Daftar Lengkap Menteri Kunjungan ke Kota Surakarta, Ada 3 yang Sering

Cek nama-namanya di sini

Intinya Sih...

  • Kunjungan menteri ke Solo meningkat selama kepemimpinan Gibran sebagai Wali Kota.
  • Proyek infrastruktur seperti Pasar Legi dan rel layang di Joglo menjadi fokus utama kunjungan menteri.
  • Perhatian besar juga diberikan pada sektor ekonomi, kesehatan, pariwisata, budaya, politik, dan ekonomi.

Surakarta, IDN Times - Kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Surakarta sejak dilantik pada 26 Februari 2021 menarik perhatian. Tidak hanya karena sosoknya sebagai anak Presiden Joko "Jokowi" Widodo melainkan karena tingginya intensitas kunjungan para menteri ke Kota Solo.

IDN Times meriset dan mencatat sebagian besar kunjungan dari berbagai kementerian ke Solo selama periode Gibran menjadi kepala daerah tersebut. 

1. Fokus pembangunan infrastruktur

Daftar Lengkap Menteri Kunjungan ke Kota Surakarta, Ada 3 yang SeringPedagang Pasar Legi Solo, Kamis (20/1/2022). (IDN Times/Larasati Rey)

Salah satu sektor yang paling banyak dikunjungi oleh menteri adalah infrastruktur. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, melakukan beberapa kunjungan terkait proyek penting seperti pembangunan Pasar Legi dan proyek pengendalian banjir di Demangan.

Selain itu, proyek rel layang di Joglo juga menjadi perhatian khusus Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang diresmikan pada awal 2022.

Proyek-proyek besar yang dilaksanakan di kota itu, termasuk jalur ganda kereta api dan revitalisasi pasar yang menunjukkan peran Solo sebagai pusat kegiatan ekonomi yang terus berkembang di Jawa Tengah.

Baca Juga: Kucuran Dana Pusat Selama Gibran Menjabat Wali Kota Solo

2. Pemulihan ekonomi pasca pandemik COVID-19

Daftar Lengkap Menteri Kunjungan ke Kota Surakarta, Ada 3 yang SeringGibran Rakabuming bertemu dengan Zulkifli Hasan di loji Gandrung, Senin (28/03/2022). (IDN Times/Larasati Rey)

Selama periode pandemik dan pascapandemi COVID-19, perhatian besar juga diberikan pada sektor ekonomi dan kesehatan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, melakukan beberapa kali kunjungan untuk meninjau penanganan COVID-19 di Solo, termasuk melihat fasilitas karantina dan vaksinasi.

Di sisi lain, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga terlibat dalam pemberian bantuan sosial untuk masyarakat terdampak pandemik COVID-19.

3. Pariwisata dan Budaya untuk pengembangan potensi lokal

Daftar Lengkap Menteri Kunjungan ke Kota Surakarta, Ada 3 yang SeringAcara Solo Menari di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sektor pariwisata dan budaya juga mendapat perhatian khusus, yang terlihat dari kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam berbagai acara seperti Solo International Performing Arts (SIPA) dan event Solo Menari setiap tahunnya. Hal itu menunjukkan upaya Gibran dalam mengangkat potensi budaya Solo ke tingkat internasional, sejalan dengan strategi pemulihan ekonomi berbasis budaya dan pariwisata.

Beberapa kunjungan menteri juga berkaitan dengan agenda politik dan ekonomi. Misalnya, seperti yang dilakukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, baik dalam kegiatan kenegaraan maupun kegiatan informal seperti silaturahmi dengan Gibran.

4. Ada tiga menteri yang sering ke Solo

Daftar Lengkap Menteri Kunjungan ke Kota Surakarta, Ada 3 yang SeringMenteri PUPR, Basuki Hadimuljono (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Berdasarkan data riset IDN Times, beberapa menteri sering melakukan kunjungan ke Solo selama Gibran Rakabuming Raka menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Adapun, intensitasnya yang sering adalah Basuki Hadimuljono, Zainudin Amali, dan Sandiaga Uno termasuk yang paling sering berkunjung, dengan kunjungan berulang terkait acara dan proyek di Solo.

Siapa saja daftar menteri yang melakukan kunjungan selama Gibran menjabat sebagai Wali Kota Surakarta (26 Februari 2021--19 Juli 2024), kamu bisa melihat dan mencermatinya pada data visualisasi di bawah ini.

Baca Juga: Kucuran Dana Pusat Selama Gibran Menjabat Wali Kota Solo

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya