Comscore Tracker

10 Pelajaran Hidup Dari Film Marvel Cinematic Universe, Penuh Makna!  

Banyak hal positif tentang kehidupan dari film-film MCU lho

Marvel Cinematic Universe merupakan jagat sinema terbaik dalam dua dekade terakhir. Dengan menyajikan jalan cerita yang menarik serta dengan spesial efek yang memukau dan aktor-aktor ternama, wajar jika MCU meraih pendapatan yang sangat besar.

Namun MCU tak hanya menyajikan jalan cerita yang menarik, tetapi dalam film-film MCU juga terdapat nilai-nilai moral didalamnya. Dan dibawah ini adalah 10 pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari film-film Marvel Cinematic Universe.

Baca Juga: 10 Villain Terlemah, Musuh Para Superhero Marvel Cinematic Universe

1. Pertahankan sesuatu yang kamu percayai   

10 Pelajaran Hidup Dari Film Marvel Cinematic Universe, Penuh Makna!  ew.com

Salah satu karakter paling ikonik di MCU pastinya adalah Captain America. Meskipun ia tampak seperti pahlawan super yang paling lemah karena kurangnya kekuatan super, namun Captain America memiliki kepribadian yang teguh. Steve Rogers selalu membela apa yang dia yakini. Bahkan ketika orang lain tidak setuju.

Ini adalah keseluruhan tema Captain America: Civil War. Tony dan Steve sama-sama memiliki pandangan berbeda tentang masalah Kesepakatan Sokovian. kamu juga harus selalu membela apa yang kamu yakini meskipun itu adalah pendapat yang kadang tidak bisa diterima semua orang.

2. Jangan mudah menyerah  

10 Pelajaran Hidup Dari Film Marvel Cinematic Universe, Penuh Makna!  screenrant.com

Sekali lagi, masih banyak hal yang bisa dipelajari dari sosok Captain America. Kalimatnya yang paling ikonik adalah I can do this all day. Kalimat ini menunjukkan kepada kita keengganan Cap untuk mundur bahkan ketika dia telah kalah.

Kita mungkin tidak pernah melawan Chitauri atau Thanos dan anak-anaknya, tapi kita harus melawan keinginan untuk menyerah. Kamu mungkin menghadapi masa-masa sulit dan mendapati banyak rintangan serta halangan tetapi kamu harus bertahan.

3. Bersama lebih baik  

10 Pelajaran Hidup Dari Film Marvel Cinematic Universe, Penuh Makna!  addicted2success.com

Dari tim Avengers yang ikonik dan sangat terkenal hingga Guardians of the Galaxy, diseluruh Marvel Cinematic Universe, kerjasama tim adalah kuncinya. Sejak awal, mulai dari film The Avengers hingga film terakhir Avengers: Endgame, selalu tentang kerja tim.

Bayangkan seperti apa Avengers jika mereka memutuskan tidak lagi membutuhkan Thor atau Black Widow atau bayangkan jika Guardian of The Galaxy memutuskan bahwa mereka tidak membutuhkan Gamora atau Star-Lord!

Ini mengajarkan kita untuk menghargai tim kita. Baik itu kelompok yang mengerjakan proyek sekolah atau tim olahraga kamu, hargai anggota tim yang lain. Setiap orang memiliki peran penting. Karena itu, pastikan setiap orang memiliki peran khusus dalam tim. Avengers bahkan tidak akan berhasil jika bukan karena mereka semua, seperti yang ditunjukkan pada Avengers: Endgame dalam adegan pertempuran yang sangat epik.

4. Terkadang sesama teman pun pertengkaran tak bisa dihindari  

10 Pelajaran Hidup Dari Film Marvel Cinematic Universe, Penuh Makna!  businessinsider.com

Seperti pada point sebelumnya, baik Steve dan Tony tidak setuju satu sama lain, mereka bertengkar. Ini bisa terjadi pada kita dengan teman-teman kita juga. Kita semua adalah orang yang berbeda dengan nilai dan standar moral yang berbeda, jadi kita terkadang tidak setuju, tetapi nilai sebenarnya berasal dari belajar untuk saling memaafkan.

Meskipun Tony dan Steve sering berselisih paham, mereka harus berbaikan untuk menyelamatkan dunia. Butuh beberapa saat bagi mereka untuk berdamai, tetapi akhirnya mereka melakukannya dan itulah hal yang terpenting. Hubungan kamu dengan teman-teman kamu tidak akan memengaruhi kepentingan dunia, tetapi itu memengaruhi dunia kamu.

5. Masa lalu tidak akan mendikte masa depan kamu  

10 Pelajaran Hidup Dari Film Marvel Cinematic Universe, Penuh Makna!  variety.com

Kita semua pernah membuat kesalahan, termasuk juga superhero. Sebelum Natasha menjadi Black Widow, dia dilatih sebagai pembunuh oleh KGB. Darah orang yang tidak bersalah ada di tangannya dan dia merasa bersalah karenanya. Karakter Natasha adalah salah satu favorit penggemar MCU karena dia harus belajar memaafkan dirinya sendiri dan bagaimana dia menerima hidupnya yang baru dengan keluarga barunya yakni Avengers.

Kamu juga melihat hal ini terwujud melalui Ant-Man yang memiliki latar belakang sebagai kriminal. Alih-alih membiarkan masa lalunya menentukannya, Scott Lang ingin menjadi versi terbaik dirinya untuk putrinya.

Meskipun kita mungkin belum dilatih sebagai pembunuh, kita semua pernah membuat kesalahan dalam hidup ini. Kita tidak boleh membiarkan kesalahan tersebut menentukan masa depan kita. Ya, memang penting untuk memaafkan teman kita, tapi penting juga untuk memaafkan diri sendiri.

6. Tertawa  

10 Pelajaran Hidup Dari Film Marvel Cinematic Universe, Penuh Makna!  comicbook.com

Ada begitu banyak hal negatif di dunia ini. Setiap karakter dalam MCU memiliki sifat lucu dengan caranya masing-masing. Tony Stark memiliki selera humor yang sangat bagus. Thor dan Loki juga cukup lucu dan bahkan Steve memiliki momen-momen lucunya sendiri.

Di dunia di mana begitu mudah untuk menjadi seorang dengan aura negatif dan sering marah, maka kamu harus jadi sebaliknya. Para pahlawan ini selalu melawan suatu bentuk kejahatan, namun mereka masih menemukan saat-saat untuk tertawa.

7. Usia bukanlah faktor penentu  

10 Pelajaran Hidup Dari Film Marvel Cinematic Universe, Penuh Makna!  usatoday.com

Peter Parker adalah seorang anak dari Queens yang masih duduk di bangku SMA dan entah bagaimana dia bisa terpilih menjadi Spiderman dan bergabung dalam Avengers. Tampaknya karena masih muda, tidak banyak yang dapat kita lakukan. Orang mungkin mengatakan bahwa anak muda tidak berguna, tetapi anak muda bisa melakukan banyak hal.

Ingatlah bahwa bahkan Spider-Man menemukan cara untuk membuktikan dirinya meskipun dalam skala yang kecil. Jangan takut untuk berbicara karena pendapat yang kamu berikan itu penting. Lagi pula, anak muda tak lama lagi akan segera menjadi orang yang bertanggung jawab.

8. Cewek juga bisa membela diri  

10 Pelajaran Hidup Dari Film Marvel Cinematic Universe, Penuh Makna!  metro.co.uk

Ini adalah salah satu tema yang paling banyak dibicarakan oleh fans dari MCU. Alih-alih menunjukkan bahwa hanya pria yang bisa menjadi pahlawan super, MCU telah memasukkan begitu banyak wanita yang kuat dan perkasa. Dari Black Widow, Scarlet Witch, Okoye dan Captain Marvel. Wanita-wanita ini tidak hanya untuk menjadi orang yang cantik atau romantis.

Mereka hadir untuk memperjuangkan apa yang mereka yakini sama seperti orang lain. Kamu juga harus seperti itu. Hanya karena kamu seorang perempuan bukan berarti kamu lebih lemah atau kurang kuat dari pria.

9. Kerendahan hati  

10 Pelajaran Hidup Dari Film Marvel Cinematic Universe, Penuh Makna!  stuff.co.nz

Pelajaran lain yang bisa dipetik dari Steve Rogers. Sebelum Steve menjadi pahlawan super, dia hanyalah seorang anak kecil dari Brooklyn. Tidak hanya itu, dia juga memiliki banyak masalah kesehatan. Karena situasinya, Steve tahu kerendahan hati, hal ini juga mengajarinya rasa belas kasih.

This is why you were chosen. Because the strong man who has known power all his life, may lose respect for that power, but a weak man knows the value of strength, and knows… compassion.


Kita juga harus ingat bahwa penampilan tidak terlalu penting dan begitu pula kekuatan fisik. Selalu apa yang ada di dalam hati yang terpenting.

10. Rasa cinta yang membuat kuat  

10 Pelajaran Hidup Dari Film Marvel Cinematic Universe, Penuh Makna!  indianexpress.com

Tema favorit banyak orang dari MCU adalah yang ini. Cinta bukan hanya tentang romantisme. Steve mencintai Peggy sama seperti Tony mencintai Pepper. Ya, Quill mencintai Gamora sama seperti Thor mencintai Jane, tetapi ada bentuk cinta lain yang sama pentingnya.

Ada cinta yang dimiliki orang tua untuk anak-anak mereka. Ada juga cinta yang dimiliki saudara satu sama lain. Seperti hubungan yang dimiliki Thor dan Loki atau yang dimiliki oleh Gamora dan Nebula. Atau cinta pada sahabat.

Cinta adalah tema yang telah tersebar di seluruh MCU. Jika Steve tidak mencintai Peggy, dia tidak akan kembali ke masa lalu untuk menjalani hidupnya bersama Peggy Carter. Jika Scott tidak mencintai Cassie, dia mungkin tidak merasa perlu memastikan Cassie masih hidup atau tidak. Jika Nat tidak mencintai Clint, dia tidak akan pernah menyerahkan hidupnya untuk mengampuni Clint. Tidak ada yang lebih kuat dari cinta. 

Itulah 10 pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari film-film Marvel Cinematic Universe. Gak hanya menarik ditonton, ternyata dari film-film superhero bisa diambil banyak makna kehidupan.

Baca Juga: 10 Villain Terlemah, Musuh Para Superhero Marvel Cinematic Universe

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya