Comscore Tracker

5 Manfaat Teh Hitam Untuk Tubuh, Cegah Kanker Payudara Hingga Jantung

Minum tiga cangkir teh hitam dan rasakan keajaibannya

Minuman teh merupakan salah satu minuman yang populer di dunia, sama hal nya dengan kopi. Dimana setiap negara memiliki cita rasa teh yang beragam jenis, mulai dari teh hijau, teh putih, dan teh hitam. Bahkan disetiap jenis teh memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Menurut laman Organics Facts, teh hitam memiliki beragam manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Dimana teh hitam kaya akan polifenol dan katekin yang membantu mencegah kerusakan DNA dan mencegah kanker.

1. Mencegah kanker payudara

5 Manfaat Teh Hitam Untuk Tubuh, Cegah Kanker Payudara Hingga JantungIlustrasi Lingkar Dada (IDN Times/Sukma Shakti)

Memiliki kandungan theaflavins, teh hitam menghancurkan sel abnormal pada tubuh, terlebih para wanita yang memasuki fase monopause. Teh hitam juga menaikkan kadar globulin pada hormon saat periode menstruasi, sehingga meminum tah ini secara rutin bisa mencegah tumbuhnya kanker payudara.

Tak hanya itu, minum teh hitam juga membantu mengurangi risiko kanker ovarium. Teh hitam mengandung teaflavin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

5 Manfaat Teh Hitam Untuk Tubuh, Cegah Kanker Payudara Hingga Jantungfinancialexpress.com

Teh hitam membantu meningkatkan kesehatan jantung, kandungan flavon ditemukan dalam teh hitam. Para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa minum 3 cangkir teh hitam atau lebih sehari dapat membantu mengurangi risiko yang merusak arteri koroner.

Menurut Boston’s School of Medicine, teh hitam mengembalikan fungsi pembuluh darah yang abnormal. Terganggunya fungsi aliran darah dapat menyebabkan stroke dan gangguan fungsi kardiovaskular lain. Teh hitam mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mengurangi risiko diabetes dan kolesterol

5 Manfaat Teh Hitam Untuk Tubuh, Cegah Kanker Payudara Hingga Jantungdiabetesandtheheart.com

Para ilmuwan telah menemukan bahwa minum teh hitam dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, kandungan catechin dan teaflavin berguna sekali untuk meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengolah glukosa.

Tak hanya itu, Menurut studi American Heart Association di New Orleans, juga mengungkapkan konsumsi teh hitam bisa menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung fatal. Studi ini juga menemukan, mereka yang minum 3-4 cangkir teh hitam setiap hari punya risiko masalah jantung lebih rendah daripada mereka yang tidak minum sama sekali.

4. Mengobati diare

5 Manfaat Teh Hitam Untuk Tubuh, Cegah Kanker Payudara Hingga Jantunghonestdocs.id

Teh hitam mengandung tanin yang bersifat antibakteri. Bagi penderita diare, sebaiknya minum teh hitam tanpa tambahan pemanis untuk manfaat maksimal.

Selain itu, para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa zat antioksidan dan nutrisi lain yang ditemukan dalam teh hitam memiliki sifat antimikroba. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan untuk menjaga tubuh terjangkit beragam bakteri.

5. Meringankan penyakit asma

5 Manfaat Teh Hitam Untuk Tubuh, Cegah Kanker Payudara Hingga Jantunggambar

Para peneliti telah menemukan bahwa flavonoid dalam teh hitam memiliki efek yang menguntungkan pada penderita asma. Dimana minum secangkir teh hitam panas dapat membantu melebarkan jalan nafas sehingga pasien asma dapat bernapas lebih leluasa.

Teh hitam juga dapat mengurangi hormon stres dalam tubuh dan brfungsi juga mrerilekskan sistm saraf.

Itulah deretan manfaat teh hitam untuk tubuh, ternyata minum teh dapat mencegah dan meringankan berbagai keluhan penyakit mulai dari mencegah kanker payudara, penyakit jantung, diabetes dan kolesterol tinggi hngga mengobati diare. Semoga bermanfaat 

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya