Jurnalis IDN Times Raih Penghargaan Karya Terbaik Anak 2023 UNICEF

Pemenang tema perubahan iklim dan anak. Selamat!

Semarang, IDN Times - Jurnalis IDN Times, Dhana Kencana berhasil menjadi pemenang Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak tahun 2023 yang diadakan oleh UNICEF dan AJI Indonesia, Rabu (22/11/2023). Dhana menjadi pemenang tema spesial mention perubahan iklim dan anak.

1. Karya foto cerita selama tiga tahun

Jurnalis IDN Times Raih Penghargaan Karya Terbaik Anak 2023 UNICEFRokhim (kiri) mengatur laju perahu untuk mengantar putrinya, Ina (kanan) bersekolah melewati jalan yang telah terendam banjir rob di Demak, Jawa Tengah. Setiap hari, mereka harus menaiki perahu agar bisa bersekolah karena akses jalan dari dan ke permukiman mereka tidak bisa dilalui karena tenggelam banjir rob sebagai dampak dari perubahan iklim dan kerusakan lingkungan, Senin (8/11/2021). (IDN Times/Dhana Kencana)

Karya Dhana Kencana berjudul Bertahan untuk Hidup menjadi pemenang tema spesial mention perubahan iklim dan anak. Tema tersebut merupakan karya jurnalistik yang mengeksplorasi dampak perubahan iklim terhadap hak anak.

Karya tersebut diproduksi sejak tahun 2020 selama tiga tahun di kawasan pesisir Jawa, tepatnya di Demak, Jawa Tengah. Dhana memotret kondisi daerah yang terdampak krisis iklim banjir rob, dari daerah tersebut ada hingga tiada.

Baca Juga: 7 Ide Menulis Konten dari Kehidupan Sehari-hari, Semudah Itu!

2. Menjadi masuk dalam 10 nominasi terbaik

Jurnalis IDN Times Raih Penghargaan Karya Terbaik Anak 2023 UNICEFTenaga kesehatan Puskesmas Miroto, Farida Prafitasari (kiri) mengajari para remaja cara mencuci tangan yang benar saat kegiatan Posyandu Remaja di kompleks Rumah Susun Pekunden Semarang, Sabtu (15/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Selain menjadi pemenang spesial mention, karya Dhana berjudul Posyandu Remaja, Sang Pencerah untuk Generasi Sehat dan Berdaya juga masuk nominasi tema utama mengenai hak anak secara umum.

“Dampak perubahan iklim dirasakan oleh anak. Mereka yang pindah dihadapkan pada masalah culture shock karena tinggal di daerah baru. Bagi anak-anak yang terpaksa harus tinggal dengan segala keterbatasan, rentan terkena kesehatan mental yang pastinya mengganggu tumbuh kembang dan pendidikan anak-anak,” katanya usai menghadiri Puncak Penghargaan Karya secara virtual.

Seluruh karya nominasi dan pemenang dapat dilihat melalui pameran virtual di laman https://mediaaward.aji.or.id.

3. Masa depan anak rentan terganggu

Jurnalis IDN Times Raih Penghargaan Karya Terbaik Anak 2023 UNICEFJurnalis IDN Times, Dhana Kencana saat memberikan sambutan di acara Puncak Anugerah Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2023. (Dok. IDN Times)

Ajang Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2023 merupakan kerja sama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dengan UNICEF. Penghargaan tersebut digelar untuk mengapresiasi dan merayakan karya jurnalistik luar biasa yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap promosi dan perlindungan hak anak. 

Sebanyak 400 karya yang masuk berkompetisi di empat kategori. Yakni kategori tulis untuk media cetak dan online, kategori foto, kategori radio, dan kategori audio visual.

Chief of Communication UNICEF Indonesia, Iman Morooka di acara yang sama mengapresiasi para jurnalis yang tidak kenal lelah membawa isu-isu anak-anak ke publik, termasuk juga mengangkat cerita yang sering kali tidak terdengar. Komitmen tersebut sangat penting di saat hak-hak anak berada dalam ancaman. Pasalnya, saat ini anak-anak di seluruh dunia menghadapi dampak bencana dari berbagai krisis kemanusiaan dan mereka juga menanggung beban paling berat akibat perubahan iklim.

"Di seluruh dunia, dan di Indonesia, meskipun terdapat kemajuan yang signifikan dalam pemenuhan hak-hak anak, anak-anak yang paling tidak beruntung karena masih tertinggal. Hal itu juga terjadi pada anak perempuan, anak-anak penyandang disabilitas, dan anak-anak yang hidup dalam kemiskinan," katanya.

Iman menambahkan, saat ini adalah masa kritis bagi semua orang untuk menggandakan komitmen terhadap anak-anak. Tidak hanya demi kesejahteraan anak-anak dan pemenuhan hak-hak mereka, namun juga demi masa depan berkelanjutan seluruh masyarakat.

4. Pemenang juga Lomba Jurnalistik di Jateng

Jurnalis IDN Times Raih Penghargaan Karya Terbaik Anak 2023 UNICEFBidan Puskesmas Miroto, Farida Prafitasari (kanan) memeriksa kandungan dan kesehatan ibu hamil di kawasan padat penduduk di Semarang, Jawa Tengah. Pemantauan ibu hamil ini merupakan implementasi dari program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5NG) yang dilakukan secara sistematis dan terpadu untuk menurunkan angka stunting (tengkes) sejak dini atau mulai dari janin. (IDN Times/Dhana Kencana)

Belum lama ini, Dhana Kencana juga menjadi pemenang untuk Lomba Jurnalistik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng, pengumuman pemenang dilakukan pada 17 November 2023 pada laman resmi Pemprov Jateng untuk kategori tulis, televisi, radio, dan foto.

Karya foto Dhana mengenai pemantauan ibu hamil di Semarang berhasil menjadi juara kedua kategori foto jurnalistik bertemakan Gotong-royong Tekan Stunting di Jateng. Selamat!

Baca Juga: Jurnalis IDN Times Raih Penghargaan Asian Press Photo 2023

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya