja kembali dari Wuhan atau daerah lainnya di China. Anda juga mesti waspada setelah melakukan kontak dengan siapa saja yang baru saja bepergian dari China.

Pantau kesehatan selama 14 hari untuk melihat apakah gejalanya masih ada dan segera pergi ke rumah sakit jika merasakan gejala-gejala tersebut. Pergilah ke dokter dan lakukan tes yang lebih akurat jika Anda tidak yakin dengan gejala-gejala yang Anda rasakan.

Baca Juga: Saat Dunia Geger Virus Corona, Indonesia Malah Heboh King of The King

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya