TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mencegah Perdebatan Sengit saat Berdiskusi Bersama Pasangan

Debatlah yang sehat, agar solusi didapat

ilustrasi perdebatan antara pasangan (pexels.com/Timur Weber)

Perdebatan antara pasangan, bukan menjadi hal baru lagi. Debat pun tak selalu buruk, asal dilakukan dengan cara yang baik, sehingga menghasilkan jalan tengah sebagai solusi bersama.

Saling menyatakan pendapat pribadi tidaklah dilarang, sebab komunikasi memang harus terbuka.

Lalu, agar perdebatan sengit tak terjadi antara kamu dan pasangan, berikut lima tips mencegahnya.

1. Katakan dengan jelas agar pasangan tak salah paham 

ilustrasi percakapan (pexels.com/Mehrad Vosoughi)

Berpendapat dan saling mendebatkan suatu hal, bukanlah merupakan penyebab pertengkaran terjadi ketika sedang berdiskusi.

Namun, pada saat satu sama lain tak mampu mengutarakan maksud dan tujuannya secara jelas, inilah yang menimbulkan suasana sengit dalam perdebatan.

Untuk mencegahnya, pikirkan dengan matang dulu, lalu sampaikan secara berurutan dan jelas tentang tujuannya.

Sehingga, pasangan bisa menerima dan memahami. Dengan begitu, perdebatan yang terjadi akan berjalan secara sehat.

2. Menjaga sopan dan santun 

ilustrasi berbicara dengan sopan dan santun (pexels.com/Keira Burton)

Berdebat berkaitan dengan mengucapkan kata-kata. Mencegah terjadinya pertengkaran akibat perdebatan yang kurang bijak, maka kalian harus bisa menjaga sopan dan santun. Tak hanya terkait pilihan kata, tapi juga sikap yang ditunjukkan.

Sopan santun mampu menciptakan suasana perdebatan semakin sehat. Kamu dan pasangan juga nyaman, sebab saling berkata dengan bahasa yang baik, serta menunjukkan etika selama berdiskusi untuk menemukan solusi dari permasalahan yang sedang kalian hadapi.

3. Tidak saling menyudutkan 

ilustrasi orang saling menyalahkan (pexels.com/Timur Weber)
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Masalah dalam hubungan bisa menjadi bumbu yang menambah rasa dalam jalinan cinta. Jika kalian ingin rasa yang enak, maka saat berdiskusi dan saling berpendapat, cobalah berdebat secara bijak. Dalam arti, tak saling menyudutkan, apalagi hingga menyalahkan.

Hindari menyatakan maupun menanyakan sesuatu yang cenderung menyalahkan salah satu pihak. Janganlah saling mencari pembenaran diri. Akan tetapi, berdiskusilah dengan tujuan memecahkan permasalahan yang ada.

4. Jangan menciptakan drama 

ilustrasi menciptakan drama selama berdiskusi (pexels.com/RODNAE Productions)

Perdebatan akan berakhir pertengkaran, jika dibumbui dengan drama. Maka, untuk mencegah hal negatif tersebut terjadi, bersikap dewasalah saat kalian berdiskusi.

Bicara saja langsung pada pokok permasalahannya. Kemudian, jangan membesarkan masalah kecil, apalagi jika kamu hanya melihatnya dari sisi baikmu saja.

Pikirkan kebaikan untuk bersama. Fokuslah ke satu masalah yang dihadapi saat ini. Hindari mengungkit permasalahan masa lalu yang telah selesai. Sebab, itu dapat menciptakan drama baru yang justru merugikan hubungan.

Mencampurkan permasalahan yang telah berlalu dengan yang sedang menimpa sekarang, membuat semua menjadi tidak jelas dan masalah pun tak kunjung selesai.

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya