Comscore Tracker

Menguak Keunikan Mimi dan Mintuna, Ikan yang Ampuh Bikin Suami-Istri Jadi Rukun

Telur mimi masuk warisan budaya tak benda nasional

Sebanyak 16 kesenian dan kebudayaan yang berasal dari Jawa Tengah diklaim telah terdaftar dalam Warisan Budaya Tak Benda Nasional (WBtb) oleh Kemendikbud dan Dikti. Menariknya, dari 16 jenis kesenian dan kebudayaan tersebut terdapat telur mimi dari Kendal yang masuk daftar WBtb. 

Berdasarkan penelusuran IDN Times, yang dimaksud telur mimi adalah telur yang berasal dari ikan belangkas. Telurnya berbentuk bulat berwarna kuning keemasan.

Ikan belangkas bagi masyarakat Indonesia terutama orang Jawa kerap disebut dengan mimi dan mintuna atau mimi lan mintuno. Mimi lan mintuno ini kerap muncul di sekitar perairan Laut Jawa ketika naiknya air pasang. 

Di Semarang, IDN Times belum lama ini menemui Nur Hayati, seorang pengepul mimi lan mintuno yang tinggal di Gang Mujair, RT 01/RW I, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu. 

Teruskan usaha ibunya jadi pengepul mimi lan mintuno

Menguak Keunikan Mimi dan Mintuna, Ikan yang Ampuh Bikin Suami-Istri Jadi RukunIkan belangkas atau populer disebut mimi lan mintuno memiliki kaki dan capit pada kedua sisinya dan bercangkang mirip kepiting. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Nur Hayati telah menggeluti pekerjaan sebagai pengepul mimi lan mintuno sejak 10 tahun. Ia meneruskan usaha ibunya yang sejak puluhan tahun lamanya menjadi pengepul mimi lan mintuno. 

"Sudah 10 tahun lebih saya jadi pengepul mimi. Awalnya ibu saya yang sering jualan mimi, lama-lama banyak nelayan Mangkang yang nawarin terus ibu saya jadi pengepul. Setelah ibu saya meninggal, saya yang meneruskan usahanya sampai sekarang," kata Nur ketika berbincang dengan IDN Times. 

Nur berkata jumlah mimi yang ditangkap nelayan selama bulan ini sangat sedikit. Sebab, saat ini air laut sedang surut sehingga tak banyak mimi yang muncul ke permukaan. 

Para nelayan baru menyetorkan mimi dalam jumlah banyak ketika memasuki bulan Februari-Juli.

"Kalau pas air pasang atau pesisir lagi kena banjir rob, nah nelayan di sini benar-benar panen besar. Yang nyetor mimi ke tempat saya bisa seratus nelayan. Satu nelayan malah sering dapat 10 ekor mimi. Kalau dihitung sehari bisa dapat 50 ekor pas air pasangnya naik. Tapi kalau kayak bulan ini ya dapatnya paling belasan ekor," ungkap wanita berusia 44 tahun ini. 

Baca Juga: Uniknya Motif Batik Mimi Lan Mintuno, Ada Pesan Mendalam bagi Pasutri

Mimi lan mintuno berwujud dua ikan yang saling menempel

Menguak Keunikan Mimi dan Mintuna, Ikan yang Ampuh Bikin Suami-Istri Jadi RukunPerbedaan kondisi mimi betina yang sudah direbus (kiri) dan mimi yang masih hidup (kanan). (IDN Times/Fariz Fardianto)

Nur pun menunjukkan mimi lan mintuno hasil tangkapan dari nelayan Mangkang. Ketika ditimbang, bobot mimi seberat 7-8 ons. 

Mimi lan mintuno sebenarnya berwujud dua ekor ikan yang saling menempel satu sama lain selama hidup di laut. Mimi adalah ikan betina. Sementara mintuno ikan jantan. 

"Tapi pas ditangkap nelayan yang diambil cuman miminya tok. Yang jantan dibuang karena kecil, gak ada dagingnya. Makanya, mimi lan mintuno sejak lama jadi perlambang kesetiaan, ibaratnya hanya bisa dipisahkan oleh maut. Dan mimi punya banyak khasiat kalau diolah jadi masakan," kata Nur lagi.

Mimi bisa dijadikan makanan yang enak

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Menguak Keunikan Mimi dan Mintuna, Ikan yang Ampuh Bikin Suami-Istri Jadi Rukunilustrasi bungkus botok (instagram.com/bumisurabaya)

Eka Setiawati, salah satu anak Nur berkata hanya kalangan orang tertentu yang bisa mengolah mimi menjadi masakan yang lezat. Pasalnya, jika salah memasak, orang yang mengonsumsi mimi justru bisa keracunan. 

Menurutnya racun yang ada di tubuh mimi berada di area kotorannya. Letak persisnya di atas ekor mimi yang bentuknya keras dan lancip. Memasak mimi pun membutuhkan waktu setengah jam sampai tiga jam. 

"Mimi betinanya yang kita masak. Prosesnya musti hati-hati. Soalnya kalau kotorannya gak dibuang, yang makan malah bisa keracunan. Kalau dari awal, miminya yang sudah mati kita bersihkan pakai air mengalir, semua kotorannya dikerok lalu dibuang. Bisa dipilih seluruh tubuhnya mimi kita rebus atau bisa juga cuma diambil telur dan dagingnya. Telur dan dagingnya mimi kalau diambil bisa sebanyak satu piring nasi. Habis itu, tinggal milih sesuai selera. Kalau direbus minimal tiga jam. Kalau mau dikukus jadi campuran botok, dipepes cuma butuh setengah jam. Atau bisa juga dibuat diurap jadi gudangan," ujar Eka sambil menjelaskan teknik memasak mimi yang aman. 

Telur mimi dipercaya bisa mempercepat istri punya anak

Menguak Keunikan Mimi dan Mintuna, Ikan yang Ampuh Bikin Suami-Istri Jadi RukunPenampakan telur mimi yang sudah direbus selama tiga jam. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Bagi kebanyakan orang Jawa, Nur melanjutkan mimi berkhasiat menyembuhkan segala macam penyakit. Konon berbagai persoalan rumah tangga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi mimi. 

Jika pasangan suami istri tak kunjung memiliki anak, dengan memakan telur mimi maka bisa meloloskan keinginan si istri agar secepatnya diberi momongan. 

"Banyak kok yang order ke saya minta dibuatkan masakan dari telur mimi. Biasanya yang datang suami istri yang belum punya anak, orang Jawa dari dulu percaya dengan makan telur mimi bisa cepat punya momongan," urainya. 

Bisa mengembalikan kondisi rumah tangga jadi harmonis

Menguak Keunikan Mimi dan Mintuna, Ikan yang Ampuh Bikin Suami-Istri Jadi RukunIlustrasi istri yang rukun dengan suaminya. Pexels.com/Juan Vargas

Di samping itu, tak jarang sejumlah suami istri yang sedang cekcok dan yang nyaris cerai juga kerap memesan mimi kepada Nur. Para pengantin baru bahkan kerap mampir ke rumah Nur untuk sekedar mencari syarat dengan mengonsumsi telur mimi. 

"Mimi yang sudah dimasak sering dibuat tombo atau istilahnya syarat untuk membuat rumah tangga jadi rukun, tidak cekcok dan kembali harmonis. Pengantin baru juga sering nyari. Kalau ada keluarga yang sakit juga bisa disembuhkan dengan makan daging mimi, harapannya bisa berumur panjang. Ada yang miminya dijadikan sajen, hanya direbus lalu telur dan dagingnya dimakan. Untuk cangkangnya mimi bisa jadi perantara untuk tolak bala. Percaya gak percaya rumah kalau dipasangi hiasan cangkang mimi pasti aman dari tindak kejahatan. Kayak maling gitu jadi takut masuk ke rumah tersebut," jelasnya. 

Botok dan pepes mimi sering dijual di Pantai Ngebum Kaliwungu

Menguak Keunikan Mimi dan Mintuna, Ikan yang Ampuh Bikin Suami-Istri Jadi RukunPantai Ngebum Kaliwungu. Instagram.com/explorekendal

Hampir saban hari, Nur mengaku menjual mimi ke Pantai Ngebum Kaliwungu Kendal. Pelanggannya tersebar dari berbagai daerah. Mulai, Kaliwungu, Semarang, Solo, Gunungpati, Mijen, Boja sampai merambah kabupaten/kota di Pantura. 

"Mimi hidup harganya Rp10 ribu, pas diolah jadi botok, pepes, gudangan harganya jadi Rp30 ribu. Dari awalnya ibu saya jualan mimi di Pantai Ngebum terus dilanjutin ke saya lama kelamaan banyak orang ikut jualan mimi. Kalau di Kendal setiap Dugderan pasti yang dicari telur mimi. Sudah jadi tradisi turun-temurun," akunya. 

Bekti, seorang warga Semarang juga mengamini apa yang dikatakan Nur soal khasiat yang didapat dari mengonsumsi telur atau daging mimi. "Emang banyak benernya, orang kalau kepengin cepet punya anak pasti nyarinya telur mimi," tambahnya. 

Baca Juga: Banjir Pantura Jateng Dipicu Penurunan Tanah 5,6-10 Cm Per Tahun

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya