Comscore Tracker

Viral! Penampakan Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Membelah Sawah

Jalan Aldebaran Ikatan Cinta itu menghubungkan beberapa desa

Nama jalan Arya Saloka yang berlokasi di Dusun Ngemplak Baru RT 04 RW 1, Desa Gentan, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah mendadak viral lantaran disebut-sebut sama dengan pemeran Aldebaran di sinetron Ikatan Cinta, yang tengah naik daun.

1. Jalan Arya Saloka dipakai di dua jalan gang

Viral! Penampakan Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Membelah SawahNama Jalan Arya Saloka di Desa Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah. IDN Times/Larasati Rey

Jalan Arya Saloka yang berada di Desa Gentan itu berada di dua jalan gang. Yakni Jalan Arya Saloka 1 dan jalan Arya Saloka 2. Keduanya sama-sama berada dalam satu kawasan RT 04 RW 1.

Gang tersebut merupakan jalan kecil dengan lebar 3 meter, yang menghubungkan dua dengan desa lainnya. Jalan Arya Saloka 1 menghubungkan Desa Gentan dengan Desa Purbayan. Sedangkan jalan Arya Saloka 2 menghubungkan jalan Kampung Ngemplak Baru, dengan Jalan Raya Gentan.

Baca Juga: Aksi Unik Warga Sukoharjo 'Usir' COVID-19, Superhero Bagi Nasi Berkat

2. Hanya ada sawah dan perumahan

Viral! Penampakan Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Membelah SawahJalan Arya Saloka di Desa Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah. IDN Times/Larasati Rey

Tak ada yang spesial dari jalan Arya Saloka. Ketika ditelusuri, jalan Arya Saloka membelah area persawahan dengan beberapa bangunan perumahan yang sedang dalam tahap pembangunan.

Ketua RT 04 RW 01, Muktar mengatakan panjang jalan Arya Saloka 1 dengan jalan Arya Saloka 2 berbeda, dimana keduanya sama-sama memiliki lebar jalan yang sama.

"Jalan Arya Saloka 1 itu 100 meteran kalau sampai ujung desa, tapi kalau diteruskan ke desa sebelah ada 500 meteran, kalau Jalan Arya Saloka 2 kira-kira 200 meter," ungkapnya saat ditemui IDN Times, Selasa (16/2/21).

3. Tidak ada plang nama jalan Arya Saloka

Viral! Penampakan Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Membelah SawahJalan Arya Saloka di Desa Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah. IDN Times/Larasati Rey

Muktar mengatakan jika plang nama Jalan Saloka sebelumnya terpasang di samping jalan masuk. Namun sekarang plang tersebut dicopot dan disimpan oleh warga. Hal itu karena banyak pemulung yang mencoba untuk mengambil besi penyangga sehingga mengakibatkan besi penyangga roboh.

"Plang memang tidak ada, rusak soalnya itu banyak pemulung yang coba copot. Besinya kan mahal itu terus rusak, tapi ini masih tersimpan. Di setiap rumah saya tempeli nomor dan nama jalan Arya Saloka," jelasnya.

Kendati demikian, Muktar mengaku akan kembali memasang plang nama Jalan Arya Saloka lagi, tapi tidak lagi menggunakan besi, melainkan dengan kayu sehingga tidak menjadi incaran para pemulung. Selain itu, ia sudah menempelkan papan nama nomor rumah dan nama jalan di setiap rumah. Pemasangan itu untuk memudahkan masyarakat ketika ada pengiriman paket atau ekspedisi.

Baca Juga: 5 Fakta Nama Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Viral Diincar Pemulung

Topic:

  • Larasati Rey
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya