Comscore Tracker

Ketat! 8 Program Studi Favorit di Universitas Diponegoro Semarang

Ilmu Hukum paling banyak peminatnya

Semarang, IDN Times - Universitas Diponegoro masuk lima besar perguruan tinggi paling diminati di SNMPTN 2020. Berikut delapan program studi favorit di kampus negeri terbaik di Jawa Tengah ini. Ternyata bukan Kedokteran, lho prodi paling diminati dari ranah saintek!

1. Akuakultur

Ketat! 8 Program Studi Favorit di Universitas Diponegoro SemarangPexels/Pixabay

Berdasarkan data peminat pada SBMPTN 2019, Akuakultur menjadi program studi paling banyak diminati dari ranah saintek. Jumlah pendaftarnya lebih dari 1.500 orang, mengungguli prodi Kedokteran yang terkenal ketat persaingannya.

2. Kesehatan Masyarakat

Ketat! 8 Program Studi Favorit di Universitas Diponegoro Semaranginstagram.com/sanglahhospitalbali

Setelah Akuakultur, Kesehatan Masyarakat menjadi program studi terfavorit kedua di ranah saintek. Angka peminatnya juga mencapai 1.500 orang di SBMPTN 2019.

3. Pendidikan Dokter

Ketat! 8 Program Studi Favorit di Universitas Diponegoro SemarangPixabay.com/Free-Photos

Pendidikan Dokter berada di urutan ketiga prodi terfavorit dari bidang sains dan teknologi. Jumlah pendaftarnya sebanyak 1.492 orang di SBMPTN 2019. Tahun ini, prodi Pendidikan Dokter Undip membuka kuota cukup banyak yaitu 100 kursi.

Baca Juga: Prediksi 7 Prodi Saintek Unsoed Persaingan Terketat di SBMPTN 2020

4. Teknik Sipil

Ketat! 8 Program Studi Favorit di Universitas Diponegoro Semarangfreepik/senivpetro

Dari Fakultas Teknik, Teknik Sipil langganan menjadi prodi terfavorit sejak tahun 90-an. Jumlah pendaftarnya di SBMPTN 2019 tercatat sebanyak 1.110 orang. Ada yang tertarik mengambil prodi ini?

5. Hukum

Ketat! 8 Program Studi Favorit di Universitas Diponegoro SemarangUnsplash/Bill Oxford

Beralih ke program studi sosial dan humaniora, Ilmu Hukum masih menduduki peringkat teratas dengan jumlah pendaftar mencapai 3.000 orang lebih di SBMPTN 2019. Wah, persaingan masuknya pasti ketat banget, nih!

6. Psikologi

Ketat! 8 Program Studi Favorit di Universitas Diponegoro Semarangfreepik/Freepik

Di Indonesia, prodi Psikologi bisa masuk ranah saintek dan soshum. Universitas Diponegoro adalah salah satu kampus yang memasukkan prodi Psikologi ke lingkup ilmu sosial dan humaniora.

Jumlah peminatnya terbanyak kedua di ranah soshum, mencapai 1.700 pendaftar di SBMPTN 2019. Sudah tahu belum perbedaan Psikologi saintek dan soshum?

7. Manajemen

Ketat! 8 Program Studi Favorit di Universitas Diponegoro SemarangPexels/tirachard kumtanom

Dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen menjadi prodi yang paling diminati di hampir semua kampus. Begitu juga di Undip, 1.426 orang mendaftar ke prodi ini pada SBMPTN 2019.

8. Ekonomi Pembangunan

Ketat! 8 Program Studi Favorit di Universitas Diponegoro SemarangFreepik/freepik

Ketimbang Akuntansi, prodi Ekonomi Pembangunan beberapa tahun terakhir ini lebih banyak diminati calon mahasiswa. Terbukti pada SBMPTN 2019 lalu jumlah pendaftarnya sebanyak 1.413 di Universitas Diponegoro.

Ada yang berencana mendaftar ke Universitas Diponegoro pada SBMPTN 2020 nanti? Program studi apa yang kamu pilih?

Baca Juga: Prediksi 7 Prodi Soshum Unsoed Persaingan Terketat di SBMPTN 2020

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya