Comscore Tracker

Kesadaran Kesehatan Fisik dan Mental Meningkat

Pria pilih aktivitas outdoor, wanita indoor

Dua tahun dalam pandemik COVID-19 tak banyak aktivitas di luar ruangan maupun aktivitas kelompok yang dikerjakan oleh masyarakat Indonesia. Pembatasan-pembatasan yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 mengubah berbagai aktivitas masyarakat.

Hobi atau kegiatan apa yang dilakukan oleh Millennial Indonesia selama 2022 sangat tergantung dari berapa banyak penghasilan, umur serta gender mereka.

Data hasil riset yang dituangkan pada Indonesia Millennial Report (IMR) 2022 oleh IDN Research Institute, semakin banyak uang dan waktu luang maka semakin banyak hobi yang mereka bisa lakukan.

Penasaran ingin tahu seperti apa kebiasaan millennial saat mengerjakan hobi mereka? berikut penjelasannya.

Baca Juga: Jadwal IMGS 2022 Hari Kedua Hadirkan Banyak Pembicara Papan Atas

1. Pemberlakuan PPKM millennial menggeluti hobi baru

Kesadaran Kesehatan Fisik dan Mental MeningkatPesepeda Klaten ikuti GoFast. Dok Jendela Klaten

Di awal pandemik COVID-19 masyarakat Indonesia mulai menekuni bersepeda yang menjadi salah satu aktivitas olahraga yang masih bisa dikerjakan karena minim kontak dengan orang lain.

Selama pandemik pula Millennial Indonesia juga mengerjakan beberapa hobi baru yang bisa dikerjakan di rumah karena pemerintah memberlakukan PPKM. Kegemaran seperti memasak, berkebun, menonton film atau TV, mendengarkan musik, dan bahkan aquascape seperti memelihara ikan meningkat selama pandemik.

Fenomena boomingnya popularitas ikan cupang sampai membuat harga si cupang meroket hingga jutaan rupiah.

Selain itu kegiatan yang dulunya bersifat pribadi seperti membaca sudah berubah menjadi aktivitas komunitas atau kelompok.

2. Aktivitas di luar atau di dalam ruangan?

Kesadaran Kesehatan Fisik dan Mental Meningkatilustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Millennial khususnya kaum pria lebih memilih mengerjakan hobi di luar ruangan, meski begitu tak sedikit yang menghabiskan waktu mereka mengerjakan hobi di dalam ruangan seperti bermain game.

Kegiatan outdoor yang dipilih oleh pria di antaranya yakni berolahraga, memancing, berkemah, mendaki gunung.

Sementara mayoritas wanita millennial masih memilih mengerjakan hobi yang sifatnya indoor seperti menonton film atau TV, belanja online maupun offline, memasak, membaca buku, berolahraga dan juga berkebun.

3. Nonton TV dan film jadi aktivitas yang digemari pria dan wanita

Kesadaran Kesehatan Fisik dan Mental Meningkatfreepik.com

Meski memiliki pilihan hobi yang berbeda-beda namun antara pria dan wanita memiliki persamaan rutinitas. Hasil penelitian, menonton TV menjadi aktivitas yang paling digemari baik pria maupun wanita millennial, yakni 73 persen pria, dan 79 persen wanita.

Aktivitas lain yang juga digemari millennial pria maupun wanita yakni nonton film yakni sebanyak 39 persen pria dan 44 persen wanita.

Kemudian aktivitas berbelanja online yang dilakukan 39 persen pria dan 44 persen wanita. Belanja ke pasar maupun pusat perbelanjaan modern dikerjakan 25 persen pria dan 49 persen wanita, ada juga aktivitas olahraga yang masing-masing baik pria maupun wanita memiliki pilihan sendiri.

4. Aktivitas baru dan bervariasi lebih menarik bagi millennial muda

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Kesadaran Kesehatan Fisik dan Mental Meningkathttps://elearn.id/members/arryan0901gmail-com/

Aktivitas atau hobi yang dipilih antara junior dan senior millennial juga berbeda. Millennial muda (25-30) cenderung mencoba aktivitas baru, lebih banyak variasi, dan lebih banyak waktu yang dihabiskan di luar ruangan.

Sementara millennial yang lebih senior (31-35) mempertimbangkan aspek keluarga untuk mengerjakan hobi mereka.

5. Olahraga kini menjadi rutinitas millennial

Kesadaran Kesehatan Fisik dan Mental MeningkatIlustrasi Aktivitas Olahraga di Kantor (IDN Times/Athif Aiman)

Seiring dengan tumbuhnya kesadaran tentang kesehatan fisik dan mental di tengah pandemik, olahraga menjadi rutinitas harian bagi 86 persen Millennial berdasarkan survei yang dilakukan IDN Research Institut.

Ada kesamaan hobi yang dikerjakan oleh pria dan wanita berdasarkan hasil riset, yakni mengerjakan olahraga. Meski begitu ada perbedaan mencolok dalam memilih olahraga apa yang dikerjakan.

Pria lebih memilih berolahraga di luar yang melibatkan tim, seperti bersepeda, sepak bola, basket, bulu tangkis, sementara wanita lebih memilih melakukan olahraga yang sederhana yang bisa dikerjakan secara individual seperti jalan kaki dan joging

6. Jogging dan bersepeda pilihan utama millennial

Kesadaran Kesehatan Fisik dan Mental Meningkattula-molod.ru

Olahraga yang paling populer dikerjakan selama tahun 2022 pilihan para millennial tersebut kebanyakan yakni aktivitas di luar ruangan.

Beberapa olahraga yang menjadi pilihan utama yakni adalah jogging, bersepeda, dan sepak bola.

Olahraga lain seperti golf dan tenis juga mendapatkan popularitas, meskipun tak begitu besar karena olahraga tersebut umumnya dikerjakan oleh mereka yang ada di kelas sosial ekonomi atas.

Rinciannya yakni 46 persen jogging, 21 persen bersepeda, 18 persen sepak bola, 12 persen badminton, 3 persen bola voli, 3 persen aerobic, 2 persen billiard, 1 persen bola basket, 1 persen berenang, 1 persen futsal dan 14 persen responden mengaku tidak tahu.

7. Menonton pertandingan olahraga jadi rutinitas millenial

Kesadaran Kesehatan Fisik dan Mental MeningkatSuasana saat event MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika berlangsung pada Sabtu (19/3/2022). (IDN Times/Uni Lubis)

Selain mengerjakan olahraga, 20 persen milennial berdasarkan hasil penelitian juga menganggap menonton olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian mereka.

Dan hanya 17 persen dari responden yang mengatakan bahwa mereka
tidak memiliki olahraga favorit sama sekali. Artinya menonton olahraga adalah
salah satu kegiatan yang dilakukan orang meskipun mereka tidak tertarik untuk melakukannya.

Berdasarkan survei tontonan olahraga yang paling banyak dilihat oleh millenial yakni 42 persen menyaksikan pertandingan Liga Indonesia. Sebanyak 35 persen menyaksikan badminton, 16 persen menyaksikan laga Liga Inggris, 15 persen Serie A Liga Italia dan 11 persen menyaksikan pertandingan La Liga Spanyol.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Jadwal IMGS 2022 Hari Pertama Hadirkan Banyak Sesi Inspiratif

Topic:

  • Bandot Arywono
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya