Comscore Tracker

Nonton Bioskop Saat Pandemik, Cinema Drive In Hadir di Semarang 

Inovasi bisnis penyelenggara event yang terdampak COVID-19

Semarang, IDN Times - Pandemik COVID-19 mendorong masyarakat untuk menerapkan tatanan kehidupan baru. Bahkan, menikmati hiburan pun kini berbeda dengan sebelum ada virus corona.

1. Penyelenggara event di Semarang berinovasi membuat cinema drive in

Nonton Bioskop Saat Pandemik, Cinema Drive In Hadir di Semarang Cinema Drive In di Semarang. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Melihat kondisi itu para pelaku bisnis penyelenggara event di Kota Semarang berinovasi dengan membuat cinema drive in (cinedrive) atau teater kendara yang mengangkat konsep menonton film di dalam mobil.

Konsep hiburan kala kelaziman baru di masa pandemik yang pertama digelar di Semarang dan Jawa Tengah ini digagas oleh Topeng The Event berkolaborasi dengan VIP, Lotus Production, dan MCC.

Penikmat sinema layar lebar dapat datang dan menikmati hiburan nonton film di balik kemudi roda empat di area parkir Marina Convention Center (MCC) Semarang. Adapun, penayangan film dilakukan setiap hari mulai Jumat (14/8/2020) sampai Minggu (30/8/2020) mendatang. 

Baca Juga: Mulai Jumat! Sanksi Sita KTP Warga yang Tak Pakai Masker di Semarang

2. Teater kendara digelar di ruang terbuka dekat Pantai Marina

Nonton Bioskop Saat Pandemik, Cinema Drive In Hadir di Semarang Pelataran parkir Marina Convention Center Semarang digunakan untuk cinema drive in. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Layar lebar atau media screen LED outdoor berukuran 5 x 12 meter pun didirikan di pelataran luas dan terbuka dekat Pantai Marina. Audio film menggunakan gelombang frekuensi radio disiapkan agar penonton bisa mendengarkan suara seperti di dalam gedung bioskop.

Adapun, area yang dimanfaatkan untuk menonton film dari dalam mobil itu bisa menampung hingga 100 mobil. Pengaturan jarak mobil sudah dipikirkan agar semua mobil baik yang berada di depan maupun belakang merasa nyaman saat menonton film. Upaya itu dilakukan dengan memberi traffic cone dan mengatur secara zig-zag.

‘’Setiap hari ada pemutaran film di cinedrive Semarang. Jika hari biasa Senin-Kamis ada dua kali pemutaran film, yakni pukul 16.00 dan 19.00. Sedangkan, akhir pekan ada tiga kali pemutaran film, yakni pukul 16.00, 19.00, dan 21.00,’’ tutur Owner Topeng The Event, Paulus Budi Santoso saat ditemui ketika simulasi cinedrive, Jumat (14/8/2020).

3. Calon penonton akan diperiksa sesuai protokol kesehatan COVID-19

Nonton Bioskop Saat Pandemik, Cinema Drive In Hadir di Semarang Penonton cinema drive in diperiksa sesuai protokol kesehatan COVID-19. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Meskipun menonton film dari dalam mobil, penyelenggara tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat. Maka itu, penonton diminta datang lebih awal paling tidak setengah hingga satu jam sebelum film dimulai, sebab ada prosedur yang harus dilewati.

Mulai sebelum masuk di area cinedrive, mobil disemprot disinfektan. Lalu, petugas akan melakukan pengecekan suhu tubuh kepada calon penonton dan memeriksa berapa jumlah orang yang ada dalam satu mobil.

‘’Kami bekerja sama dengan salah satu rumah sakit, sehingga apabila ditemukan penonton yang sakit dalam pemeriksaan akan langsung ditangani petugas medis. Kami juga membatasi jumlah penonton di dalam mobil. Untuk mobil sedan maksimal dua orang, sedangkan mobil model MVP atau SUV maksimal boleh empat orang,’’ tuturnya.

4. Tarif tiket nonton Rp 100 ribu - Rp 150 ribu per mobil

Nonton Bioskop Saat Pandemik, Cinema Drive In Hadir di Semarang Pembayaran tiket cinema drive in di Semarang dilakukan secara non tunai. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Setelah pemeriksaan selesai, penonton dapat membeli tiket secara on the spot. Untuk hari biasa tarif tiket menonton cinedrive sebesar Rp 100 ribu per mobil, sedangkan pada akhir pekan sebesar Rp 150 ribu per mobil. ‘’Selain tiket kami juga akan memberikan free welcome snack kepada penonton,’’ imbuhnya.

Paulus berharap kehadiran cinedrive ini bisa menjadi pengobat rindu masyarakat mendapatkan hiburan dengan tetap aman terhindar dari risiko tertular virus corona. ‘’Sebab, meskipun nonton di dalam mobil penonton tetap diminta memakai masker, penonton juga tidak diperkenankan keluar dari mobil kecuali untuk ke toilet," katanya.

Berbagai jenis film berdasarkan usia dan genre telah disiapkan mulai dari action, drama, hingga komedi. Film-film satu hingga dua tahun belakangan ini dapat dinikmati bersama keluarga ataupun saudara dan teman. 

5. Selama 5 bulan terakhir bisnis penyelenggara event terdampak COVID-19

Nonton Bioskop Saat Pandemik, Cinema Drive In Hadir di Semarang Owner Topeng The Event, Paulus Budi Santoso penggagas cinema drive in di Semarang. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Sementara itu, jika animo masyarakat tinggi tidak menutup kemungkinan pertunjukkan cinedrive ini akan terus berlangsung dan penyelenggara akan menyiapkan film-film yang terbaru untuk menghibur penonton.

Untuk diketahui, inovasi teater berkendara ini digagas para penyelenggara event agar bisnis mereka tetap berjalan. Sebab, selama 5 bulan terakhir bisnis mereka sebagai penyelenggara acara pernikahan dan lainnya sepi karena terdampak COVID-19.

‘’Maka itu, kami berinovasi dan berkreasi di cinedrive ini. Semua sudah kami rancang sesuai protokol kesehatan dan melakukan perizinan di berbagai instansi serta pihak berwenang. Semoga usaha kami bisa diterima dengan baik oleh masyarakat,’’ tandas Paulus. 

Baca Juga: Hotel Tentrem Semarang Beroperasi saat Pandemik, Ini Alasan Irwan Hidayat

Topic:

  • Anggun Puspitoningrum
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya