Comscore Tracker

6 Fakta Asal-usul Suku Jawa, Ternyata Keturunan China dan India

Wong Jowo kudu ngerti iki, lho!

Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan yang memiliki kekayaan beragam. Salah satu kekayaan yang dimiliki adalah suku yang jumlahnya mencapai 1.340 suku bangsa. 

Suku bangsa di Indonesia tersebar hampir di seluruh wilayah negara ini. Salah satu suku yang terkenal adalah suku Jawa yang tersebar tidak hanya di Pulau Jawa tapi juga sampai ke luar Jawa

Untuk mengenal suku yang jumlah penduduknya mencapai 40 persen dari total penduduk Indonesia itu, inilah fakta mengenai suku Jawa yang wajib kamu ketahui. Keep reading!

1. Masyarakat Jawa terkenal dengan tata krama yang tinggi

6 Fakta Asal-usul Suku Jawa, Ternyata Keturunan China dan IndiaBerbagai sumber

Suku Jawa merupakan suku terbesar yang ada di Indonesia. Citra masyarakat Suku Jawa di mata suku lain, yaitu masyarakatnya dikenal menjunjung tinggi tata krama, kesopanan, dan kelemahlembutan.

Tidak hanya di Pulau Jawa, masyarakat suku Jawa juga menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Apalagi, pada masa pemerintahan orde baru ada program transmigrasi sebagaimana sebagian penduduk di Pulau Jawa pindah di Luar Jawa.

2. Suku Jawa punya banyak peninggalan peradaban

6 Fakta Asal-usul Suku Jawa, Ternyata Keturunan China dan IndiaANTARA FOTO/Anis Efizudin

Nenek moyang masyarakat suku Jawa meninggalkan banyak peninggalan peradaban. Hal itu dapat diketahui dari banyak kerajaan yang berdiri di Tanah Jawa dan meninggalkan warisan yang bisa dilihat hingga kini. 

Misalnya, bisa dilihat dari peninggalan kerajaan Mataram serta Majapahit berupa candi dan stupa. Selain itu, Candi Borobudur dan Candi Prambanan juga menjadi saksi seberapa besar kekuatan yang pernah dimiliki nenek moyang suku Jawa. 

Baca Juga: 4 Objek Wisata Budaya di Solo, Bisa Belanja Batik dari Perajin

3. Warisan budaya suku Jawa beragam

6 Fakta Asal-usul Suku Jawa, Ternyata Keturunan China dan IndiaIDNTimes/Holy Kartika

Suku Jawa juga masih melestarikan budaya peninggalan dari nenek moyang. Sebut saja wayang kulit yang hingga kini eksistensinya masih tetap ada di dunia modern.

Wayang kulit adalah salah satu media yang digunakan untuk menceritakan budaya dan kisah sejarah leluhur.

4. Suku Jawa sudah ada sejak zaman purba

6 Fakta Asal-usul Suku Jawa, Ternyata Keturunan China dan Indiaancient-origins.net

Ada beberapa pendapat yang mengemukakan tentang asal muasal suku Jawa. Pertama adalah pendapat dari para Arkeolog. Menurut para Arkeolog, suku Jawa dulunya adalah penduduk pribumi yang tinggal di wilayah Indonesia jutaan tahun yang lalu. 

Hal ini didukung dengan bukti yang mereka miliki berupa ditemukannya fosil manusia purba seperti Pithecanthropus Erectus dan Homo Erectus. Fosil yang ditemukan tersebut dicocokkan dengan DNA suku Jawa masa kini. Hasilnya, fosil tersebut memiliki DNA yang tidak terlalu berbeda dengan suku Jawa. 

5. Suku Jawa konon berasal dari Yunan dan India

6 Fakta Asal-usul Suku Jawa, Ternyata Keturunan China dan IndiaIlustrasi aksara Jawa. IDN Times/Febriana Sinta

Sejarawan meyakini dan mengatakan bahwa asal-usul suku Jawa adalah masyarakat Yunan, China. Prof Dr Kern dari Belanda mengatakan, bahwa bahasa daerah yang digunakan oleh setiap suku di Indonesia memiliki kesamaan satu sama lainnya. Kesimpulan ini mengarah kepada pendapat lain bahwa bahasa merupakan salah satu hal yang berasal dari rumpun serupa yakni Austronesia. 

Menurut Babad Tanah Jawa, Suku Jawa merupakan keturunan dari Kerajaan Keling atau Kalingga yang bertempat di wilayah India Selatan. Pada kala itu salah satu pangeran dari Kerajaan Keling pergi meninggalkan India akibat menghindari perebutan kekuasaan. Setelah pergi sangat jauh dari wilayahnya, Pangeran Keling menemukan wilayah untuk ditempati dan mulai membangun pemukiman disana. Pulau inilah yang dikenal dengan nama Javacekwara. Pangeran Keling pun dianggap menjadi nenek moyang Suku Jawa. 

6. Suku Jawa merupakan keturunan dari Aji Saka

6 Fakta Asal-usul Suku Jawa, Ternyata Keturunan China dan IndiaIlustrasi pentas wayang kulit.kebudayaan.kemdikbud.go.id

Terakhir adalah pendapat dari tulisan kuno India. Menurut tulisan kuno India, Aji Saka adalah orang pertama yang menemukan dan menginjakkan kakinya di tanah Jawa. Hal inilah yang membuat Aji Saka dianggap sebagai nenek moyang suku Jawa. 

Bagaimana, sudah mengerti kan soal suku Jawa. Semoga bisa memberikan insight positif buat kamu, ya.

Baca Juga: 4 Wisata Budaya di Tegal, Bisa Saksikan Upacara Adat dan Sedekah Bumi 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya