Bantu Korban Bencana di 3 Provinsi, GP Ansor Galang Dana via Online

Masih banyak warga yang belum terjangkau bantuan

Semarang, IDN Times - Guna membantu korban terdampak bencana banjir dan tanah longsor di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten yang membutuhkan bantuan, Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor menggalang dana melalui laman donasi kitabisa.com. Penggalangan donasi dilakukan untuk meringankan beban mereka.

Baca Juga: Banser Terjunkan Personel Bantu Penanganan Bencana Banjir di Jakarta

1. Donasi lewat online untuk memudahkan penggalangan

Bantu Korban Bencana di 3 Provinsi, GP Ansor Galang Dana via OnlineDistribusi bantuan korban bencana alam oleh Banser. Twitter.com/Official_Ansor

GP Ansor melalui kitabisa.com berinisiatif menggalang donasi untuk warga terdampak bencana banjir dan longsor di tiga provinsi tersebut. Donasi bisa dilakukan lewat pranala atau link https://kitabisa.com/campaign/bantupaskabanjir/latest-news.

“Mari kita ulurkan tangan membantu sesama warga yang saat ini masih berduka, kesulitan akibat bencana banjir dan tanah longsor. Duka mereka adalah duka kita. Luka mereka adalah luka kita," kata Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas.

2. Bantuan sudah didistribusikan sejak Minggu (5/1)

Bantu Korban Bencana di 3 Provinsi, GP Ansor Galang Dana via OnlineDistribusi bantuan korban bencana alam oleh Banser. Dok. GP Ansor

Dengan penggalangan dana tersebut, harap Yaqut, bisa sedikit meringankan beban para korban. Sebelumnya PP GP Ansor juga telah melakukan pengumpulan sumbangan di internal pengurus.

Hasil donasi juga telah didistribusikan kepada para korban sejak Minggu (5/1), berupa bantuan seperti sembako, air mineral, seragam sekolah, popok bayi, dan uang yang dikoordinasikan oleh Satkornas Banser, melalui sejumlah Pimpinan Cabang GP Ansor. Antara lain PC GP Ansor Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok.

3. Kader Ansor dan Banser masih aktif membantu warga

Bantu Korban Bencana di 3 Provinsi, GP Ansor Galang Dana via OnlineDistribusi bantuan korban bencana alam oleh Banser. Dok. GP Ansor

Selain distribusi bantuan, para kader Ansor dan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) masih aktif turun membantu warga yang terdampak bencana. Terutama di daerah yang medannya sulit dijangkau dan terisolir.

Dari catatan Banser Tanggap Bencana (Bagana), Kabupaten Bogor menjadi daerah terdampak bencana yang areanya susah dijangkau.

"Presiden pun gagal meninjau daerah bencana tersebut pada Sabtu (4/1) lalu karena helikopter tak bisa mendarat disebabkan medan dan cuaca buruk," terang Yaqut.

4. Jumlah pengungsi di Kabupaten Bogor mencapai 26 ribu jiwa

Bantu Korban Bencana di 3 Provinsi, GP Ansor Galang Dana via OnlineKoordinasi relawan dan Banser di lokasi bencana alam. Twitter.com/Official_Ansor

Namun sejumlah kader Banser pada Senin (6/1) berhasil menembus remote area seperti Gunung Kembang, Cigudeg, Cikubur, dan Jasinga. Kondisi warga di daerah tersebut, imbuh Yaqut, sangat memprihatinkan.

Mereka membutuhkan bantuan baik berupa makanan siap saji, air minum, pakaian, obat-obatan, selimut, dan lain-lain.

"Kabupaten Bogor adalah area terdampak dengan banyak sekali korban. Jumlah pengungsi mencapai 26 ribu jiwa. Bahkan di Perumahan Villa Nusa Indah saja jumlah yang terdampak ada 6.560 kepala keluarga," terang Yaqut melansir keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (7/1).

Baca Juga: GP Ansor: Kasus Muslim Uighur di Xinjiang Terkait Penguasaan Migas

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya