Comscore Tracker

Daftar Dosa yang Tidak Diampuni saat Malam Nisfu Syaban, Waspada!

Jangan sampai terjadi sama kamu, ya

Malam Nisfu Sya’ban atau malam pertengahan bulan Sya’ban merupakan salah satu waktu teristimewa dalam Islam. Sebagai malam istimewa, pastinya banyak keutamaan yang banyak orang tidak tahu.

Salah satunya adalah pengampunan dosa bagi orang-orang mukmin. Oleh karena itu, malam tersebut juga disebut sebagai lailatul maghfirah (malam pengampunan).

1. Hadis yang menguatkan penjelasan

Daftar Dosa yang Tidak Diampuni saat Malam Nisfu Syaban, Waspada!Seorang umat Hindu melaksanakan ibadah di Pura yang sudah disiapkan tanda jarak di Pura Kerta Jaya, Kota Tangerang, Banten, Selasa (15/9/2020) (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dilansir laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), salah satu hadis yang mendasari penjelasan tersebut adalah sebagai berikut.

يطَّلِعُ اللهُ إلى جَمِيْعِ خَلقِه ليلةِ النِّصفِ مِن شعبانَ فيغفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِه إلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشاحِنٍ   

Artinya: Allah memandang semua makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya‘ban kemudian mengampuni dosa mereka kecuali dosa musyrik dan dosa kemunafikan yang menyebabkan perpecahan. (HR Imam At-Thabrani dan Ibnu Hibban dari Mu‘adz bin Jabal).

Baca Juga: Nisfu Syaban 2022 Kapan? Keistimewaan dan Ibadah yang Utama Dikerjakan

2. Menjadi malam pengampunan dosa

Daftar Dosa yang Tidak Diampuni saat Malam Nisfu Syaban, Waspada!IDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Hadis tersebut menjelaskan bahwa malam Nisfu Sya’ban merupakan malam pengampunan dosa, sehingga pada malam tersebut Allah SWT menganjurkan banyak menjalankan amal sunah. Seperti salat dan memperbanyak doa.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Hanya saja, hadis itu juga menjelaskan, ada dua dosa yang tidak diampuni saat malam tersebut. Yaitu perbuatan musyrik (menyekutukan Allah) dan perbuatan munafik yang menyebabkan perpecahan.

3. Walaupun lemah tetap bisa diamalkan

Daftar Dosa yang Tidak Diampuni saat Malam Nisfu Syaban, Waspada!theidealmuslimah.com

Meski kualitasnya dha’if (lemah), hadis tersebut masih tetap bisa diamalkan karena berhubungan dengan fadhâilul a’mâl. Selain itu, kedha’ifannya juga tidak terlalu parah.

Hal itu merupakan pendapat mayoritas ulama hadis sebagaimana yang telah disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab Taqrîb-nya.

Menurut Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, dosa-dosa yang tergolong sebagai dosa besar juga tidak akan diampuni pada malam-malam pengampunan dosa, seperti di malam Nisfu Sya‘ban dan juga malam-malam pengampunan yang lain.

4. Daftar dosa yang harus dijauhi umat Islam

Daftar Dosa yang Tidak Diampuni saat Malam Nisfu Syaban, Waspada!Ilustrasi wanita Muslim (pixabay.com/endho)

Lebih dari itu, lanjut Sayyid Muhammad, dosa-dosa seperti ini adalah dosa-dosa yang patut dijauhi baik di malam yang penuh ampunan seperti Nisfu Sya‘ban, bulan Ramadan, asyhurul hurum, serta malam-malam ampunan yang lain.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Tirmidzi, dan An-Nasa’i dari Ibnu Mas‘ud yang artinya: Abdullah bin Mas’ud bertanya, ‘Wahai Rasulullah, dosa apakah yang paling berat?’ Kemudian Rasulullah menjawab, ‘menjadikan suatu hal sebagai persamaan dari Allah yang telah menciptakanmu (syirik).’ Kemudian Abdullah berkata, ‘Apalagi wahai Rasulullah?’ Rasul menjawab, ‘Membunuh orang tuamu karena engkau takut dia makan bersamamu.’ Abdullah bertanya lagi, ‘Kemudian apalagi wahai Rasul?’ ‘Kamu berzina dengan istri tetanggamu.

Baca Juga: Malam Nisfu Syaban, 4 Amalan Utama dan Doa yang Dianjurkan Dikerjakan

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya