Comscore Tracker

10 Simbol Klan di Serial Naruto Beserta Maknanya

Setiap klan punya makna dan filosifnya masing-masing

Buat kamu yang sudah pernah menonton serial animasi Naruto dan Naruto Shippuden, kamu pasti pernah melihat pembagian klan dalam serial ini. Contohnya saja, klan Uzumaki, klan Uchiha dan Klan Senju, tiga klan tersebut memiliki peran penting dalam pendirian desa Konohagakure.

Setiap klan memiliki simbol dan filosofi tersendiri. Nah, kamu tidak tentang makna dan simbol dari klan yang ada dalam serial Naruto. Kalau belum tahu, kamu harus simak list berikut ini dalam 10 simbol klan dalam serial Naruto beserta maknanya.

Baca Juga: Kawaki Anak Ketiga Naruto, Mirip Dengan Masa Kecil Hokage Ketujuh

1. Klan Uzumaki

10 Simbol Klan di Serial Naruto Beserta MaknanyaKlan Uzumaki (dok.Tv Tokyo/Naruto Shippuden)

Sebagai sepupu jauh dari klan Senju, klan Uzumaki bekerja sama dalam Perang Dunia Ninja. Klan Senju menguasai beberapa jutsu di medan perang sementara Uzumaki berspesialisasi dalam jutsu penyegelan.

Meskipun Uzumaki dapat menyebut Konoha sebagai rumah dan bahkan memiliki simbol klan berputar-putar sebagai bagian dari simbol Konoha, Klan Uzumaki tinggal di desa Uzushiogakure.

Sementara Konohagakure dinamai demikian karena dikenal sebagai desa yang tersembunyi di balik dedaunan, Uzushiogakure adalah desa yang tersembunyi oleh pusaran air pasang. Di sinilah asal muasal nama dari klan Uzumaki. Logo dari klan Uzumaki berarti pusaran air.

2. Klan Uchiha

10 Simbol Klan di Serial Naruto Beserta MaknanyaKlan Uchiha (dok.Tv Tokyo/Naruto)

Selain kekuatan dari mata Sharingan yang sangat ditakuti, anggota klan Uchiha juga dikenal karena jutsu api mereka.

Faktanya, seorang dari klan Uchiha tidak akan dianggap sebagai anggot klan sampai mereka menguasai jutsu bola api, seperti yang harus dilakukan Sasuke ketika dia masih kecil. Ketika ayah Sasuke menjelaskan pentingnya mempelajari teknik ini, dia menekankan makna di balik simbol klan yakni kipas putih dan merah.

Kipas mewakili penguasaan api, di samping hasrat besar dan emosi berapi-api dari klan Uchiha. Kunci untuk membuka Sharingan berkaitan dengan melepaskan emosi yang kuat, yang terutama didukung oleh cinta. Jadi, warna merah pada logo klan Uchiha melambangkan hasrat dan emosi berapi-api, sementara warna putih melambangkan cinta.

3. Klan Hyuga

10 Simbol Klan di Serial Naruto Beserta MaknanyaKlan Hyuga (dok.Tv Tokyo/Naruto)

Klan Hyuga terkenal sebagai salah satu klan paling kuat di Konoha, kekuatan mereka memiliki keterkaitan dengan Kaguya Otsutsuki. Mata Byakugan Kaguya yang diturunkan dari generasi ke generasi klan Hyuga.

Seiring dengan peningkatan kemampuan visual adalah kontrol chakra mereka yang tepat, yang akan menjelaskan simbol klan mereka.

Simbol dari klan Hyuga adalah ikonografi cakra yang diilustrasikan oleh api kecil. Simbol ini melambangkan kemampuan dari klan Hyuga untuk menggunakan chakra dengan tepat dan efisien.

4. Klan Hatake

10 Simbol Klan di Serial Naruto Beserta MaknanyaKlan Hatake (dok.Tv Tokyo/Naruto Shippuden)

Tidak banyak yang bisa kita ketahui tentang keluarga Kakashi Hatake selain dari ayahnya, Sakumo yang mendapat julukan Taring Putih Konoha. Kakashi dan ayahnya dikenal sebagai ninja kuat yang membela Konoha dengan nyawa mereka, tetapi nama depan dan belakang mereka, serta simbol klan mereka, memiliki arti yang lebih sederhana.

Nama klan Hatake berarti tanah pertanian. Baik nama keluarga dan simbol cocok dengan nama anggota klan karena Kakashi berarti orang-orangan sawah dan Sakumo berarti tanaman. Kedua karakter ini sangat rendah hati sambil memenuhi kebutuhan desa Konoha yang terus berkembang.

5. Klan Aburame

10 Simbol Klan di Serial Naruto Beserta MaknanyaKlan Aburame (dok.Tv Tokyo/Naruto Shippuden)

Saat lahir, anggota dari klan Aburame akan dijadikan persembahan untuk serangga pemakan chakra dan mereka akan hidup sebagai sari dari serangga tersebut. Sebagai gantinya, annggota klan Aburame dapat menggunakan serangga ini sebagai senjata maupun pelindung dalam pertempuran.

Karena serangga adalah bagian dari klan Aburame, masuk akal jika serangga dijadikan simbol klan. Dengan enam kaki dan tubuh bulat, serangga adalah wajah dari klan Aburame.

6. Klan Akimichi

10 Simbol Klan di Serial Naruto Beserta MaknanyaKlan Akimichi (dok.Tv Tokyo/Naruto Shippuden)

Klan Akimichi memiliki sumber kekuatan unik yang membuat mereka sulit untuk dikalahkan. Mereka dapat mengubah berat dan ukuran tubuh mereka untuk memberi mereka dorongan kekuatan yang kuat dan mampu memanfaatkan jutsu ini dengan mengubah kalori menjadi chakra.

Inilah sebabnya mengapa shinobi klan Akimichi identik dengan makanan karena mereka harus menjaga cadangan energi mereka.

Meskipun ada simbol klan resmi, tidak banyak informasi tentang makna di baliknya. Namun, kanji Jepang yang menandai setiap baju besi Akimichi. Huruf Kanji adalah shoku yang berarti makanan, sumber kekuatan Akimichi.

7. Klan Yamanaka

10 Simbol Klan di Serial Naruto Beserta MaknanyaKlan Yamanaka (dok.Tv Tokyo/Naruto Shippuden)

Dengan jutsu yang berhubungan dengan pikiran manusia, klan Yamanaka adalah ahli spionase, interogasi, pengendalian pikiran, dan segala jenis komunikasi telekinetik lainnya.

Meskipun ini adalah kemampuan yang menakutkan, ada sisi lembut dari klan Yamanaka. Keluarga ini dikenal dengan toko bunga mereka di Konoha, itulah sebabnya simbol keluarga mereka adalah bunga.

Simbol dari klan Yamanaka adalah bunga Thunberg lespedeza yang dikenal dengan bunga ungu indah yang mekar di musim gugur. Bunga melambangkan cinta positif, hal itu bisa kita lihat dari karakter Ino.

8. Klan Inuzuka

10 Simbol Klan di Serial Naruto Beserta MaknanyaKlan Inuzuka (dok.Tv Tokyo/Naruto Shippuden)

Klan Inuzuka terkenal dengan kerja tim mereka yang tangguh bersama anjing shinobi mereka. Setiap anggota klan diberikan anjing ninja di usia muda dan mereka harus jadi rekan yang kompak.

Klan ini memiliki tradisi yakni melukis tanda cakar merah di sepanjang pipi mereka, ada alasan mengapa Masashi Kishimoto terinspirasi untuk membuat citra itu. Beberapa penggemar anime mungkin sudah mengenali tanda cakar merah yang sama pada karakter judul Princess Mononoke.

9. Klan Senju

10 Simbol Klan di Serial Naruto Beserta MaknanyaKlan Senju (dok.Tv Tokyo/Naruto Shippuden)

Dalam Perang Dunia Ninja, klan Senju selalu jadi yang terdepan diikuti oleh klan Uchiha. Menguasai berbagai bentuk jutsu, dikatakan bahwa kekuatan terbesar Senju adalah cinta dan filosofi api. Kerinduan akan dunia di mana anak-anak tidak harus bertarung dan mati dalam pertempuran, Hashirama Senju mendirikan Konoha dengan dukungan Madara Uchiha.

Sayangnya, perdamaian tidak bertahan lama dan Madara kembali menekankan kekuasaan di atas kasih sayang. Selama beberapa generasi, filosofi api diturunkan bahkan kepada mereka yang berada di luar klan Senju.

Sebagai kekuatan yang tidak bisa dipatahkan dan kuat, filosofi ini menambah makna di balik simbol klan Senju. Mengambil bentuk dari Vajra, simbol klan Senju didasarkan pada objek ritual Buddha dan Hindu yang mewakili kekuatan yang tidak dapat dihancurkan dan tak tertahankan.

10. Klan Kaguya

10 Simbol Klan di Serial Naruto Beserta MaknanyaSalah satu anggota klan Kayuga, Kimimaro (dok.Tv Tokyo/Naruto)

Sebagai keturunan dari Kaguya Otsutsuki, klan Kaguya pernah dihormati berkat kemampuan Kekkei Genkai yang berasal dari pendahulu mereka. Kemampuan Kaguya Otsutsuki untuk memanipulasi struktur tulangnya dan menggunakannya sebagai senjata akhirnya diturunkan ke klan ini.

Melihat diri mereka sebagai kelas yang lebih tinggi daripada orang lain, klan Kaguya mengambil penampilan dari bangsawan Jepang.

Masashi Kishimoto mengungkapkan bahwa desain anggota klan Kaguya terinspirasi oleh bangsawan dari periode Heian, di mana ia menemukan ide untuk menambahkan dua titik merah di dahi mereka. Ini adalah simbol superioritas yang mereka asumsikan terhadap orang lain.

Nah gimana, sekarang kamu sudah tahukan simbol dan makna dari berbagai klan yang hadir dalam serial Naruto? Menarik banget bukan, tiap klan punya filosofi dan sikap masing-masing.

Baca Juga: 9 Soundtrack Naruto Terbaik Didengar Saat Workout, Berasa di Konoha

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya