Comscore Tracker

Ada Rp1,4 M di Rekening, "Raja" Totok Terancam Pidana Pencucian Uang

Polisi masih menelusuri indikasi ia dibiayai

Semarang, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah akan mengenakan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang kepada Raja Keraton Agung Sejagat, Totok Santosa. Menyusul ditemukannya uang senilai Rp1,4 miliar di rekening Totok.

Baca Juga: 4 Fakta Terbaru Keraton Agung Sejagat, Polisi Tak Kenakan Pasal Makar

1. Aliran dana Totok akan ditelusuri

Ada Rp1,4 M di Rekening, Raja Totok Terancam Pidana Pencucian UangKapolda Jateng menunjukan dua mahkota yang dipakai Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat. IDN Times/Fariz Fardianto

Polisi saat ini masih terus mendalami dana uang tersebut. Termasuk sumber dan alirannya.

"Kita dalami sumber dari mana dan keluar digunakan untuk apa. Kita dalami lagi," kata Direskrimum Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Budi Haryanto dalam dalam tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne, Selasa (21/1) malam.

2. Totok bisa dijerat pasal TPPU

Ada Rp1,4 M di Rekening, Raja Totok Terancam Pidana Pencucian UangDeretan buku tabungan diamankan petugas dari penyelidikan Keraton Agung Sejagat. IDN Times/Fariz Fardianto

Ditanya apakah Totok ada yang membiayai, Budi menyatakan belum menemukan adanya indikasi tersebut dan akan tetap menelusurinya.

"Tetap kita akan telusuri angka di rekening itu. Kalau memungkinkan kita akan gunakan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)," imbuhnya.

3. Kasus Keraton Agung Sejagat adalah kriminal murni

Ada Rp1,4 M di Rekening, Raja Totok Terancam Pidana Pencucian UangFoto raja dan permaisuri Kerajaan Agung Sejagat turut diamankan polisi. IDN Times/Fariz Fardianto

Budi sendiri menegaskan bahwa kasus Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat merupakan murni kriminal. Ia pun menepis anggapan bahwa hal itu merupakan fenomena budaya.

Budi berharap pemerintah daerah dapat lebih aktif memberikan edukasi kepada masyarakat agar tak mudah percaya pada hal-hal atau iming-iming belaka, seperti yang terjadi pada kasus Keraton Agung Sejagat.

Baca Juga: Totok Dirikan Keraton Agung Sejagat Belajar di Google

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya