Comscore Tracker

Gejala Corona Hari Pertama dan Berapa Hari Masa Inkubasi COVID-19

Virus corona menurut WHO yang harus diketahui

Apa yang dirasakan oleh orang yang terinfeksi virus corona di hari pertama? dan berapa hari masa inkubasi COVID-19? Barangkali ini yang ada di benak banyak orang saat ini.

Sebuah penelitian terhadap para penderita virus corona di Wuhan menyebutkan beberapa kondisi gejala COVID-19 dari hari ke hari, mulai dari demam, batuk hingga sesak nafas.   

Seperti apa gejala corona awal dan pencegahan virus corona? 

Baca Juga: Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

1. Berapa hari masa inkubasi COVID-19 atau virus corona

Gejala Corona Hari Pertama dan Berapa Hari Masa Inkubasi COVID-19freepik.com

Berapa hari masa inkubasi COVID-19? jika dibandingkan dengan influenza masa inkubasi COVID-19 lebih lambat. Influenza yakni menunjukkan gejala tiga sampai lima hari, sementara interval serial untuk virus corona diperkirakan 5-6 hari.

Untuk kecepatan penularan menurut WHO ada orang yang telah terinfeksi COVID-19 dapat menularkan virus corona 24-48 jam sebelum timbulnya gejala. Jumlah infeksi sekunder dari satu orang yang terinfeksi COVID-19 juga lebih tinggi daripada influenza, yakni antara 2 dan 2,5 orang.

2. Gejala terinfeksi virus corona yang perlu kalian waspadai

Gejala Corona Hari Pertama dan Berapa Hari Masa Inkubasi COVID-19Ilustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk gejala terinfeksi COVID-19 data menunjukkan bahwa 80 persen infeksi ringan atau tanpa gejala, 15 persen infeksi parah membutuhkan oksigen dan 5 persen infeksi kritis, memerlukan ventilasi.

Berikut gejala-gejala yang dirasakan orang yang terinfeksi virus corona 

- Gejala infeksi virus corona memiliki kesamaan dengan gejala penyakit pernapasan umum yakni demam, batuk kering, sesak napas dan kesulitan bernapas.
- Namun, terkadang tidak ada demam.
- Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat memburuk menjadi pneumonia, sindrom pernapasan akut yang parah, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

3. Yang dirasakan orang yang terinfeksi COVID-19 dari hari pertama hingga hari ke-17

Gejala Corona Hari Pertama dan Berapa Hari Masa Inkubasi COVID-19medicalnewstoday.com

Penelitian dari Pusat Pengendalian Penyakit China menunjukkan bahwa sekitar 80 persen orang yang terpapar hanya mengalami kasus virus corona ringan. Sekitar 15 persen pasien menderita kasus yang parah, dan 5 persen menjadi sakit kritis.

Begini cara gejala dan yang dirasakan oleh orang yang terjangkit virus corona dari hari ke hari mengutip dari busines insider

Hari 1: Pasien mengalami demam atau suhu tinggi. Mereka juga mungkin mengalami kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Sebagian kecil mungkin mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya.


Hari 5: Pasien mungkin mengalami kesulitan bernafas terutama jika mereka orang yang sudah lanjut usia atau memiliki penyakit yang yang sebelumnya telah kronis

Hari 7: Ini adalah waktu rata-rata, sebelum pasien dirawat di rumah sakit. Menurut penelitian Universitas Wuhan di hari ketujuh inilah gejala mulai semakin parah, pasien biasanya perlu dirawat di hari ketujuh.

Hari 8: Pada titik ini, pasien dengan kasus yang parah memperlihatkan sindrom gangguan pernapasan akut, yang terjadi yakni paru-parunya dipenuhi cairan dan kesulitan bernafas sehingga menyebabkan gagal nafas dan berakibat sangat fatal

Hari 10: Jika pasien menunjukkan gejala yang terus memburuk, ini adalah waktu dalam perkembangan penyakit ketika pasien tersebut kemungkinan besar akan dirawat di ICU. Pasien-pasien ini mungkin mengalami sakit perut dan kehilangan nafsu makan untuk para pasien dengan kasus yang lebih ringan. Hanya sebagian kecil yang mati: Tingkat kematian saat ini berkisar sekitar 2 persen.

Hari 17: Rata-rata, orang yang sembuh dari virus dikeluarkan dari rumah sakit setelah menjalani perawatan selama 2,5 minggu.

4. Orang lanjut usia merupakan kelompok yang rentan terhadap penularan virus corona

Gejala Corona Hari Pertama dan Berapa Hari Masa Inkubasi COVID-19Pixabay.com/sebinevanerp

Berdasarkan penelitian dari lembaga kesehatan dunia WHO virus COVID-19, menurut data awal menunjukkan bahwa anak-anak kurang terpengaruh dibandingkan orang dewasa.

Tingkat serangan klinis pada kelompok usia 0-19 tahun tergolong rendah. Data awal dari studi transmisi atau penularan di dalam rumah tangga di Tiongkok menunjukkan bahwa anak-anak terinfeksi dari orang dewasa.

Mereka yang berisiko terkena infeksi COVID-19 yakni orang dengan usia yang lebih tua dan memiliki penyakit bawaan yang mendasari meningkatkan risiko infeksi parah.

golongan yang ternyata lebih rentan daripada lainnya. Siapa sajakah itu? Berikut di antaranya:

  • Orang lanjut usia, terutama yang punya riwayat penyakit kronis;
    Wanita hamil;
  • Orang dengan disfungsi hati dan ginjal.
  • Sementara itu, anak-anak merupakan golongan orang yang paling kecil kemungkinannya untuk terserang virus ini.

5. Pencegahan virus corona

Gejala Corona Hari Pertama dan Berapa Hari Masa Inkubasi COVID-19twitter.com/health_pei

Seperti selalu menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, penggunaan masker bagi yang telah terinfeksi dan juga etika pernapasan yang baik yakni batuk ke siku.

Berikut adalah beberapa langkah preventif pencegahan virus corona

1. Sering bilas tangan Anda dengan sabun dan air
2. Hindari menyentuh mata, mulut, atau hidung Anda dengan tangan yang tidak bersih.
3. Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang tidak sehat.
4. Pakailah masker saat beraktivitas di luar ruangan dan di tempat-tempat umum
5. Jika Anda merasakan gejala seperti flu, segera periksa diri Anda.
6. Cukup beristirahat
7. Perbanyak minum air putih
8. Meningkatkan imunitas tubuh dengan makan-makanan bergizi dan
9. Suplai vitamin untuk tubuh

6. Pengobatan COVID-19

Gejala Corona Hari Pertama dan Berapa Hari Masa Inkubasi COVID-19shutterstock.com/miksaevich

Sementara ini ada sejumlah terapi yang masih dalam uji klinis di Cina dan lebih dari 20 vaksin dalam pengembangan untuk COVID-19. Pasalnya untuk saat ini tidak ada vaksin berlisensi atau terapi untuk COVID-19.

Pihak Tiongkok kini tengah melakukan penelitian untuk pengembangan vaksin virus corona, begitu juga dengan Amerika Serikat dan Jerman. Penilitan tersebut diperkirakan bakal memakan waktu hingga 1,5 tahun sebelum akhirnya obat tersebut bisa dikonsumsi untuk umum. 

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN : Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com (http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona)

Baca Juga: Tanda-tanda Orang Hidden Carrier, Nampak Sehat Tapi Bawa Virus Corona

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya