Comscore Tracker

Hanya Satu Nama, Bambang Kusriyanto Calon Terkuat Ketua DPRD Jateng

Ia sudah mengikuti fit and proper test di DPP PDIP

Semarang, IDN Times - Nama politisi PDI Perjuangan, Bambang Kusriyanto menjadi kandidat terkuat untuk duduk sebagai Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah. Kendati demikian, keputusan pastinya akan diumumkan oleh DPP PDIP, melalui sebuah surat rekomendasi.

1. Jatah PDIP sebagai peraih suara terbanyak

Hanya Satu Nama, Bambang Kusriyanto Calon Terkuat Ketua DPRD Jatengtwitter.com/DPD_PDIP_JATENG

PDIP menjadi partai politik peraih suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu. Konsekuensinya, PDIP berhak menempatkan kadernya menjabat sebagai Ketua DPRD Jawa Tengah.

Dari sejumlah nama, Bambang Kusriyanto atau akrab disapa Bambang Kribo menjadi calon terkuat menduduki jabatan tersebut. Sebab, menurut Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto, Bambang Kusriyanto akan sulit dibendung lantaran partai sudah memberi isyarat rekomendasi.

2. Hanya ada satu nama untuk calon Ketua DPRD Jateng

Hanya Satu Nama, Bambang Kusriyanto Calon Terkuat Ketua DPRD JatengDok. DPD PDIP Jateng

Hal itu diketahui saat proses fit and proper test yang digelar di DPP beberapa waktu lalu. Bambang Wuryanto mengatakan bahwa untuk calon pimpinan dewan DPRD Jateng sementara hanya ada satu nama, yaitu Bambang Kusriyanto.

"Khusus untuk calon Ketua DPRD Jateng, hanya satu nama yang ikut fit and proper test. Sementara baru satu, Bambang Kribo (Bambang Kusriyanto)," kata Bambang Wuryanto, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (10/9).

Baca Juga: Resmi Dilantik, 120 Anggota DPRD Jateng Diminta Melek Media Sosial

3. Tetap menunggu surat dari DPP

Hanya Satu Nama, Bambang Kusriyanto Calon Terkuat Ketua DPRD JatengIDN Times/Margith Juita Damanik

Bambang Wuryanto tak menampik jika Bambang Kusriyanto adalah calon terkuat. Meski demikian, kepastian siapa calon Ketua DPRD Jateng akan muncul jika surat rekomendasi dari DPP sudah turun.

"Kepastian kalau sudah terbit suratnya. Kalau belum ya hampir pasti, almost sure," terangnya.

Bambang Kusriyanto sendiri saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Semarang.

4. Diikuti calon pimpinan dewan se-Indonesia

Hanya Satu Nama, Bambang Kusriyanto Calon Terkuat Ketua DPRD JatengIDN Times/Margith Juita Damanik

Sementara itu, seluruh calon pimpinan DPRD di Indonesia telah mengikuti fit and proper test serta wawancara di DPP PDIP, beberapa waktu lalu. Tahapan tersebut dilakukan sebelum rekomendasi penunjukan nama yang akan duduk di kursi pimpinan dewan turun.

"Hasil fit and proper test plus wawancara para calon pimpinan dewan akan dirapatkan dalam pleno DPP. Hasilnya, rekomendasi Pimpinan DPRD," ungkapnya.

Fit and proper test tersebut diikuti oleh seluruh calon pimpinan desa se-Indonesia. Termasuk sejumlah kandidat dari Jateng, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Jumlah calon pimpinan dewan per daerah yang mengikuti fit and proper test beragam. Ada yang mengajukan satu nama, hingga lima nama.

Baca Juga: Pimpinan Sementara DPRD Jateng Pastikan Ke-120 Anggota Dewan Tertib

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Paulus Risang

Just For You