Comscore Tracker

5 Senjata Tradisional Jawa Tengah yang Dikenal Sakti dan Mematikan 

Memiliki tuah dan ditakuti lawan

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali wilayah dengan beragam budaya berbeda. Tidak hanya dari segi keindahan alam, masing-masing wilayah tentu memiliki warisan budaya yang hingga kini masih dilanjutkan di kehidupan modern.

Salah satu warisan budaya yang hingga kini masih dilestarikan adalah senjata tradisional.

Senjata tradisional menggambarkan tentang alat perang yang digunakan oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu. Meskipun sangat sederhana, senjata ini bisa membantu kemerdekaan negara Indonesia.

Jawa Tengah merupakan contoh provinsi yang memiliki beberapa jenis senjata tradisional. Untuk lebih mengenal senjata tradisional Jawa Tengah, simak beberapa contoh senjata beserta penjelasannya dibawah ini.

1. Wedhung

5 Senjata Tradisional Jawa Tengah yang Dikenal Sakti dan Mematikan IDN Times/Pito Agustin Rudiana

Senjata tradisional Jawa Tengah pertama yang akan dibahas adalah Wedhung. Pada jaman dahulu, senjata Wedhung kerap digunakan masyarakat biasa untuk mempertahankan diri.

Disebut-sebut, hasil tikaman dari Wedhung lebih berbahaya daripada keris. Wedhung memiliki bentuk seperti pisau yang memiliki satu mata bilah yang tajam. Aksesoris pelengkap Wedhung disebut dengan serangka yang terbuat dari kayu jati.

2. Tombak

5 Senjata Tradisional Jawa Tengah yang Dikenal Sakti dan Mematikan Trisula dan tombak milik Kerajaan Agung Sejagat. IDN Times/Fariz Fardianto

Nama senjata tradisional ini pasti sudah tidak asing untuk Anda. Tombak merupakan senjata tradisional Jawa Tengah yang sering digunakan untuk merpresentasikan senjata pada jaman dahulu.

Banyak yang menggunakan tombak sebagai senjata dalam peperangan jaman dahulu. Ada sebuah contoh tombak yang sangat terkenal dan kerap dikeramtkan keberadaannya oleh masyarakat sekitar. Nama tombak tersebut adalah Tombak Kyai Pleret.

3. Plintheng

5 Senjata Tradisional Jawa Tengah yang Dikenal Sakti dan Mematikan Pixabay/rafaelpublio

Jika Anda tumbuh besar di Jawa, Plinteng bukan lagi hal yang aneh. Hingga era modern seperti saat ini, di tanah Jawa Plintheng masih digunakan untuk permainan anak-anak.

Dalam bahasa Indonesia. Plintheng dikenal dengan nama Ketapel. Plintheng dibuat dari kayu yang diberi 1 cagak besar dibawah dan 2 cagak di bagian atas hingga bentuknya menyerupai huruf Y.

Pada bagian 2 cagak diatas, dikaitkan sebuah karet pegas dan kulit hewan sebagai tempat mengisi peluru. Anak-anak biasa menggunakan batu sebagai peluru ketika menggunakan Plintheng.

4. Thulup

5 Senjata Tradisional Jawa Tengah yang Dikenal Sakti dan Mematikan expatgo.com/sumpit blowgun

Thulup memiliki bentuk seperti senjata tradisional Sumpit di Dayak, Kalimantan Barat. Pada budaya Dayak, Sumpit digunakan sebagai senjata untuk berburu. Di tanah Jawa, Thulup memiliki ukuran yang lebih pendek dibandingkan Sumpit khas Dayak.

Senjata ini digunakan dengan cara ditiup. Sebelum ditiup, di bagian dalam thulup akan diberikan anak tulup atau sebuah peluru sebagai alat tembakan. Pada jaman dahulu, sebelum digunakan, anak tulup akan direndam terlebih dahulu dalam cairan racun alami sebelum digunakan.

5. Keris

5 Senjata Tradisional Jawa Tengah yang Dikenal Sakti dan Mematikan IDN Times/Pito Agustin Rudiana

Keris merupakan senjata tradisional dari Jawa Tengah yang paling populer. Senjata ini sudah banyak diakui sebagai senjata bernilai seni tinggi. Kemampuan menyerang keris hanya bisa dilakukan dari jarak dekat.

Meski demikian, keris dapat melumpuhkan lawan hanya dalam sekejap. Keris memang bukan hanya berasal dari tanah jawa. Banyak wilayah-wilayah lain yang juga memiliki senjata tradisional berupa keris, tetapi keris Jawa sering dianggap memiliki tuah tertentu.

Keris memiliki beragam bentuk, mulai dari keris tanpa luk atau tidak memiliki lekukan, berlekuk 3, berlekuk 5, berlekuk 7 dan sebagainya. Pada bagian bilah keris, kerap ditemukan corak tempahan yang memiliki makna dan arti khusus.

Bagi para pecinta keris, corak tempahan pada bagian bilah ini merupakan cerita yang sangat sakral.

Itu dia beberapa senjata tradisional Jawa Tengah yang perlu Anda ketahui. Anda sudah menambah pengetahuan seputar senjata tradisional yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya