Comscore Tracker

10 Film Samurai Terbaik, Hadirkan Aksi Epik

Tak hanya film produks negara Jepang saja, lho!

Samurai atau dalam bahasa Jepang disebut bushi, adalah bangsawan militer abad pertengahan dan awal-modern Jepang. Samurai adalah salah satu kelas sosial pada masyarakat Jepang feodal. Berasal dari kata "Saburau" yang berarti untuk melayani, itu artinya seorang samurai bekerja untuk melayani seseorang.

Kisah-kisah tentang samurai sering kali diadaptasi ke layar lebar. Era keemasan film samurai terjadi pada 1950-an dan 60-an, khususnya pada masa sutradara Akira Kurosawa.

Tapi dalam beberapa tahun terakhir, kisah tentang samurai kembali dibuat dan sukses di pasaran. Berikut adalah 10 film samurai terbaik dalam 2 dekade terakhir.

Baca Juga: 12 Samurai Paling Legendaris di Jepang, Sehebat Apa Mereka?

1. The Twilight Samurai (2002)

https://www.youtube.com/embed/op4KVD-9p2Q

Film rilisan 2002 berjudul The Twilght Samurai dibintangi oleh aktor asal Jepang, Hiriyuki Sanada. Menceritakan kisah Seibei (Sanada), seorang samurai berpangkat rendah, dia sangat miskin namun hidup bahagia bersama kedua putrinya.

Seibei merupakan seorang duda, ia memiliki hubungan yang dekat dengan mantan kekasihnya, namun statusnya sebagai seorang samurai bisa mengancam hubungannya.

Ini bukan film samurai yang dipenuhi dengan aksi adu pedang atau kekerasan, tetapi lebih ke arah drama dan romansa. Sisi humanis dari seorang samurai diperlihatkan di sini. Film ini sangat dipuji saat dirilis dan menerima nominasi di ajang Academy Award ke-76 untuk kategori Best Foreign Languange Film.

2. When the Last Sword is Drawn (2002)  

https://www.youtube.com/embed/atm97D5xRyY

Lebih dari sekadar film aksi adu pedang, film ini adalah kisah tentang seorang pria yang rela melakukan apa saja demi kebaikan keluarganya, bahkan jika itu berarti dia tidak akan pernah bisa melihat keluarganya lagi.

Ketika seorang pria tidak bisa lagi menafkahi keluarganya, dia berkomitmen pada klan samurai yang terkenal kejam.

Bekerja dengan klan samurai ini, ia mendapatkan bayaran yang tinggi dan keluarganya tetap diberi makan. Namun, tindakan yang ia lakukan bertentangan dengan nilai-nilainya dan membuatnya semakin jauh dari keluarganya.

3. Zatoichi (2003)  

https://www.youtube.com/embed/z6ov1-dJXAk

Film ini ditulis, disutradarai dan diperankan oleh aktor kawakan asal Jepang, Takeshi Kitano. Zatoichi mengisahkan seorang seorang samurai dengan keadaan buta bernama Zatoichi. Zatoichi sendiri merupakan karakter samurai terkenal dari tahun 60-an hingga 80-an.

Takeshi Kitano sendiri yang memainkan karakter tersebut, seorang samurai yang tiba di sebuah desa kecil yang dikuasai oleh kelompok bandit.

Mengambil profesi sebagai tukang pijat yang rendah hati, Zatoichi mengajari penduduk desa untuk membela diri dari penindasan dari kelompok bandit tersebut.

4. The Last Samurai (2003)  

https://www.youtube.com/embed/T50_qHEOahQ

Film samurai tak hanya berasal dari Jepang, tapi Hollywood juga memproduksi film bertemakan samurai. The Last Samurai megisahkan seorang tentara Amerika Serikat, Nathan Algren (Tom Cruise), yang disewa Jepang untuk melatih tentara mereka untuk melawan samurai dalam pemberontakan yang akan datang.

Namun, Algren malah membelot dan berpihak pada samurai saat dia mengetahui kekejaman yang dilakukan oleh pemerintah Jepang. 

5. The Hidden Blade (2004)

https://www.youtube.com/embed/WOMCbPAAfAY

Merupakan sekuel dari The Twilight Samurai, The Hidden Blade berfokus pada karakter yang berbeda tetapi dengan premis yang sama dengan pendahulunya. Seperti The Twilight Samurai, The Hidden Blade menggabungkan aksi adu pedang dengan kisah percintaan dan emosional.

Munezo Katagiri (Masatoshi Nagase) yang merupakan samurai kelas bawah dipaksa berpisah dari wanita yang ia cintai, karena menyukai perempuan dianggap melarang aturan dari seorang samurai.

Katagiri ditugaskan untuk membunuh temannya, Yaichiro Hazama (Yukiyoshi Ozawa), seorang yang sedang merencanakan aksi pemberontakan terhadap pemerintah.

6. Love and Honor (2006)  

https://www.youtube.com/embed/vT1UubhEj4c

Film terakhir dalam trilogi Samurai karya Yoji Yamada, setelah The Twilight Samurai dan The Hidden Blade. Seperti dua film sebelumnya, Love and Honor hadir dengan kisah baru dan pemeran yang berbeda.

Film ini mengisahkan samurai tingkat rendah, seorang pencicip makanan untuk kerajaan. Sebuah insiden terjadi ketika makanan yang salah disiapkan membuatnya buta, itu membuat hubungan sang samurai dengan istrinya menjadi tegang. 

7. Sword of the Stranger (2007)

https://www.youtube.com/embed/ECRj6TKwPBg

Bosan dengan film samurai live action? Jika iya, maka yang satu ini bisa jadi pilihan kamu. Sebuah film yang dinomasikan dalam kategori Best Animated Feature di ajang Academy Award ke-81.

Sword of the Stranger merupakan film animasi atau anime yang mengangkat kisah tentang seorang samurai pengembara atau disebut juga sebagai ronin.

Mengisahkan tentang seorang ronin bernama Nanashi (Tomoya Nagase) yang bertemu dengan seorang anak yatim piatu bernama Kotaro (Yuuri Chinen).

Kotaro selalu membawa anjing miliknya bernama Tobimaru. Mengetahui bahwa pelaku kejahatan sedang mengejar Kotaro, Nanashi setuju untuk melindungi Kotaro beserta Tobimaru dan membawanya ke kuil Buddha.

8. 13 Assassins (2010)  

https://www.youtube.com/embed/Xpm007vne54

Film tentang samurai yang dibuat oleh Takashi Miike dan sebuah remake dari film 13 Assassins yang rilis tahun tahun 1963.

Mengisahkan tentang 12 samurai dan seorang pemburu yang merencanakan aksi pembunuhan terhadap seorang raja sebelum sang raja tersebut mendapatkan kekuasaan yang lebih tinggi di pemerintahan.

9. Hara-Kiri: Death of a Samurai (2011)  

https://www.youtube.com/embed/29El4phRPaw

Film berjudul Harakiri yang rilis pada tahun 1962 merupakan salah satu film samurai terbaik sepanjang masa dan memiliki pengaruh besar dalam film-film samurai ke depannya.

Pada tahun 2011, dibuat sebuah film remake yang diarahkan oleh filmmaker terkenal asal Jepang, Takashi Miike, berjudul Hara-Kiri: Death of a Samurai yang didasarkan pada film Harakiri.

Hara-Kiri: Death of a Samurai menceritakan kisah seorang samurai yang tiba di tanah bangsawan. Sang samurai itu bertanya apakah dia boleh melakukan ritual bunuh diri di tempat tersebut. 

10. Rurouni Kenshin (2012)  

https://www.youtube.com/embed/f8cFqHeUVMs

Sebuah film hasil adaptasi dari Manga berjudul sama. Rurouni Kenshin mengisahkan seorang pengembara bernama Kenshin Himura (Takeru Satoh), yang berkeliaran di Jepang untuk melakukan penebusan dosa atas pembunuhan yang dia lakukan selama perang. Kenshin membantu mereka yang membutuhkan, ia mengumpulkan beberapa teman saat mereka berencana untuk mengakhiri pemerintahan Jepang yang menindas kaum yang lemah.

Film ini terbukti sukses besar baik di Jepang maupun di luar negeri. Menghasilkan tiga sekuel yang mengisahkan Kenshin dan teman-temannya dan sebuah prekuel yang menceritakan tentang latar belakang sang battousai.

Dari film-film di atas, kita bisa tahu bahwa seorang samurai juga merupakan manusia yang punya perasaan dan hati, bukan hanya sekedar orang yang ahli pedang dan tangguh dalam bertarung. Gimana, kamu sudah pernah nonton film yang mana aja?

Baca Juga: 7 Game Bertema Samurai Terbaik yang Harus Kamu Jajal

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya